Part 1: Kiat-kiat Mempersiapkan Dana Pensiun

Kapan saat ideal untuk mulai menyiapkan pensiun? Jawabannya adalah sesaat setelah Anda mencapai usia produktif. Dengan menghasilkan uang sendiri, pengelolaan keuangan juga sepenuhnya ada di tangan Anda. Susunlah cara mengelola keuangan sebaik mungkin, bahkan bila perlu catat pengeluaran Anda sehari-hari. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat menyisihkan sedikit penghasilan untuk dana pensiun.

Keberadaan dana pensiun sangat penting, terutama jika Anda menginginkan masa senja yang tenang dan sejahtera. Namun, hal tersebut tidak dapat Anda raih dengan mudah. Diperlukan beberapa usaha untuk menyiapkannya. Supaya Anda bisa tetap sejahtera saat pensiun, simaklah kiat-kiat mempersiapkan pensiun dalam poin-poin di bawah ini.

Persiapkan Mental Anda

Banyak pensiunan yang kesulitan soal keuangan. Skenario ini bisa dirasakan siapapun jika (a) perusahaan tidak mendaftarkan Anda pada program pensiun atau (b) nilai jaminan hari tua Anda terlalu rendah. Bisa-bisa Anda merasakan tekanan finansial bahkan sebelum hari pensiun tiba.

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan mental supaya masa pensiun tidak dipenuhi keresahan. Carilah cara mengelola keuangan saat masa pensiun yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Bersiap-siaplah harus disiplin menabung, berinvestasi, dan tidak mengeluarkan uang semena-mena untuk hal yang tidak perlu. Siapkan mental untuk berpikir jangka panjang, bukan jangka pendek.

Jangan Pernah Berhenti Menabung

Salah satu cara mempersiapkan dana pensiun yang paling mudah adalah dengan menabung. Cara ini tergolong mudah dan dapat Anda lakukan sejak hari pertama bekerja. Terutama jika masa pencairan dana dari program pensiun perusahaan Anda tidak dapat diprediksi. Tabungan dapat menjadi dana cadangan di saat Anda harus menghadapi situasi yang tidak terduga.

Pisahkan antara rekening tabungan dana pensiun dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Menggabungkan tabungan dan dana untuk kebutuhan sehari-hari hanya akan membuat tabungan dana pensiun Anda tidak akan bertambah dan justru semakin berkurang, karena tanpa pembagian rekening yang jelas, pengeluaran yang tidak disiplin akan cepat menguras isi rekening.

Bila perlu, Anda bisa menciptakan rekening yang berbeda-beda sesuai tujuannya agar jelas dan tertata rapi. Misalnya, ada rekening tabungan dana pensiun, ada rekening tabungan dana darurat, ada rekening keperluan harian/untuk belanja, dan seterusnya.

Lakukan Investasi Jangka Panjang

Supaya Anda dapat tetap sejahtera saat pensiun, pertimbangkan untuk investasi jangka panjang. Saat ini, investasi jangka panjang sangat beragam. Mulai dari metode konvensional seperti membeli dan menyimpan logam mulia, membeli properti (tanah atau rumah), hingga metode yang lebih modern seperti menanam saham atau alternatif investasi seperti peer-to-peer (P2P) lending melalui platform online seperti Modalku.

Bacalah “Mengelola Portofolio Investasi Anda” dan “Investasi Alternatif”

Dewasa ini, pilihan penyedia instrumen investasi juga semakin banyak. Tinggal pilih mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Dengan berinvestasi, Anda dapat terhindar dari tingginya laju inflasi. Langkah ini akan memuluskan jalan Anda untuk mendapatkan dana pensiun yang ideal.

Apakah Anda pemula di dunia investasi? Baca “8 Prinsip bagi Investor Pemula dan Berpengalaman”

Temukan Peluang dengan Membangun Usaha

Di masa pensiun, Anda akan memiliki waktu yang lebih longgar. Supaya tidak merasa jenuh, mereka di usia pensiun bisa coba melakukan aktivitas yang produktif. Salah satunya adalah dengan membangun usaha kecil. Siapa tahu usaha ini sukses sehingga kebutuhan di hari senja dapat tercukupi.

Salah satu jenis usaha setelah pensiun yang dapat dicoba adalah dengan membuka usaha kos atau rumah kontrakan. Manfaatkanlah properti yang Anda miliki supaya dapat menghasilkan uang. Jadi, saat masa senja nanti, Anda tak perlu terlalu repot memikirkan pemasukan.


Pensiun menjadi kekhawatiran banyak pekerja. Kebanyakan merasa tidak yakin dapat memenuhi kebutuhan mereka di hari tua. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan masa pensiun dengan baik dan teliti. Semoga dengan tips di atas Anda dapat menghadapi masa pensiun dengan kesiapan dan kematangan. Selamat mencoba!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi UMKM tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply