Cara Investasi Valuta Asing bagi Pemula

Valuta asing atau valas adalah salah satu instrumen investasi yang jarang dipertimbangkan oleh investor pemula. Secara sederhana pengertian valuta asing mengacu pada mata uang asing yang digunakan sebagai instrumen investasi. Meskipun tergolong sebagai jenis investasi tradisional, keuntungan yang dijanjikan dari investasi valas terbilang cukup menjanjikan. Beberapa mata uang asing seperti Dollar Amerika, Euro, dan Poundsterling bisa dipertimbangkan sebagai instrumen investasi valuta asing. Ingin memulai tapi belum tahu caranya? Yuk, simak panduannya!

Tentukan Tujuan Keuangan

Sama seperti ketika Anda berencana memilih instrumen investasi lainnya, sebelum berinvestasi pada valuta asing sebaiknya lebih dulu tentukan tujuan keuangan yang akan dicapai. Perlu diketahui nilai tukar valas, terutama Dollar Amerika Serikat, dapat mempertahankan daya beli Anda ketika sewaktu-waktu kurs rupiah jatuh. Meski kurs valuta asing tidak selalu stabil, tetapi instrumen ini memberikan keuntungan untuk para investornya.

Dengan memiliki investasi valuta asing, maka pengajuan visa Anda akan lebih mudah disetujui. Baik untuk kunjungan ke benua Eropa maupun Amerika. Terlepas dari apakah tujuan kunjungan Anda untuk bisnis, belajar, atau sekadar jalan-jalan. Tabungan valas bisa digunakan sebaik-baiknya untuk tujuan yang satu ini.

Lihat juga: “Langkah Praktis Memulai Perjuangan untuk Meraih Kebebasan Finansial”

Pelajari Valuta Asing Secara Mendalam

Pergerakan kurs valuta asing sangat memengaruhi untung-rugi investasi valas yang Anda lakukan. Umumnya, kurs dibedakan menjadi harga jual dan harga beli. Dalam hal ini yang dimaksud dengan harga jual yaitu harga mata uang asing yang ditetapkan oleh bank. Sebaliknya, harga beli merupakan harga yang ditetapkan oleh pihak bank untuk membeli mata uang asing yang Anda miliki.

Berbeda dari investasi emas yang memiliki pergerakan cukup stabil, valas adalah instrumen yang cepat berubah. Hal ini dikarenakan kurs valuta asing bergerak sangat fluktuatif. Terlebih kebijakan pemerintah juga berperan dalam menentukan nilai investasi valas yang Anda lakukan.

Ingin tahu keunggulan investasi valuta asing? Klik di sini!

Pahami Aturan Mainnya

Untuk memulai investasi valuta asing, ada sejumlah aturan main yang wajib Anda pahami dengan baik agar bisa memperoleh keuntungan dalam jumlah maksimal. Antara lain:

  1. Pastikan Anda mampu membedakan nilai jual dan beli kurs valuta asing di bank.
  2. Pilih institusi keuangan resmi (bank) untuk membeli valuta asing sebagai instrumen investasi demi mencegah risiko valas palsu.
  3. Simpan instrumen valas dengan hati-hati. Jika dibutuhkan Anda bisa menyimpan valuta asing tersebut di bank atau safe deposit box (SDB).
  4. Perhatikan momentum yang terjadi, karena proses jual-beli valuta asing bergerak dengan cukup fluktuatif. Disarankan agar Anda terus up-to-date terhadap berita ekonomi terkini untuk bisa membuat keputusan dengan tepat.

Pakai “Uang Dingin”

Sebagai pemula tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian begitu memulai investasi valas ini. Karena instrumen valuta asing bergerak sangat fluktuatif dan berisiko, pastikan Anda menggunakan dana yang tepat untuk berinvestasi. Alih-alih menggunakan dana tabungan, sebaiknya Anda gunakan saja ‘uang dingin’ atau dana yang tidak terpakai. Jika ternyata Anda tidak memiliki ‘uang dingin’ coba gunakan sebagian dari dana cadangan untuk mulai melakukan investasi valas.

Mata uang asing yang sangat direkomendasikan untuk investor valas pemula yaitu Dollar Amerika Serikat. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab mata uang ini selalu dijadikan acuan oleh berbagai negara dunia. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan investasi valas dalam kurs Euro karena ini mata uang yang juga berpengaruh di dunia setelah Dollar Amerika.


Setelah memahami cara investasi valuta asing, sebagai investor pemula Anda bisa lebih optimal berinvestasi dan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin saja terjadi. Tunggu apalagi? Segera mulai investasi valas Anda sekarang juga!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply