Langkah Praktis Memulai Perjuangan untuk Meraih Kebebasan Finansial

Siapa yang tidak ingin meraih kebebasan finansial? Bisa melunasi seluruh pinjaman, memiliki tabungan untuk masa depan, ada cukup dana darurat, dan masih memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tentu menjadi kebebasan finansial yang diinginkan oleh semua orang. Namun, kebebasan ini tidak akan dapat diraih tanpa perjuangan finansial. Anda harus bekerja dan cerdas dalam mengelola keuangan untuk bisa bebas secara finansial.

Mempertimbangkan untuk memiliki aset produktif sebagai investasi menjadi jalan perjuangan finansial yang bisa Anda lakukan. Aset produktif dalam investasi bisa menambah pundi-pundi penghasilan Anda untuk meraih kebebasan yang diharapkan. Selanjutnya, ikuti langkah di bawah ini untuk memulai perjuangan Anda!

Tentukan Tujuan Keuangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam perjuangan finansial adalah menentukan tujuan keuangan. Hal ini akan menjadi patokan sekaligus tolok ukur apakah usaha meraih kebebasan finansial Anda sudah berhasil. Jika Anda bertujuan untuk menjadi investor sukses, mulailah dengan belajar alternatif investasi di P2P lending. Jika Anda berkeinginan untuk sukses sebagai pebisnis, mulailah untuk membuat perusahaan sendiri.

Dalam meraih tujuan, buat rencana jelas untuk meraihnya. Contoh mudahnya, jika Anda ingin bebas finansial di usia tiga puluh, maka mulailah usaha untuk meraihnya sejak usia dua puluh tahun. Anda bisa memulai bisnis, investasi, dan memiliki pekerjaan tetap untuk meraihnya. Dengan begitu, ketika usia tiga puluh, Anda bisa meraih tujuan keuangan dengan rencana yang matang dan eksekusi yang dilakukan sejak dini.

Lihat juga: “Mampukah Anda Menjadi Pejuang Finansial di Era Digital”

Mulai Investasi

Investasi adalah langkah untuk mendapatkan passive income demi mewujudkan bebas finansial di masa depan. Investasi bisa menjadi pendapatan tambahan yang lebih banyak dari kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari. Return dari investasi juga memudahkan Anda menabung lebih untuk dana darurat dan kebutuhan mendesak lainnya. Saat berinvestasi, itu artinya Anda menyiapkan masa depan dengan lebih baik.

Saat ini sudah banyak produk investasi bisa Anda pilih. Misalnya saja reksa dana, saham, deposito, dan sebagainya. Produk investasi ini juga sudah ada beberapa yang bisa dilakukan secara online melalu beragam platform. Anda hanya mengunduh aplikasinya, mendaftarkan diri, dan biarkan manajer investasi membantu pengelolaan dana Anda.

Pilih Utang Produktif

Bila tips perjuangan finansial lain mengatakan bahwa cara meraih kebebasan finansial adalah dengan tidak memiliki utang, maka ada tips lain. Yaitu dengan memiliki utang, namun jenis produktif. Utang produktif di Indonesia ditawarkan dalam bentuk Kredit Modal Kerja (KMK) sebagai sarana pembiayaan pemilik bisnis baru dan Kredit Investasi (KI) untuk keperluan investasi.

Utang produktif disebut menghasilkan dan menguntungkan karena Anda tidak perlu membayar tagihan pinjaman. Contohnya saja Anda ingin membuka kos dengan pinjaman dana KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk membeli rumah. Biaya cicilannya per bulan Rp 20 juta. Sedangkan dari hasil usaha kos, Anda bisa menghasilkan Rp 10 juta. Uang ini bisa Anda gunakan untuk menutup cicilan yang Anda pinjam. Menarik, bukan?

Lihat juga: “Cara Praktis Mengelola Utang Agar Tidak Menjerat Bisnis Anda”

Kembangkan Bisnis Kecil

Memiliki usaha sampingan adalah langkah paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja untuk meraih kebebasan finansial. Bisnis modal kecil seperti online shop atau rumah produksi fashion menjadi pilihan menguntungkan bagi Anda yang ingin penghasilan tambahan. Jalankan bisnis modal kecil ini sebagai usaha sampingan setelah Anda menyelesaikan pekerjaan utama. Bila Anda adalah pegawai kantor, miliki usaha kecil yang sesuai dengan passion untuk mendapatkan tambahan tabungan masa depan.

Berapa pun usia Anda saat ini, perjuangan finansial harus dimulai sejak sekarang. Tidak ada kebebasan finansial yang diraih dengan mudah. Anda harus cerdas memilih penghasilan tambahan untuk masa depan yang lebih tenang dan aman. Pilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih alternatif investasi P2P lending untuk mendanai banyak usaha baru.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply