5 Jenis Instrumen untuk Menyiapkan Dana Pensiun

Guna menjamin keberlangsungan hidup di hari tua, mempersiapkan dana pensiun adalah hal yang wajib Anda lakukan. Namun, hingga saat ini masih ada sebagian orang yang merasa kebingungan memilih instrumen dana pensiun dengan nilai investasi yang menguntungkan. Ada lima instrumen dana pensiun terbaik yang dapat Anda pilih untuk jaminan hari tua Anda. Apa saja? Berikut ulasannya.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Pilihan instrumen pertama untuk mempersiapkan dana pensiun adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Pada dasarnya, DPLK adalah dana pensiun yang dibentuk oleh bank maupun perusahaan asuransi. Bila Anda memilih instrumen DPLK, gaji saat bekerja akan dipotong untuk dana pensiun ini.

DPLK menjadi investasi yang menguntungkan bagi hari tua Anda. Pasalnya, Anda bisa menentukan sendiri besaran iuran kepesertaan dan persyaratan lainnya. DPLK juga dinilai aman karena memiliki aturan yang jelas seperti yang tertera pada UU No. 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Selain itu, persyaratannya mudah dan prosesnya cepat.

Lebih lanjut: “Part 1: Kiat-Kiat Mempersiapkan Dana Pensiun”

Deposito

Salah satu investasi yang menguntungkan sebagai instrumen dana pensiun ialah deposito, khususnya untuk jenis deposito berjangka. Selain dapat digunakan sebagai modal bisnis kecil, deposito juga memiliki nilai pokok dana yang aman. Terutama ketika terjadi fluktuasi atau perubahan suku bunga.

Keuntungan selanjutnya ialah aset Anda akan aman berada di bank karena dilindungi sepenuhnya oleh pemerintah dari kegagalan pembayaran. Tersedia pula dua pilihan yang fleksibel saat jangka waktu deposito telah habis. Pertama, Anda bisa menarik uang tersebut dan yang kedua adalah memperpanjang investasi.

Reksa dana

Tidak hanya deposito, reksa dana juga menjadi instrumen dana pensiun ketiga yang patut diperhitungkan. Beberapa jenis reksa dana yang dapat dipilih adalah reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang rendah. Keunggulan lainnya adalah reksa dana ini memiliki deposito berjangka dengan jangka waktu di bawah satu tahun. Jenis investasi ini tepat untuk Anda jadikan bisnis modal kecil.

Sementara itu, reksa dana tetap juga memiliki keuntungan yang tak kalah menarik. Anda bisa mencapai kebebasan finansial dengan berinvestasi pada instrumen ini. Produk inilah yang akan stabil, terjaga, dan memiliki sistem bunga yang menarik. Anda dapat membeli instrumen investasi ini dengan mengunjungi perusahaan sekuritas terdekat.

Lebih lanjut: “Part 2: Instrumen Investasi yang Cocok untuk Menyiapkan Dana Pensiun”

Saham

Sama halnya dengan reksa dana, saham juga menawarkan nilai investasi yang menguntungkan sebagai instrumen dana pensiun. Namun, ketika Anda hendak memilih saham sebagai dana pensiun, sebaiknya pertimbangkan dengan matang. Sebab, meski nilai keuntungannya besar, tingkat risikonya pun cukup tinggi.

Maka, pilihlah perusahaan sekuritas yang stabil. Jika Anda merasa kurang paham, Anda dapat menggunakan jasa broker atau pialang saham. Pialang saham inilah yang nantinya akan menjalankan instrumen dana pensiun berupa saham yang Anda pilih.

Asuransi

Instrumen terakhir yang bisa Anda pilih sebagai dana pensiun adalah asuransi. Asuransi tidak hanya memberikan perlindungan bagi kesehatan Anda, tetapi juga menjadi instrumen investasi yang menguntungkan di hari tua nanti.

Asuransi yang menyediakan dan memiliki nilai investasi cukup tinggi di antaranya adalah asuransi unit link. Keunggulan asuransi unit link ini adalah dana yang Anda bayarkan tidak akan hangus meski tidak ada klaim. Anda pun dapat mengambilnya kembali pada saat-saat tertentu dengan syarat Anda dan perusahaan asuransi telah melakukan perjanjian sebelumnya.

Jadi, instrumen dana pensiun mana yang akan Anda pilih untuk bekal hari tua Anda? Agar pilihan anda tepat, pilihlah instrumen yang cocok dengan visi dan situasi keuangan Anda saat ini.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply