4 Cara Menjadi Influencer

Perkembangan tren media sosial menghadirkan profesi baru di kalangan penggunanya. Salah satu yang paling populer yaitu influencer. Seperti yang sudah Anda ketahui, influencer ini tidak selalu berasal dari kalangan selebritas, tetapi juga bisa masyarakat umum yang memiliki followers dalam jumlah banyak dan aktif memberikan komentar, like, maupun sekadar menjadi viewers atas konten yang dibagikan. Selain berbekal kreativitas dan popularitas, berikut cara yang tepat jika Anda tertarik menjadi influencer di Indonesia. Yuk, cari tahu!

Sesuaikan dengan Kepribadian Anda

Agar bisa menjadi influencer sukses, Anda harus benar-benar menyesuaikan hal-hal yang sesuai dengan kepribadian dan passion. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk membagikan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengikut setia akun media sosial Anda. Terlepas dari platform media sosial yang dipilih, baik Facebook, Instagram, Twitter, maupun YouTube, pilihan Anda harus mampu mencerminkan kepribadian serta minat yang dimiliki.

Lebih lanjut: “Memenangkan Persaingan di Bisnis Online”

Pilih Bidang Keahlian Anda Sebagai Influencer

Melanjutkan dari poin sebelumnya, menjadi influencer bukan berarti Anda tidak bisa menjadi diri sendiri. Untuk itu, tetapkan bidang keahlian sesuai dengan passion yang dimiliki agar lebih bisa produktif dalam menciptakan konten kreatif. Misalnya, jika Anda memiliki ketertarikan di bidang pariwisata, cobalah untuk membagikan konten menarik terkait tips traveling maupun destinasi wisata terbaik yang juga bisa dikunjungi oleh follower Anda. Brand terkait yang akan bekerja sama pun cukup luas, mulai dari agen perjalanan, hotel, hingga brand koper.

Cara Terbaik Mendapatkan Banyak Follower

Saat ini memang ada banyak penawaran jasa penambah follower, namun ini tentu bukan langkah yang tepat untuk mendapatkan banyak pengikut di media sosial. Tentu saja, jika Anda membeli follower, maka pengikut yang ada bukanlah pengguna aktif sehingga tidak berpengaruh pada engagements akun media sosial Anda. Untuk itu, sebaiknya dapatkan banyak follower secara organik meski membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Cara mendapat banyak follower secara alami tentu saja dengan menciptakan konten yang menarik. Anda bisa terlebih dulu menentukan tema yang akan diangkat pada feed media sosial agar terlihat lebih rapi dan punya nilai estetika lebih. Selain itu, jadwalkan waktu posting sehingga Anda bisa terus memberikan update untuk follower. Tambahkan tagar atau hastag yang sesuai agar konten yang dibagikan lebih mudah ditemukan oleh pengguna media sosial dalam jangkauan lebih luas.

Ciptakan Konten yang Menarik

Konten menarik adalah hal terpenting yang harus menjadi fokus seorang influencer. Oleh karena itu, Anda harus selalu up-to-date terhadap tren yang berlangsung di kalangan pengguna sehingga bisa tetap dekat dengan mereka. Kemampuan editing foto dan video tentu sangat dibutuhkan, namun Anda juga harus memiliki kreativitas lebih dalam menciptakan caption yang menarik sehingga menghasilkan trafik engagement yang tinggi juga. Lebih lanjut, tidak kalah pentingnya Anda juga wajib memperbanyak interaksi dengan para pengikut.

Lihat juga: “Mengenal Budaya Influencer


Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang influencer profesional di Indonesia. Tidak kalah pentingnya, Anda juga wajib mempertimbangkan konten-konten positif yang menginspirasi dan mengedukasi followers agar profesi yang Anda jalani tidak sekadar menghasilkan uang, tetapi juga bermanfaat untuk orang-orang di sekitar.

Meski sudah populer nanti, Anda harus tetap memperluas jaringan sehingga semakin banyak pengguna media sosial serta influencer lain yang mengenal Anda. Semakin tertarik menjadi influencer? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply