1

Edukasi Sebelum Investasi untuk Memaksimalkan Portofolio

Pasar Indonesia merupakan surga para investor, baik lokal maupun internasional. Indonesia juga merupakan salah satu pasar yang paling berpotensi di Asia, didukung adanya peningkatan investasi yang menguntungkan selama tahun 2018. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga menyebut terjadi peningkatan secara year-on-year sebesar 3,1% pada realisasi investasi di kuartal II/2018, dari nilai Rp 170,9 triliun menjadi Rp 176,3 triliun dalam periode yang sama tahun lalu.

Masa depan investasi Indonesia sangat cerah. Jika tertarik terjun ke dunia investasi, banyak hal yang perlu Anda siapkan, terutama edukasi. Edukasi merupakan dasar sebelum berinvestasi. Setidaknya, Anda harus mengetahui dengan jelas seluk beluk instrumen investasi yang Anda pilih. Apalagi jika Anda adalah investor pemula, edukasi sangat diperlukan agar Anda mampu memaksimalkan keuntungan dari investasi.

Lantas, bagaimana langkah-langkah edukasi bagi investor pemula?

Ketahui Informasi Penting Seputar Investasi

Salah satu hal yang paling penting dilakukan oleh investor pemula adalah mengedukasi diri mengenai dasar-dasar investasi. Kedua, Anda harus mengetahui secara jelas tentang jenis dan instrumen investasi, apalagi investasi yang menarik hati Anda.

Jenis-jenis dan Instrumen investasi

  • Finansial Assets

Investasi macam ini berupa penanaman modal investasi pada wahana keuangan, dikenal pula dengan istilah investasi portofolio. Investasi ini terikat pada surat-surat berharga dan secara garis besar merupakan investasi yang intangible (tidak dapat disentuh) dan dibuktikan secara tulisan.

Investasi ini memiliki beragam instrumen, mulai dari saham, obligasi, tabungan di bank, deposito, reksadana, valuta asing, hingga dana pensiun lembaga keuangan.

  • Real Assets

Investasi ini berupa aset nyata. Seluruh jenis wahana investasi real assets bersifat tangible, yaitu dapat disentuh dan dilihat. Investasi ini juga tidak mengikatkan komitmen dengan sektor keuangan, namun dengan benda-benda berwujud.

Contoh instrumennya dimulai dari properti, emas, barang koleksi atau seni, tanah, pertanian dan perkebunan, hingga peternakan.

Cara Memulai Investasi yang Menguntungkan

Setelah membekali diri dengan informasi mendasar tentang investasi, selanjutnya Anda perlu tahu cara memulai investasi. Kuncinya adalah mengetahui dengan pasti mengenai tujuan utama berinvestasi. Dengan tujuan yang jelas, Anda dapat memilih investasi yang menguntungkan.

  • Menentukan target yang jelas

Target merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang investor. Meskipun masih menyandang status sebagai investor pemula, Anda perlu memiliki target yang jelas tentang tujuan investasi dan berapa pengembalian yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, membeli rumah impian. Dengan mengetahui jumlah uang yang dibutuhkan, Anda bisa memilih instrumen investasi mana yang cocok dengan tujuan Anda.

Anda juga perlu tahu seberapa besar risiko yang bersedia diambil. Dalam investasi, salah satu prinsipnya adalah “semakin besar risiko, semakin tinggi pengembalian – dan juga sebaliknya”.

  • Pilih investasi yang Anda pahami

Jangan mengambil risiko dengan berinvestasi pada instrumen yang sama sekali tidak Anda pahami. Di sini, banyak melakukan riset akan membantu keuangan Anda. Jangan cuma berpegang pada satu sumber informasi, carilah sumber informasi dan sudut pandang yang bervariasi. Di zaman digital ini, ada pula berbagai alternatif investasi. P2P lending yang naik daun di Indonesia bisa menjadi salah satu instrumen alternatif investasi.

  • Segera eksekusi rencana investasi Anda

Jika Anda telah memiliki gambaran jelas mengenai rencana investasi dan sudah mengerti seluk-beluk instrumen investasi, maka Anda bisa langsung melakukan eksekusi. Dalam berinvestasi, tidak berlaku kata terlambat atau terlalu tua. Anda dapat mulai berinvestasi kapan saja. Lebih cepat tentu lebih baik. Semakin cepat Anda melakukan investasi, maka semakin besar pula hasil yang bisa Anda nikmati.


Sebagai investor pemula, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi seputar investasi secara terperinci. Anda dapat mempertimbangkan sejumlah investasi yang menguntungkan, salah satunya investasi online. Tetapi berhati-hatilah agar investasi online yang Anda cek bukan investasi bodong. Bila terpercaya, investasi melalui online termasuk instrumen yang praktis dan user-friendly.

Lebih lanjut: “Membedakan Investasi Bodong dengan Investasi Terpercaya”

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan - Modalku

Leave a Reply