Ini Pentingnya Digital Marketing Untuk Bisnis yang Anda Rintis

Saat ini kita berada di zaman yang serba dimudahkan dengan keberadaan teknologi. Industri digital juga telah mempermudah penyebaran informasi ke banyak orang. Berkembangnya industri ini juga membuat istilah digital marketing menjadi populer. Memang, saat ini bisnis bisa berkembang tidak hanya disokong dengan strategi pemasaran yang konvensional saja. Maka, sebagai pelaku usaha, manfaatkanlah strategi ini untuk rencana pemasaran produk Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah usaha pemasaran yang menggunakan akses internet dan peralatan elektronik. Saat ini semua orang pastinya memiliki gawai yang dimudahkan dengan akses internet. Itulah mengapa strategi ini sangat perlu diterapkan untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Strategi ini juga bisa diterapkan dengan mudah jika Anda mau belajar. Anda dapat memulai praktik digital marketing di platform media sosial populer seperti Instagram. Selain itu, Anda juga bisa mulai belajar strategi digital marketing lainnya seperti utilisasi SEO (Search Engine Optimization) untuk mempromosikan produk Anda.

Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis yang Baru Dirintis

Sebagai pelaku usaha yang baru merintis bisnis, Anda perlu tahu pentingnya mengutilisasi digital marketing untuk memasarkan produk Anda. Berikut ulasannya:

Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif

Tentunya Anda mengetahui bahwa proses pemasaran konvensional memerlukan banyak tenaga dan biaya. Membuat dan mengedarkan brosur, memasang billboard di jalan, hingga menaruh iklan di koran merupakan contoh-contoh strategi pemasaran konvensional yang paling sering dilakukan. Strategi-strategi tersebut kini sudah tidak efektif, karena selain mahal, masyarakat sudah beralih untuk hidup praktis dengan teknologi digital.

Pemasaran menggunakan strategi ini bisa dilakukan melalui media sosial. Anda hanya perlu menyiapkan akun media sosial untuk produk yang ingin dipasarkan. Setelah memiliki akun, Anda hanya perlu menyiapkan konten-konten yang menarik untuk menggaet calon pelanggan.

Strategi digital marketing bisa Anda gunakan untuk meningkatkan skala bisnis, lho! Mengapa Anda harus meningkatkan skala bisnis? Simak alasannya di sini!

Lebih Mudah Terhubung dengan Konsumen

Berkembangnya era digital juga memudahkan para pebisnis untuk terhubung dengan konsumen. Contohnya, saat memasarkan produk lewat media sosial, konsumen bisa langsung berinteraksi dengan Anda. Interaksi baik Anda dengan para konsumen akan membuat mereka merasa lebih dihargai dan tentunya semakin tertarik memebeli produk yang Anda tawarkan. Kemudahan tersebut juga akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen.  

Memperluas Target Pasar

Salah satu kelebihan dari menggunakan strategi digital marketing yaitu Anda bisa memperluas target pasar. Anda dapat mengatasi keterbatasan jarak fisik dengan konsumen melalui pemasaran dengan strategi ini. Luasnya target pasar tentu akan memberikan keuntungan yang semakin besar.

Nah, setelah mengetahui pentingnya digital marketing untuk bisnis yang baru dirintis di atas, apakah Anda sudah siap untuk menerapkannya?

Walaupun digital marketing kini populer, Anda juga tidak boleh meninggalkan pemasaran secara offline, lho! Mengapa? Simak ulasannya di artikel ini: “Pentingnya Offline Marketing di Tengah Pusaran Bisnis Digital”


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply