Cara Manajemen Bisnis yang Masih Baru Dirintis

Manajemen bisnis adalah alat untuk mencapai keuntungan dalam berbisnis. Bagi Anda yang sedang merintis usaha, manajemen bisnis merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan dengan baik. Modalku telah merangkum lima cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk merancang manajemen bisnis. Yuk, simak ulasannya!

Buatlah business model canvas

Sebelum memulai bisnis, Anda harus merancang Business Model Canvas (BMC) yang mencakup segala rincian bisnis yang akan Anda rintis. BMC terdiri dari 9 segmen, yaitu customer segments, value proposition, channels, revenue streams, key resource, customer relationship, key activities, key partnership, dan cost structure.

Kesembilan segmen ini menjelaskan target pelanggan sebuah bisnis, keunggulan produk/jasa yang ditawarkan, cara distribusi, sumber pendapatan, sumber daya yang dipakai, cara komunikasi dengan pelanggan, aktivitas bisnis, partnership, dan juga struktur keuangan sebuah usaha. BMC akan memudahkan Anda untuk mengatur pembagian tugas, karena setiap bagian penting dalam manajemen sudah tersegmen dengan jelas.

Anda harus banyak melakukan riset agar bisnis yang dirintis bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan. BMC akan membantu Anda menemukan strategi bisnis yang tepat sehingga bisnis Anda dapat bertahan bahkan unggul di antara para kompetitor.

Selain merancang manajemen bisnis yang baik, Anda juga harus menjadi pemimpin yang baik bagi karyawan Anda! Simak cara-cara ampuhnya di artikel ini: “Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjadi Pemimpin yang Baik”

Mempersiapkan dana

Jika BMC merupakan fondasi manajemen usaha, maka dana usaha adalah tiang yang menopang sebuah bisnis. Saat awal dibuka, bisnis belum bisa menghasilkan revenue. Maka dari itu, diperlukan modal dalam jumlah yang cukup besar untuk membayar kebutuhan mulai dari sewa tempat, gaji karyawan, dan biaya operasional lainnya.

Modal bisa datang dari tabungan pribadi Anda sebagai bentuk investasi. Namun, tidak dianjurkan untuk menanamkan seluruh tabungan Anda sebagai suntikan dana usaha. Akan lebih mudah jika Anda mencari bantuan investor atau mitra kerja yang dapat memenuhi kebutuhan modal usaha. Selain itu, mitra usaha juga dapat membantu proses pengambilan keputusan jika terjadi masalah yang harus segera ditangani.

Tidak mudah untuk mendapatkan investor yang siap menanamkan modal pada usaha Anda. Saat ini, terdapat berbagai institusi keuangan yang dapat memberikan pinjaman dana usaha pada pelaku bisnis, mulai dari lembaga perbankan hingga layanan FinTech seperti Modalku. Modalku hadir dengan layanan peer to peer lending yang menghubungkan calon investor dengan peminjam yang sedang membutuhkan modal usaha.

Delegasi tugas ke karyawan

Manajemen usaha yang berhasil adalah cerminan keberhasilan kerjasama dengan karyawan. Akan sulit bagi Anda jika semua urusan manajemen usaha dilakukan sendirian, mulai dari urusan finansial hingga operasional. Maka dari itu, Anda membutuhkan tenaga kerja berkualitas dan terpercaya yang dapat membantu Anda mengoperasikan bisnis.

Menemukan karyawan yang baik tidaklah mudah. Anda harus cermat dalam menyeleksi calon karyawan potensial. Jika sudah menemukan karyawan berkualitas dan terpercaya, jangan lupa bekali dengan SOP bisnis untuk membantu mereka dalam menjalankan pekerjaan dengan baik. Selain membantu karyawan, SOP juga berfungsi untuk menerapkan standar kualitas pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Hindari micromanaging para karyawan Anda. Micromanaging adalah tindakan di mana setiap gerak-gerik dan cara kerja karyawan diawasi dan diatur. Hal ini dapat menghambat kinerja para karyawan dan membuat manajemen bisnis tidak efektif. Delegasikan tugas pada karyawan dan Anda akan melihat bisnis semakin berkembang.

Strategi marketing yang efektif

Strategi marketing yang efektif akan meningkatkan brand awareness produk/jasa yang Anda tawarkan. Posisikan diri Anda sebagai customer dan analisis perkembangan tren. Sesuaikan juga strategi marketing Anda dengan target customer dan kebutuhan pasar, jangan sampai malah berimbas buruk bagi bisnis.

Terapkan prinsip marketing mix 7P yang mencakup price, place, product, promotion, people, physical product, dan process. Prinsip-prinsip ini akan memudahkan Anda dalam membuat strategi marketing yang efektif untuk kesuksesan penjualan. Manfaatkan juga teknologi dan sosial media yang kini sedang populer.

Merasa strategi pemasaran Anda selama ini belum optimal? Mungkin analisis Anda masih meleset. Cari tahu kiat-kiatnya di artikel ini: “Inilah Cara Menganalisis Situasi Pasar Untuk Bisnis Optimal”

Sosial media bisa dijadikan media marketing sekaligus media komunikasi dengan pelanggan. Strategi digital marketing ini bisa Anda sesuaikan dengan brand image, product concept, target market, serta budget yang Anda keluarkan. Jangan sembarangan memiliki marketing tool, pastikan strategi marketing yang Anda gunakan sudah pas dengan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Kembangkan bisnis

Terakhir, saatnya Anda bersiap untuk mengembangkan bisnis ke tahap selanjutnya. Manajemen usaha yang efektif memerlukan critical thinking agar bisa menemukan kelemahan dan kelebihan sebuah bisnis. Dari kelemahan dan kelebihan tersebut, Anda dapat memodifikasi bisnis yang telah dirintis menjadi lebih modern.

Contohnya, Anda bisa menambahkan jenis produk/jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Apabila bisnis Anda memiliki kekurangan dari segi kualitas produk, saatnya mengganti vendor dan meluncurkan produk dengan formula yang lebih baik lagi. Bisnis yang berkembang mengikuti perubahan zaman merupakan kunci dari manajemen usaha yang sukses meraup keuntungan.


Dari 5 cara manajemen bisnis yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira mana saja yang sudah Anda lakukan? Jika masih ada langkah yang tertinggal, ini kesempatan Anda untuk memperbaiki manajemen bisnis yang baru atau telah Anda rintis. Atasi juga permasalahan modal usaha Anda dengan Modalku yang menawarkan jasa pinjaman bersifat crowdfunding.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply