Memulai Bisnis Rumahan, Mengelola Penghasilan Tambahan

Berpenghasilan besar tentu merupakan harapan semua orang. Banyak yang berusaha mencapai hal tersebut. Jika Anda salah satu yang merasa bahwa penghasilan masih kurang, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis rumahan. Bisnis rumahan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Terlebih, kini sudah banyak sekali pilihan jenis bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan.

Lebih lanjut: “Merencanakan Bisnis Sampingan: Perlu atau Tidak?”

Dengan memulai bisnis rumahan, Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan tetapi juga pengalaman. Jika Anda sudah yakin untuk mulai berbisnis, kini sudah saatnya Anda mewujudkannya. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui informasi jenis usaha modal kecil serta tips mengelola penghasilan tambahan dari bisnis rumahan. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Memilih Usaha Rumahan Modal Kecil

Memulai usaha rumahan tidak selalu perlu modal besar. Kini, sudah banyak jenis usaha rumahan yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Keuntungan yang dihasilkan pun lumayan. Berikut beberapa usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda mulai:

  • Laundry pakaian

Bisnis jasa satu ini cukup populer di kota-kota besar. Khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah padat kost-kosan, bisnis jasa laundry pakaian sangat berpotensi. Anda dapat memanfaatkan tidak adanya waktu kebanyakan orang kota mencuci pakaian mereka. Keuntungan yang ditawarkan pun cukup besar. Dijamin bisnis satu ini tidak akan sepi.

  • Warung makan

Usaha rumahan yang sukses biasanya menyediakan produk dan layanan yang selalu dibutuhkan. Contohnya: makanan. Selama lokasi rumah Anda strategis dan menghadirkan makanan yang sesuai kebutuhan konsumen, dijamin warung makan Anda akan sukses besar. Apalagi jika rumah Anda berada di kawasan padat penduduk, kondisi ini jangan disia-siakan.

  • Warung sembako

Selain makanan, orang-orang pastinya membutuhkan sembako untuk memenuhi kebutuhan. Anda dapat menjual berbagai produk sembako yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar rumah Anda. Usaha warung sembako layak dipertimbangkan karena bisa jadi tempat tujuan pertama bagi warga yang enggan membeli kebutuhan sembako ke pasar. Anda pun dapat menawarkan harga kompetitif agar pelanggan makin ramai.

  • Membuka tempat les

Apakah Anda memiliki kemampuan khusus dan bakat mengajar yang baik? Jika iya, Anda dapat membuka usaha tempat les di rumah Anda. Anda dapat memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris, matematika, lainnya untuk mengajar anak-anak tetangga. Umumnya, banyak orang tua yang memanfaatkan proses belajar di luar sekolah untuk meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini bisa Anda manfaatkan.

Lebih lanjut: “Bingung Mau Bisnis Apa? 7 Tips Membangun Usaha yang Tepat”

Bijak Mengelola Penghasilan Tambahan dari Bisnis Rumahan

Apabila Anda sudah memilih usaha rumahan yang ingin Anda jalankan, selanjutnya Anda harus mengelola penghasilan tambahan dari bisnis rumahan tersebut dengan maksimal. Dengan mengelola penghasilan tambahan dengan baik, kondisi finansial Anda akan selalu sehat. Apa saja caranya? Simak keterangan berikut ini!

  • Skala prioritas

Anda perlu membuat skala prioritas untuk mengelola penghasilan tambahan dengan maksimal. Skala prioritas dapat menjadi pedoman pengeluaran. Dengan begitu, jenis dan jumlah pengeluaran dapat dikontrol berdasarkan prioritas. Membuat skala prioritas sangat penting, khususnya bagi Anda yang cenderung boros atau kurang terencana saat belanja. Oleh karena itu, buatlah daftar urutan hal-hal yang paling penting dan mendesak hingga tidak mendesak untuk menggunakan penghasilan Anda.

  • Lunasi utang

Jika Anda memiliki utang, pastikan untuk membayarnya secara tepat waktu. Pembayaran tepat waktu atau bahkan awal membantu agar pihak yang meminjami Anda uang mempercayai Anda. Ini memudahkan riwayat kredit Anda ke depannya.

  • Simpan penghasilan tambahan di rekening tabungan

Selalu ada kesempatan untuk menghabiskan uang. Oleh karena itu, sebaiknya segera masukkan hasil pendapatan tambahan Anda ke rekening tabungan. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari menggunakan pendapatan tambahan untuk hal yang kurang berguna. Lebih baik lagi jika rekening tabungan Anda tidak difasilitasi kartu debit. Apabila akses penggunaan uang terbatas, Anda akan terhindar dari pemborosan.


Mulailah memilih setidaknya salah satu dari beberapa bisnis rumahan di atas untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Usaha modal kecil tersebut pastinya tidak terlalu memberatkan, malah akan meringankan beban finansial. Menjalankan usaha rumahan modal kecil pun dapat mempermudah cara mengatur keuangan rumah tangga Anda. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply