Cara Meraih Kebebasan Finansial ala Milenial

Sejumlah survei menyebutkan bahwa milenial merupakan generasi yang boros. Salah satunya adalah hasil survei dari GoBankingRates, yang menyatakan bahwa banyak generasi milenial menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Contohnya makan di luar, ngopi, berbelanja, dan hiburan. Namun, apakah dengan gaya hidup tersebut generasi milenial tidak bisa meraih kebebasan finansial?

Mengingat karakteristik generasi milenial yang tech-savvy, generasi ini sebetulnya sangat mungkin meraih kebebasan finansial melalui pemanfaatan teknologi. Jadi, teknologi yang ada saat ini seperti smartphone dan media sosial tak hanya digunakan untuk tujuan senang-senang, tapi juga untuk membangun masa depan. Mari cari tahu beberapa cara meraih kebebasan finansial ala milenial dengan penjelasan di bawah ini!

Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Umumnya, generasi milenial menggunakan media sosial untuk update hal-hal tertentu, misalnya saat sedang berkumpul bersama teman. Namun, jika dimanfaatkan dengan maksimal, Anda sebetulnya bisa menggunakan media sosial untuk mencapai kebebasan finansial.

Salah satunya adalah dengan follow akun-akun finansial yang sering berbagi tips atau informasi seputar keuangan. Anda bisa mencoba menerapkan tips-tips tersebut. Terkadang ada pula akun finansial yang menghadirkan seorang ahli finansial atau financial advisor untuk berbagi ilmu melalui live streaming. Beberapa akun juga kerap mengadakan seminar atau talkshow finansial di beberapa kota. Anda bisa mencoba untuk mengikutinya.

Meraih kebebasan finansial melalui media sosial bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Belanja tetap sah-sah saja dilakukan. Bahkan media sosial dapat membantu Anda berbelanja lebih hemat. Kuncinya adalah tidak malas membandingkan harga dan promo. Pilih penawaran terbaik yang sekiranya paling menguntungkan Anda.

Produktif dalam Pemakaian Gadget

Jangan hanya gunakan gadget seperti laptop atau smartphone untuk hal-hal bersifat hiburan. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tetapi akan lebih baik jika Anda juga memanfaatkan gadget untuk hal-hal yang lebih produktif. Misalnya dengan berbisnis online melalui media sosial. Bisnis online tidak melulu membutuhkan modal yang besar, kok. Dropshipping adalah salah satu contohnya.

Anda tidak perlu menyimpan barang yang dijual. Jadi, saat ada pesanan masuk, Anda bisa langsung meneruskan pesanan tersebut kepada supplier atau distributor. Dari sini, Anda bisa mendapat pemasukan tambahan yang tentu berdampak positif terhadap tujuan kebebasan finansial.

Lebih lanjut: “Penghasilan Tambahan Lewat Smartphone for Smart Milenial”

Tentu masih banyak hal lain yang bisa dilakukan menggunakan gadget untuk mencapai kebebasan finansial. Anda bisa bergabung dengan online workshop yang membahas tentang keuangan, mengadakan webinar, atau mulai menjajaki alternatif investasi seperti peer-to-peer (P2P) lending yang pengelolaannya bisa dilakukan melalui gadget kamu sendiri.

Pilih Instrumen Investasi Sesuai Preferensi

Menabung saja belum cukup untuk meraih kebebasan finansial. Anda dianjurkan untuk berinvestasi mengingat potensi return yang relatif lebih besar daripada tabungan bank konvensional. Saat ini, ada begitu banyak instrumen investasi yang tersedia. Anda pun bisa memilih yang sesuai dengan preferensi, mulai dari saham, properti, obligasi, reksa dana, atau alternatif investasi P2P lending.

Lebih lanjut: “Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan”

Dalam melakukan sesuatu, generasi milenial biasanya ingin bisa memberikan dampak positif yang bermakna. Salah satu alternatif investasi yang cocok untuk ini adalah P2P lending seperti Modalku. Pinjaman yang Anda berikan melalui Modalku akan digunakan untuk membantu UMKM Indonesia. Jadi, P2P lending tidak hanya mempermudah impian Anda untuk mencapai kebebasan finansial, tapi juga memberi kesempatan untuk membantu banyak UMKM di Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka.

Tentunya P2P lending juga berbasis teknologi sehingga semakin cocok dengan karakter milenial yang tech-savvy. Seluruh aktivitas alternatif investasi bisa dilakukan secara online menggunakan gadget Anda, baik laptop maupun smartphone. Pastikan saja Anda memiliki koneksi internet memadai.

Sama sekali tidak mustahil bagi generasi milenial untuk mencapai kebebasan finansial. Berbekal ketiga tips di atas, kini generasi milenial bisa lebih mudah dalam meraih mimpi tersebut. Good luck!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply