Ingin Cepat Kaya? Lanjutkan Gaya Hidup Minimalis!

Setiap orang tentu ingin cepat kaya dalam hidupnya. Berbagai cara pun dilakukan, seperti kerja keras dan melakukan penghematan. Namun, terkadang cara tersebut dirasa masih kurang berhasil. Tidak hanya melakukan pengelolaan finansial, Anda juga harus menahan keinginan-keinginan yang berlebihan terhadap sesuatu. Hal ini bisa diwujudkan dengan gaya hidup finansial. Simak cara menerapkan gaya hidup minimalis berikut ini.

Tabung Uang Hasil Penghematan

Sejak kecil, kita sudah disuruh untuk menabung. Meskipun bisa dikatakan sebagai cara lama, hingga kini menabung masih menjadi cara ampuh untuk berhemat. Saat menerapkan gaya hidup minimalis, Anda akan didorong untuk hanya membeli dan menyimpan barang-barang yang memang dibutuhkan dan mampu memberi value terhadap hidup Anda. Ini adalah cara yang diinisiasi oleh Marie Kondo, konsultan tata rumah asal Jepang.

Dengan cara tersebut, secara otomatis pengeluaran Anda pun bisa diminimalisir. Nah, uang hasil penghematan dari gaya hidup minimalis ini sebaiknya Anda tabung. Tergantung dari tujuan menabungnya, Anda bisa memilih mau menabung dalam bentuk apa. Misalnya, membuat rekening tabungan khusus atau menabungnya dalam bentuk deposito. Dengan adanya tabungan, finansial Anda pun bisa lebih aman dan terjamin.

Investasikan Uang Tabungan

Bila Anda menginginkan hasil lebih dari uang tabungan tersebut, maka Anda perlu menginvestasikannya. Contohnya, bila Anda ingin memiliki aset untuk hari tua, Anda bisa memilih investasi yang memang bersifat jangka panjang seperti saham atau properti. Melalui investasi dari tabungan, Anda akan mendapat penghasilan pasif yang menguntungkan.

Di era dengan gaya hidup digital seperti sekarang, menginvestasikan uang tabungan pun semakin mudah. Anda bisa mencari dan menggali informasi sebanyak-banyaknya serta memilih partner yang tepat untuk berinvestasi bersama. Apabila ini pertama kalinya Anda berinvestasi, Anda bisa mencoba peer-to-peer lending seperti Modalku. Hanya melalui platform online, Anda sudah bisa berinvestasi dengan menjadi pemberi pinjaman kepada UMKM berpotensi di Indonesia.

Lihat juga: “Alternatif Investasi Sekaligus Membantu UMKM dengan Modalku”

Gunakan Uang untuk Upgrade Skill

Untuk menunjang kesuksesan, Anda perlu mengasah skill. Tanpa skill yang mumpuni, Anda akan kesulitan untuk cepat kaya. Berbekal skill yang dimiliki, Anda bisa mencari cara kreatif bagaimana meningkatkan pendapatan dengan kemampuan sendiri.

Katakanlah Anda memiliki bakat dalam pengelolaan keuangan, maka untuk upgrade skill ini Anda bisa mengikuti seminar tentang investasi atau berkonsultasi dengan para ahli seperti investor yang sudah berpengalaman. Berbekal skill tersebut, Anda bisa mencoba untuk menjadi financial advisor atau melamar di kantor yang masih satu bidang dengan skill Anda.

Pilih Instrumen Investasi

Investasi di tahun 2019 memiliki banyak pilihan yang bisa Anda andalkan. Beberapa di antaranya yang cukup diminati banyak orang adalah investasi saham, reksadana pasar uang, hingga properti. Lalu, manakah yang cocok untuk Anda?

Sebelum memilih, pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan investasi. Lalu, kedua adalah perhatikan kondisi finansial yang ada. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan menganggarkan besaran yang akan diinvestasikan di kemudian hari.

Lihat juga: Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan

Bantu Sesama

Sukses di usia muda tidak hanya ditunjukkan dengan bekerja keras saja. Di sisi lain, Anda juga harus mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Coba lihat sekeliling Anda, masih ada orang-orang yang memerlukan bantuan. Baik bantuan berupa finansial maupun dukungan moril.

Ingatlah kata pepatah maupun pesan agama, di dunia kita hanya hidup sekali dan gunakanlah untuk hal positif. Maka dari itu, Anda bisa membantu sesama yang kesusahan, baik itu keluarga, teman, maupun orang lain. Dengan memberikan bantuan finansial, uang Anda tidak akan berkurang dan justru akan berlipat ganda di kemudian hari.

Teguh Pendirian

Teguh pendirian merupakan hal yang tidak kalah penting dalam gaya hidup minimalis untuk cepat kaya. Dalam hal ini, maksud dari teguh pendirian adalah Anda tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal di luar tujuan Anda. Contohnya, ketika Anda melihat besarnya uang tabungan dan investasi yang sudah dilakukan selama ini, mungkin Anda tergiur untuk membeli barang-barang mewah seperti perhiasan atau mobil baru.

Padahal barang tersebut tidaklah sepenuhnya Anda butuhkan dan membelinya hanya semata faktor keinginan atau gengsi. Maka dari itu, daripada uang Anda digunakan untuk keperluan yang tidak begitu penting, sebaiknya simpan untuk mengejar tujuan Anda. Misalnya untuk dana pendidikan anak, biaya kesehatan, dan sebagainya.


Walaupun mungkin terkesan sederhana, menerapkan gaya hidup minimalis tentu cukup menantang. Dibutuhkan niat yang matang sehingga Anda bisa terus konsisten menjalankannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply