Part 2: Instrumen Investasi yang Cocok untuk Menyiapkan Dana Pensiun

Agar masa senja Anda senantiasa sejahtera, persiapkanlah dana pensiun sejak dini. Dana pensiun dapat diperoleh melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan investasi.

Investasi merupakan jalan terbaik untuk mempersiapkan masa tua Anda. Dengan investasi, masa senja yang sejahtera ada dalam genggaman Anda. Namun, Anda harus bisa memilih investasi berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda. Di masa sekarang ini, terdapat banyak pilihan investasi, tetapi mana yang paling cocok untuk dana pensiun Anda?

Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan kepada pemegang obligasi. Tujuannya adalah supaya perusahaan mendapatkan pinjaman modal dengan bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan suku bunga kredit. Tercantum dalam obligasi adalah perjanjian untuk melunasi utang beserta dengan kupon bunga pada saat jatuh tempo.

Sampai saat ini, peminat instrumen investasi ini masih tinggi. Di sepanjang tahun 2017 sendiri, nilai penerbitan baru obligasi korporasi tercatat mencapai Rp 161,36 triliun. Jika ditilik, tren obligasi korporasi juga selalu positif. Dari tahun 2016 hingga tahun 2017 saja, peningkatannya bisa melesat hingga 40,23 persen.

Menurut Torang M Napitupulu, Direktur Dana Pensiun PT Pertamina, obligasi korporasi mampu mempertahankan posisinya sebagai instrumen investasi utama karena tingkat keamanan yang ditawarkan cukup tinggi, namun imbal hasil yang diberikan juga cukup tinggi. Selain itu, obligasi korporasi sejalan dengan karakteristik investasi dana pensiun yang jangka panjang. Umumnya jangka waktu obligasi di atas 1 tahun.

Properti

Menyiapkan dana pensiun melalui investasi pada sektor pasar modal memang menawarkan imbal dan jaminan yang tinggi. Namun, jika Anda kurang kenal dengan pasar modal, Anda bisa kesulitan mengukur risikonya. Bila Anda investor pemula, cobalah lakukan investasi pada instrumen yang konsepnya masih familiar bagi Anda. Salah satunya seperti properti.

Bagi Anda yang baru saja masuk usia produktif, mungkin harga tanah dan properti terlalu tinggi untuk dibeli. Akan tetapi, ada baiknya Anda memasukkan properti dalam rencana investasi ke depannya. Juga menciptakan action plan untuk menciptakan budget investasi di properti.

Nilai properti akan cenderung naik dari tahun ke tahun, oleh karena itu investasi pada jenis aset yang satu ini sangat banyak peminatnya. Menanamkan investasi pada sektor properti di Indonesia juga tergolong aman karena angka pertumbuhan penduduknya selalu mengalami peningkatan. Dengan kata lain, permintaan dan penawaran terhadap instrumen ini akan selalu ada.

Manfaatkan Teknologi untuk Investasi Online

Jika diamati, saat ini perkembangan industri teknologi di Indonesia sedang maju pesat. Terutama dalam sektor financial technology (FinTech). Sektor ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis alternatif investasi secara online. Salah satu yang sedang populer belakangan ini adalah peer-to-peer (P2P) lending. Dalam P2P lending, Anda memberikan pinjaman modal kepada peminjam.

P2P lending termasuk alternatif investasi yang fleksibel sebab Anda bisa mengatur atau memilih jumlah dana, lama pinjaman, atau tingkat bunga yang diinginkan. Anda juga bisa menjadikan P2P lending sebagai alternatif investasi jangka pendek atau jangka panjang sesuai kebutuhan. Bila jangka pinjaman selesai, Anda bisa menggunakan pengembaliannya untuk pinjaman baru hingga seterusnya agar dana Anda tetap berputar dan bisa dimaksimalkan.

Bagaimana dengan risiko alternatif investasi P2P lending? Bacalah “Tingkat Default dalam Platform Peer-to-Peer Lending”


Jadi, instrumen investasi mana yang akan Anda pilih untuk menyiapkan dana pensiun? Bagi yang masih pemula dalam dunia investasi, P2P lending sebagai alternatif investasi dapat menjadi pilihan. Kuncinya adalah memilih penyedia P2P lending tepercaya seperti Modalku, yang sudah beroperasi di berbagai negara-negara Asia Tenggara. Tak perlu khawatir akan keamanannya karena Modalku telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Segera buka situs resmi Modalku untuk mengetahui cara pendaftarannya!

Lebih lanjut: “Seperti Apa Alternatif Investasi Modalku?”

Artikel ini adalah kelanjutan dari Part 1 mengenai dana pensiun, yaitu “Part 1: Kiat-kiat Mempersiapkan Dana Pensiun”

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi UMKM tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply