Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan

Saat ini, Indonesia tengah mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup positif. Pada kuartal II 2018 ini, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,27%, meningkat dari kuartal I 2018 yang mencapai 5,06%. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk menyikapi pertumbuhan ekonomi tersebut?

Investasi dapat menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan kondisi ekonomi yang cukup positif di Indonesia. Dengan kondisi ekonomi yang baik, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Terdapat banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Jika dibagi berdasarkan periodenya, ada investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kedua investasi ini memiliki karakter yang cukup berbeda, namun sama-sama menawarkan keuntungan yang layak dipertimbangkan. Namun, jika harus dibandingkan, investasi mana yang sebaiknya Anda pilih?

Pilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan

Anda perlu memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kenali berbagai instrumen investasi beserta potensi keuntungan dan kerugiannya. Dengan cara tersebut Anda dapat lebih optimal dalam meraih keuntungan.

Lebih lanjut: “Edukasi Sebelum Investasi untuk Memaksimalkan Portofolio” dan “Menumpuk Pundi, Meminimalkan Rugi dengan Mengenali Risiko Investasi”

Jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang, perputaran uang pada investasi jangka pendek relatif lebih cepat. Biasanya, pokok investasi jenis ini dapat diinvestasikan kembali pada instrumen lain sehingga keuntungan Anda bisa semakin berlipat. Beberapa instrumen investasi bersifat jangka pendek yang bisa Anda pertimbangkan adalah deposito, saham, dan tabungan bank.

Sementara itu, investasi jangka panjang cenderung memiliki keuntungan yang konsisten. Sesuai namanya, investasi jangka panjang tentunya cocok bagi Anda yang sedang mengumpulkan uang untuk kebutuhan jangka panjang. Beberapa instrumen investasi jangka panjang yang dapat Anda pilih antara lain adalah emas, tanah dan bangunan, serta asuransi.

Jika dibandingkan, manakah yang lebih menguntungkan? Anda dapat menemukan instrumen investasi yang paling menguntungkan jika mempertimbangkan segala risiko yang ada dengan hati-hati. Pastikan Anda memahami instrumen investasi yang Anda pilih agar dapat mengantisipasi berbagai risiko.

Lebih lanjut: Menemukan Investasi yang Paling Menguntungkan, Mungkinkah?

Alternatif Investasi Melalui Peer-to-Peer Lending  Bisa Dipertimbangkan

Selain kedua jenis investasi tersebut, Anda patut mencoba alternatif investasi peer-to-peer (P2P) lending dari Modalku. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih alternatif investasi satu ini, di antaranya:

  • Return yang tinggi – Melalui alternatif investasi ini, Anda akan mendapatkan suku bunga yang tinggi. Bahkan lebih tinggi dari pada instrumen lainnya. Pada platfrom P2P lending Modalku, Anda dapat meraih return hingga 35% per tahun.
  • Rendah risiko – Salah satu faktor utama seseorang ragu untuk berinvestasi adalah karena besarnya risiko. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena alternatif investasi P2P lending tergolong berisiko rendah.
  • Terbilang aman – Meskipun tetap ada potensi terjadi default jika peminjam tidak melunasi pinjaman, investasi P2P lending terbilang aman karena pinjaman hanya ditawarkan pada peminjam yang sudah terverifikasi dan layak menerima pinjaman tersebut.
  • Penghasilan setiap bulan – Anda dapat menarik bunga setiap bulan untuk pinjaman yang diberikan jika menggunakan alternatif investasi ini. Pinjaman yang Anda berikan akan dilunasi setiap bulan termasuk bunganya. Dengan begitu, Anda pun dapat menerima keuntungan bunga secara teratur.
  • Status kepemilikan yang fleksibel – P2P lending memberikan kebebasan saat Anda memilih tenor pinjaman. Dengan kebebasan ini, Anda dapat memperkirakan berapa keuntungan yang ingin diperoleh dalam waktu tertentu.

Buatlah keputusan jenis investasi yang ingin Anda lakukan sesuai kebutuhan. Dengan mempertimbangkan karakteristik serta keuntungannya masing-masing, Anda tentu dapat memutuskan investasi yang lebih cocok. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan P2P lending sebagai alternatif investasi yang layak Anda pilih. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

 

 

Leave a Reply