Tips Meningkatkan Kinerja Instrumen Pasar Modal di Tahun 2020

Meskipun bisa mendatangkan keuntungan jika diperjualbelikan dengan tepat, instrumen di pasar modal juga bisa mengalami penurunan kinerja. Saat kinerja instrumen turun, maka potensi keuntungan instrumen tersebut pun ikut menurun. Sebagai investor, Anda bisa mencoba tips-tips berikut untuk mengantisipasi penurunan ini.

Cek performa tiap instrumen

Hal paling dasar dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja instrumen pasar modal adalah dengan melakukan pengecekan instrumen tersebut secara berkala. Setiap instrumen memiliki performanya masing-masing, sehingga sebagai investor, Anda harus up-to-date dengan perkembangan instrumen-instrumen tersebut. Dengan mengetahui perubahan dengan cepat, Anda bisa memutuskan untuk menjual atau membelinya dengan cepat pula. Ingat, performa instrumen di pasar modal dapat berubah kapan saja.

Pantau kondisi ekonomi global dan nasional

Selain mengecek performa instrumen yang  kian berubah dari waktu ke waktu, Anda juga harus rajin memantau kondisi ekonomi global dan nasional. Situasi ekonomi di Indonesia hingga dunia juga dapat mempengaruhi iklim di pasar modal. Pasalnya, investor akan cenderung menghindari instrumen yang bisa terpengaruh oleh ketidakstabilan ekonomi di Indonesia. Minat investor yang turun terhadap suatu instrumen secara otomatis akan menurunkan nilai instrumen yang bersangkutan.

Tingkatkan pengetahuan mengenai produk investasi

Instrumen pasar modal bukan satu-satunya produk investasi yang bisa Anda miliki untuk tujuan berinvestasi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan masyarakat membuat produk investasi pun semakin bervariasi.

Tidak hanya menjadi investor, Anda juga bisa menjadi Trader, lho! Anda tertarik? Simak ulasannya di artikel ini: “Terjun ke Dunia Saham? Tentukan Mau Jadi Investor atau Trader”

Produk investasi lain yang bisa menjadi pilihan adalah investasi properti, seperti rumah, ruko, kantor, apartemen, tanah, deposito, hingga tabungan berjangka. Selain produk-produk tersebut, terdapat pula produk investasi baru yang patut dipertimbangkan, yakni P2P Lending. P2P Lending adalah salah satu jenis layanan FinTech yang mempertemukan investor dengan kreditur yang membutuhkan pinjaman. Untuk mengenal  P2P Lending lebih jauh, Anda bisa menghubungi platform khusus  P2P Lending yang berizin dan diawasi oleh OJK, seperti Modalku.

Cari informasi mengenai perkiraan pergerakan instrumen

Meskipun tidak ada yang bisa tahu pasti kapan fluktuasi performa instrumen di pasar modal terjadi, pergerakannya masih bisa diperkirakan. Pasalnya, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi iklim di pasar modal. Pihak yang paling memiliki kapabilitas untuk melakukan perkiraan ini adalah ahli yang bergerak di bidang pasar modal. Anda juga perlu memastikan bahwa perkiraan tersebut disusun dengan benar. Dalam mencari informasi, Anda harus menjadi individu yang mampu berpikir kritis.

Disaat resesi terjadi, banyak orang menghindari berinvestasi di produk-produk tertentu, namun masih ada, lho instrumen investasi yang cocok untuk menghadapi resesi, cari tahu di sini!

Berinvestasi melalui instrumen pasar modal saat ini sudah lebih mudah dibandingkan beberapa dekade lalu. Kini, informasi edukatif mengenai instrumen tersebut lebih mudah didapatkan, baik secara online melalui internet maupun secara offline melalui seminar dan berbagai macam workshop.  Sebagai investor, Anda pun harus lebih jeli dan teliti dalam memilih instrumen yang sesuai. Jika sudah memilih, maka Anda pun perlu memaksimalkan kinerja instrumen dengan mengaplikasikan tips-tips di atas. Selamat berinvestasi!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply