Cara Investasi yang Benar dan Menguntungkan

Investasi jadi salah satu solusi untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil dalam jangka waktu yang cukup panjang. Investasi jadi penting karena menjadi sumber pemasukan yang membantu Anda menghadapi perubahan ekonomi yang datang tiba-tiba. Dengan mengetahui cara investasi yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan keuntungan finansial Anda.

Berikut ini adalah ulasan beberapa cara investasi yang dapat Anda lakukan, selamat menyimak!

Cara Investasi Emas

Mengapa emas? Logam mulia dengan nilai tinggi ini memiliki likuiditas yang paling tinggi setelah uang tunai dan tabungan. Tidak mengherankan jika emas merupakan objek investasi yang berisiko minim. Apalagi nilai jual emas sekarang cenderung mengalami peningkatan.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah membeli emas dan menjual kembali emas simpanan tersebut jika membutuhkan dana. Untuk membeli emas, Anda dapat melakukannya dengan cara mencicil. Dalam jangka waktu yang panjang, emas yang Anda miliki akan menjadi aset investasi yang bernilai tinggi. Hal yang perlu diperhatikan saat membeli emas adalah memastikan keasliannya. Anda harus membeli di toko emas terpercaya serta pastikan Anda mendapatkan dokumen khusus yang menyatakan keaslian emas tersebut. Sementara untuk penyimpanannya, sebaiknya Anda memanfaatkan deposit box yang disediakan bank agar emas Anda tersimpan aman.

Anda juga dapat berinvestasi emas dengan membeli sertifikat emas yang ditawarkan beberapa bank jika Anda tidak berminat dengan emas fisik. Jika memilih jenis investasi ini, Anda akan memiliki deposito atau tabungan emas di bank pilihan yang nilai saldonya disesuaikan dengan harga emas yang berlaku. Selain sertifikat bank, investasi emas juga dapat dilakukan secara online dengan prosedur yang mirip dengan bank. Lagi, Anda harus memastikan penyedia investasi emas online yang Anda pilih aman dan terpercaya.

Harga emas memang bisa naik secara tiba-tiba. Mengapa demikian? Simak ulasannya di sini!

Cara Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana secara ringkas adalah menyebar investasi dengan memanfaatkan instrumen-instrumen investasi yang ada. Investasi yang satu ini menjadi sangat populer karena bunga yang ditawarkan lebih tinggi dari tabungan dan giro. Jika Anda memiliki rencana finansial jangka panjang, reksa dana merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan modal investasi yang kecil serta likuiditas yang cukup tinggi, investasi jangka panjang ini bisa sangat menguntungkan.

Seperti investasi-investasi lainnya yang pasti memiliki risiko, investasi reksa dana juga demikian. Risikonya termasuk tinggi karena keuntungan investasi bergantung penuh pada pengelola dana dan kecakapan Anda sebagai investor dalam memilih waktu penarikan dana.

Bagi Anda yang masih awam dengan cara investasi reksadana, pastikan Anda belajar terlebih dahulu tentang investasi ini sekaligus instrumen-instrumen yang digunakan. Jika akan berinvestasi, pilih tempat investasi yang terjamin seperti bank. Anda dapat memeriksa identitas, legalitas, serta reputasi lembaga investasi tersebut di Bapepam. Hindari berinvestasi reksa dana di perusahaan atau lembaga kecil yang belum memiliki reputasi.

Cara Investasi Tabungan Bank

Jika Anda ingin memulai berinvestasi dengan langkah-langkah aman, maka Anda dapat memanfaatkan tabungan bank. Dengan risiko yang terbilang minim, Anda yang tidak ingin menanggung risiko tinggi akan cocok dengan cara ini. Pastikan Anda memakai jasa bank-bank besar berskala nasional dengan reputasi dan rekam jejak yang baik. Selain menabung, Anda juga dapat mempertimbangkan deposito yang memiliki bunga yang lebih tinggi, namun dana tidak dapat ditarik jika belum jatuh tempo.

Setelah membaca cara investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, mulailah segera. Tidak ada kata terlalu muda untuk memulai langkah-langkah investasi di atas. Semakin dini melakukan investasi, semakin besar keuntungan yang didapat untuk menyiapkan kestabilan finansial Anda di masa-masa yang akan datang.

Setelah mengetahui cara investasi, yuk, pelajari juga produk-produk investasi yang membawa untung! Klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply