Keunggulan Investasi Valuta Asing

Apa yang biasanya tebersit dalam pikiran Anda saat mendengar kata “investasi”? Kebanyakan orang akan menjawab saham, emas, atau properti. Tidak mengejutkan, mengingat ketiga instrumen tersebut cukup populer di dunia investasi. Ini karena orang Indonesia memang sudah familiar dengan ketiganya. Padahal, ada juga instrumen investasi yang meskipun terdengar kurang familiar, tapi potensi keuntungannya tidak kalah besar, yaitu valuta asing.

Pengertian valuta asing, disebut juga dengan valas, adalah mata uang yang dapat digunakan di dunia perdagangan internasional. Dasar aturan mainnya cukup mudah, Anda “hanya” perlu membeli mata uang asing saat harganya murah, lalu menjualnya kembali saat nilainya sedang tinggi-tingginya. Jika dibandingkan instrumen-instrumen investasi lain, valuta asing memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya.

Lihat juga: “4 Keunggulan Emas dalam Menghadapi Resesi”

Biaya Transaksi Lebih Murah

Umumnya, investasi jenis apa pun memiliki biaya transaksi, tidak terkecuali investasi valuta asing. Namun, biaya transaksi valas relatif lebih murah. Apalagi baru-baru ini Bank Indonesia mengambil langkah relaksasi batas minimum transaksi swap lindung nilai di bank sentral menjadi 2 juta dolar AS, dari yang semula 10 juta dolar AS. Tujuannya adalah menekan biaya swap lindung nilai yang dianggap terlalu mahal oleh nasabah.

Banyak yang mengeluhkan bahwa biaya swap valas di Indonesia terlalu mahal. Dengan adanya batas swap rate yang diterapkan oleh Bank Indonesia, diharapkan bisa meningkatkan efisiensi transaksi di pasar uang. Saat ini, transaksi lindung nilai swap valas antar bank terus meningkat. Posisinya berada pada angka Rp 2 miliar per hari.

Transaksi Bisa Dilakukan 24 Jam

Valuta asing memiliki pergerakan yang cukup fluktuatif. Misalnya, pagi ini nilai mata uang dolar cukup tinggi, tapi sore nanti justru menurun. Anda pun harus “awas” akan kondisi semacam ini agar bisa dengan cepat melakukan transaksi valas.

Kabar baiknya, investasi valuta asing memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi selama 24 jam. Tentunya dengan kurs valuta asing yang bersaing. Saat ini, sudah banyak penyedia investasi valuta asing yang menawarkan layanan internet banking atau mobile banking. Jadi, Anda pun bisa lebih mudah dan praktis melakukan transaksi valas kapan pun diperlukan.

Likuiditas Tinggi

Hidup memang penuh dengan ketidakpastian. Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang untuk memenuhi suatu keperluan. Untungnya, investasi valuta asing bisa Anda andalkan karena tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Hal tersebut masih berhubungan dengan keunggulan valas pada poin sebelumnya.

Mengingat bahwa valuta asing dapat ditransaksikan selama 24 jam, nasabah pun bisa melakukan transaksi setiap saat. Hal inilah yang membuat investasi valuta asing memiliki tingkat likuiditas tinggi. Anda pun bisa lebih mudah mendapatkan uang tunai yang dicairkan dari investasi valuta asing.

Lihat juga: “Menemukan Investasi Paling Menguntungkan, Mungkinkah?”

Daya Beli Investor Tinggi

Pada investasi valuta asing, umumnya para investor memiliki daya beli yang cukup tinggi, bahkan hingga melebihi jumlah modal yang disediakan. Hal ini tidak terlepas dari tingkat inflasi di suatu negara. Idealnya, negara dengan tingkat inflasi relatif rendah memiliki nilai tukar mata uang yang cenderung lebih kuat jika dibandingkan dengan negara yang tingkat inflasinya relatif tinggi. Alhasil, daya beli atau purchasing power mata uangnya pun cenderung lebih besar daripada negara lain.


Setelah mengetahui berbagai keunggulan investasi valuta asing, semoga Anda jadi memiliki ketertarikan untuk melakukan investasi satu ini. Sebelumnya, edukasi diri Anda sebelum investasi. Perkaya diri Anda dengan berbagai informasi agar bisa memaksimalkan keuntungan. Semoga berhasil!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply