Jangan Takut Inflasi, Tingkatkan Penghasilan Anda dengan 6 Cara Ini

Biasanya inflasi ditakuti banyak orang karena bisa menimbulkan kenaikan harga beragam jenis kebutuhan. Bagi investor, inflasi juga menjadi momok karena bisa menyebabkan investasi sulit bertumbuh. Namun, sebenarnya laju inflasi tidak perlu dirisaukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan selama laju inflasi sedang tinggi.

Cari Pekerjaan Sampingan

Saat laju inflasi tinggi, biasanya harga kebutuhan pokok juga akan naik. Dengan naiknya harga kebutuhan pokok, maka penghasilan yang didapat per bulan pun lebih cepat terpakai. Bahkan pada kasus yang ekstrem, gaji bulanan tidak bisa lagi menutup kebutuhan sehari-hari. Sebagai solusi, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan.

Sekarang ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan tanpa menganggu pekerjaan utama. Misalnya, jika Anda punya bakat berdagang, menjajal bisnis online shop dengan metode dropship bisa dicoba. Cara ini minim modal namun bisa mendatangkan keuntungan besar.

Mulai Investasi Sekarang Juga

Selain mencari pekerjaan sampingan, Anda juga bisa mulai berinvestasi. Meski saat laju inflasi sedang tinggi suku bunga akan naik, ada beberapa instrumen investasi yang “cukup tangguh” untuk menahan laju inflasi. Salah satunya adalah dengan memulai investasi emas.

Emas atau logam mulia seperti perak dan palladium baik untuk investasi karena risikonya terdampak inflasi relatif rendah. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal The Financial Review, emas dapat berperan sebagai instrumen lindung nilai terhadap inflasi (inflation hedge). Ini karena saat nilai mata uang melemah, harga emas biasanya justru menguat.

Lihat juga: “Tips Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal”

Mulai Gaya Hidup Minimalis

Apabila segala kebutuhan meningkat naik karena inflasi, maka tidak salahnya untuk mulai mengubah gaya hidup. Jika biasanya gaya hidup Anda dekat dengan hedonisme, cobalah untuk pelan-pelan mengubahnya saat laju inflasi tinggi.

Misalnya, untuk menghemat konsumsi bahan bakar, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau bersepeda. Kebiasaan nongkrong atau hang out bersama teman yang sebenarnya tidak terlalu perlu bisa dikurangi frekuensinya.

Lebih lanjut: “Ingin Cepat Kaya? Lanjutkan Gaya Hidup Minimalis”

Upgrade Skill Anda

Sejalan dengan poin pertama, Anda bisa mendapatkan pekerjaan sampingan dengan upgrade skill yang dimiliki. Anda dapat mencoba bidang yang bisa menghasilkan pemasukan tambahan. Memulai dari hobi yang sudah jarang ditekuni boleh dicoba.

Katakanlah Anda memiliki hobi fotografi yang sudah tidak lama dilakukan. Coba tekuni kembali hobi tersebut sambil perlahan upgrade skill. Tidak perlu mengikuti kursus berbiaya mahal, saat ini sudah banyak online course yang bisa diambil tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Dengam cara ini, skill Anda akan meningkat, penghasilan tambahan pun bisa didapat.

Manfaatkan Hobi Anda

Hobi jika ditekuni dengan benar-benar serius ternyata juga bisa menghasilkan pemasukan tambahan. Cara ini jelas akan sangat menyenangkan karena Anda cukup melakukan hal yang disukai dan mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

Sebenarnya semua hobi bisa menjadi ladang penghasilan tambahan asal Anda paham caranya. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda memulai hobi yang memang bisa mendatangkan uang dengan cepat. Contohnya adalah hobi menulis. Anda bisa mencari pekerjaan sambilan menulis yang sekarang ini mudah ditemukan di internet.

Networking Adalah Kunci Sukses

Di samping mengandalkan kekuatan sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan kekuatan networking. Koneksi yang baik bisa membantu Anda untuk bisa mendapat rekomendasi pekerjaan sambilan dengan cepat.

Networking juga akan memudahkan Anda jika baru mulai berinvestasi. Memiliki rekan investor atau sudah lama berkecimpung di dunia investasi jelas akan sangat membantu. Anda bisa meminta saran instrumen investasi yang tepat. Untuk itu, perluaslah networking sejauh mungkin, siapa tahu Anda membutuhkannya nanti.


Inflasi kerap menjadi momok setiap orang. Bukan hanya investor saja, masyarakat biasa yang menjadi konsumen pun bisa langsung terdampak saat laju inflasi tinggi. Agar dampak inflasi tidak terlalu mempengaruhi kehidupan Anda, enam cara di atas bisa dicoba. Jika bersungguh-sungguh, keenam cara jelas akan membuat Anda jauh dari ancaman inflasi.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply