5 Hobi yang Berpotensi Menjadi Bisnis Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan agar bisa segera bebas secara finansial, memulai bisnis modal kecil patut dicoba. Seperti namanya, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis modal kecil jelas tidak terlalu besar. Jadi, Anda yang tidak punya tabungan dalam jumlah besar pun masih bisa berbisnis.

Tertarik dengan ide ini namun belum tahu bisnis seperti apa yang harus dijalani? Anda mungkin bisa melihat hobi yang ditekuni. Apa saja kira-kira hobi yang bisa disulap menjadi bisnis modal kecil? Simak penjelasannya berikut?

Lihat juga: “Siapa Bilang Bisnis Modal Kecil Sulit Berkembang?”

Fotografi

Anda punya hobi memotret? Selamat, hobi Anda sangat berpeluang untuk diubah menjadi bisnis modal kecil. Sekarang ini, permintaan terhadap fotografer untuk beragam kebutuhan sangat tinggi. Katakanlah fotografer untuk acara pernikahan, fotografer untuk produk, hingga fotografer untuk lanskap atau pemandangan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dari hobi fotografi pun tidak terlalu besar. Anda cukup mengandalkan kamera serta beberapa peralatan tambahan seperti lensa dan tripod. Jika Anda sudah punya semuanya, maka akan lebih mudah lagi.

Sebagai langkah awal, coba tawarkan jasa Anda kepada rekan atau kerabat. Anda juga bisa memasang portofolio di web khusus atau bahkan media sosial. Dengan cara ini, maka Anda bisa segera mendapatkan klien. Bisnis fotografi Anda pun jalan terus.

Menulis

Menulis ternyata tidak hanya dapat menyalurkan inspirasi, tetapi juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Anda bahkan bisa menjadi wirausahawan sukses dengan menulis. Namun, bagaimana caranya memulai bisnis dengan menulis?

Pertama sudah jelas, Anda menjadi penulis dan berharap bisa menjadi best-seller. Terdengar mustahil? Anda bisa mencoba saran yang kedua ini, yakni dengan menjadi copywriter. Sekarang ini banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa copywriter untuk memasarkan produk atau layanannya.

Jika Anda sama sekali tidak mengenal perusahaan yang membutuhkan jasa copywriter, maka cobalah mencari calon klien di situs freelancer. Di sana Anda akan menemukan banyak orang yang membutuhkan jasa Anda. Tekuni pekerjaan ini hingga Anda bisa menyusun portofolio yang layak dipresentasikan pada perusahaan-perusahaan potensial.

Lihat juga: “Jangan Takut Inflasi, Tingkatkan Penghasilan Anda dengan 6 Cara Ini”

Berorganisasi

Saat kuliah dulu, Anda tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi? Maka, tidak ada salahnya jika kini Anda merintis bisnis yang serupa dengan aktivitas organisasi selama di kampus. Misalnya bisnis event organizer, wedding organizer, dan outing organizer.

Merasa ragu untuk memulai? Tenang saja, saat ini industri organizing di Indonesia tengah berkembang pesat. Akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa Anda. Sebagai langkah awal, coba kumpulkan beberapa rekan yang satu visi dan misi. Kemudian cari tahu apa yang kira-kira diperlukan untuk mengatur sebuah acara. Untuk uji coba, Anda bisa mencoba mengatur acara di tempat kerja atau acara milik rekan Anda. Siapa tahu hasil kerja Anda dan tim memuaskan sehingga banyak yang merekomendasikan.

Memasak

Bisa dibilang bisnis kuliner tidak akan pernah ada matinya. Jadi, jika Anda punya hobi memasak, peluang untuk memulai bisnis dari hobi pun sangat luas. Anda bisa memulai bisnis katering atau justru langsung membuka warung makan.

Anda juga bisa berjualan kue-kue kering. Kue kering akan selalu ada peminatnya karena dibutuhkan dalam banyak keperluan, misalnya untuk hidangan saat hari lebaran. Apa pun jenis makanannya, akan selalu ada peminatnya. Anda tinggal menyesuaikan apa yang kira-kira bisa selalu laku dan dibeli orang.

Otomotif

Hobi otomotif ternyata juga bisa menjadi peluang bisnis Anda. Jika Anda suka melakukan modifikasi pada kendaraan atau paham dengan seluk-beluk kendaraan bermotor, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis dari bidang ini.

Jika membuka bengkel dirasa terlalu berat, Anda bisa melakukan jual beli onderdil kendaraan bermotor. Saat ini sudah banyak supplier onderdil yang menawarkan produk dengan beragam kualitas dan harga. Jadi, Anda pun bisa menyesuaikan dengan modal yang ada.

Selain itu, Anda juga bisa memulai jual beli kendaraan bekas. Tidak perlu menjual kendaraan milik sendiri, Anda bisa membantu teman untuk menjual kendaraan mereka. Jika ditekuni, bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki showroom mobil bekas sendiri.


Hobi ternyata tidak hanya bisa memberikan kesenangan, tetapi juga bisa menghasilkan pemasukan tambahan. Lima hobi di atas adalah bukti bahwa hobi bisa disulap menjadi sebuah bisnis modal kecil. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis dari hobi?

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply