4 Cara Ampuh Mengubah Hobi Jadi Bisnis Bercuan

Para pebisnis sukses sering mengatakan hal yang sama tentang tips untuk memulai bisnis, yakni mulailah dengan hal yang Anda sukai. Maka, tidak heran ada banyak orang sukses berbisnis karena menekuni hobi. Jika Anda juga ingin mengubah hobi jadi bisnis, maka ikutilah jejak mereka-mereka ini.

Untuk itu, Modalku telah merangkum beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mulai mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Mari simak!

Pilih hobi dengan nilai jual

Mungkin Anda memiliki segudang hobi, namun mungkin tidak semuanya dapat dijadikan bisnis. Pilihlah hobi yang paling memiliki nilai jual baik. Kemudian, teliti lebih jauh apakah Anda dapat menjawab kebutuhan pasar dengan hobi tersebut. Pahami juga potensi hobi yang Anda miliki. Hal ini akan mempermudah Anda jika ternyata hobi Anda memiliki cakupan pasar yang luas.

Contohnya, jika Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa memproyeksikannya di berbagai bidang, seperti fotografi event hingga fotografi berkonsep. Anda juga harus menentukan gaya foto, alat, hingga performa editing yang akan menjadi ciri khas Anda.

Banyak pengusaha sukses yang sudah berbisnis sejak masih berstatus mahasiswa. Ingin mengikuti langkah mereka? Simak ide bisnis yang bisa Anda lakukan di sini!

Amati calon kompetitor

Mengubah hobi jadi bisnis memerlukan kemampuan analisis yang tinggi. Pasalnya, Anda harus mengamati calon kompetitor yang sudah lebih dulu melakukan ide bisnis tersebut. Untuk memilainyan, pelajarilah mekanisme kerja, alat yang dipakai, dan target pasar pada bisnis kompetitor. Temukan kelebihan serta kekurangannya agar Anda dapat menyediakan barang atau jasa yang lebih baik.

Jangan pilih sembarang kompetitor untuk diamati. Pilihlah yang memulai bisnis dari hobi dan sudah cukup stabil dalam menjalankan bisnisnya. Jadikan kompetitor Anda sebagai tolak ukur untuk menjadikan ide bisnis Anda lebih baik lagi.

Buatlah rencana yang matang

Ketika ingin memulai segala jenis bisnis, perencanaan adalah salah satu kunci kesuksesan. Tentukan milestone yang ingin dicapai serta rincikan hal-hal yang dibutuhkan. Hitung dan periksa secara seksama perkiraan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis Anda. Selanjutnya, tentukan target konsumen yang paling membutuhkan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Pertimbangkan pula hambatan-hambatan yang mungkin akan Anda hadapi selama persiapan memulai hingga pengoperasian peluang bisnis ini. Siapkan opsi-opsi solusi yang bisa Anda jadikan langkah preventif untuk membantu Anda menghadapi kesulitan di masa depan. Perencanaan yang matang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka, jangan terburu-buru saat menyiapkan rencana bisnis Anda.

Ramadan memang bulan penuh berkah, raih berkah tersebut dengan memulai bisnis mikro. Pelajari lebih lanjut di sini!

Siapkan diri untuk bersaing

Bukan tidak mungkin kalau ternyata hobi yang Anda miliki sudah dijadikan ladang usaha oleh pebisnis lain. Sehingga, siapkanlah mental bersaing sehat dalam berbisnis.

Lagi, salah satu persiapan diri yang dapat Anda lakukan adalah membaca kebutuhan dan tren pasar. Tujuannya adalah agar barang atau jasa yang Anda tawarkan dapat hadir lebih inovatif dan digemari konsumen. Berarti, Anda perlu mengetahui preferensi konsumen dan sediakanlah barang atau jasa yang berkualitas. Selanjutnya, tentukan skala bisnis, agar Anda tidak menjalankan bisnis yang belum mampu Anda jalani secara performa hingga finansial.


Berbisnis dari hobi adalah cara menyenangkan untuk menghasilkan uang. Pasalnya, Anda bisa melakukan hal yang Anda sukai sambil mendapatkan pendapatan. Maka, jika Anda sudah siap, jangan ragu untuk mulai jadikan hobi Anda sebagai bisnis!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply