Hindari 5 Sifat Ini agar Anda Bisa Meraih Kebebasan Finansial

Siapa orang di dunia yang tidak mau meraih kebebasan finansial? Anda pun tentu ingin meraih kebebasan finansial. Namun, sebagian orang menganggap bahwa kebebasan finansial hanya bisa diraih oleh orang-orang yang beruntung. Seperti orang-orang dengan jabatan tinggi, kemampuan sosial ekonomi mumpuni, dan harta warisan yang melimpah. Nah, jika Anda memiliki anggapan tersebut, bisa jadi itu salah satu penghambat Anda.

Brian Tracy, motivator internasional yang sukses, mengatakan bahwa kebebasan finansial dapat diraih oleh semua orang. Pemikiran bahwa kebebasan finansial hanya dapat diraih segelintir orang adalah hambatan mental utama bagi mereka yang ingin meraih kebebasan finansial. Kalau Anda ingin meraih kebebasan finansial, percayalah pada diri sendiri dan hindari lima sifat berikut.

Boros

Sifat boros adalah salah satu hambatan paling umum pada tiap orang yang ingin mencapai kebebasan finansial. Pemborosan biasanya terjadi jika Anda tidak merencanakan anggaran pengeluaran dan pemasukan dengan baik dan ketat. Biasanya, ketika sudah mendapat pendapatan bulanan, Anda merasa lebih baik jika menggunakan seluruh pendapatan tersebut sebagai reward kerja keras Anda. Nah, mulai sekarang, hapus pandangan Anda terhadap uang sebagai sesuatu yang harus dihabiskan demi mencapai kebebasan finansial.

Menunda Menabung dan Berinvestasi

Kegiatan menabung memang berbeda dengan kegiatan berinvestasi. Menabung pada dasarnya menyimpan sejumlah uang dalam kurun waktu tertentu dan akan didiamkan pada jangka waktu tersebut. Sedangkan, investasi adalah kegiatan menanamkan sejumlah uang dalam instrumen tertentu dan terus diputar atau dipergunakan demi meningkatkan investasi tersebut.

Investasi merupakan salah satu kegiatan yang sangat berguna untuk meraih kebebasan finansial. Karena dalam berinvestasi, Anda akan belajar merencanakan dan menggunakan uang sebaik dan seketat mungkin. Selain itu, Anda juga akan belajar mempertimbangkan risiko dan keuntungannya sambil terus menggunakan suatu aset. Baik investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek, semuanya berguna untuk meraih kebebasan finansial.

Menunda menabung karena penghasilan pas-pasan sekaligus tidak berinvestasi merupakan hal yang buruk bagi kebebasan finansial Anda!

Lebih lanjut: “Tips Mendapatkan Passive Income dari Investasi”

Tidak Disiplin

Jika Anda sudah mulai menabung atau berinvestasi, langkah selanjutnya adalah memastikan kedua kegiatan tersebut berjalan secara konsisten. Tidak disiplin baik dalam menabung, berinvestasi, atau bahkan merencanakan anggaran keuangan bulanan akan menjadi ancaman besar dalam meraih kebebasan finansial.

Untuk membantu Anda, cobalah mengunduh aplikasi finansial pada smartphone. Catat seluruh pengeluaran dan alokasi dana bulanan pada aplikasi tersebut untuk mencari tahu pos pengeluaran terbesar Anda. Dengan begini, Anda bisa membatasi pengeluaran yang memang sebenarnya kurang begitu penting.

Sering Berutang

Lembaga keuangan maupun platform penyedia pinjaman dana kini sudah banyak tersedia, hadir di mana-mana, dan mudah diakses oleh semua orang. Bahkan karena begitu mudahnya dilakukan, semakin banyak orang terjebak utang. Kemudahan memperoleh pinjaman dana memang bermanfaat jika Anda ingin mewujudkan sesuatu atau memulai suatu usaha, tapi yang terpenting adalah bisa mengembalikan pinjaman dana tersebut beserta bunganya (jika ada).

Bukan berarti berutang itu tidak boleh, tetapi lakukan secara bijak. Selain harus membayar cicilan tepat waktu, sebaiknya Anda juga membatasi total cicilan per bulan maksimal 30% dari pendapatan. Dengan demikian, kondisi keuangan Anda tidak akan terganggu.

Sindrom FoMO

Di masa sekarang, perkembangan pengetahuan serta teknologi informasi memang sangat menarik untuk diikuti. Tetapi jika Anda menganggap hal itu adalah suatu tuntutan hidup bahkan membuat Anda resah jika tidak mengikutinya, kemungkinan besar Anda memiliki sindrom FoMO.

Apa itu? Sindrom FoMo atau Fear of Missing out adalah sindrom yang membuat seseorang merasa resah jika ketinggalan tren, seperti memiliki ponsel pintar keluaran terbaru atau melakukan travelling yang menarik dan mewah. Karena hal tersebut, Anda pun akhirnya membeli gadget baru atau traveling ke luar negeri secara impulsif. Alhasil, pengeluaran pun membengkak dan kebebasan finansial makin susah diraih.

Akhir kata, mulailah introspeksi diri, yakin pada diri sendiri bahwa kebebasan finansial bisa diraih, dan hindari berbagai hal di atas. Lakukan secara konsisten dan kebebasan finansial pun dapat Anda raih!

Lebih lanjut: “Terjerat Masalah Keuangan? Mungkin Anda kena FoMO”


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply