Investasi Online: Cara Investasi yang Praktis dan Kekinian

Banyak perubahan yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi, tidak terkecuali investasi. Jika dulu investasi dilakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas, kini Anda bisa melakukan investasi secara online. Dengan bantuan aplikasi terkini, proses investasi dapat berjalan lebih mudah. Hal inilah yang membuat investasi online menjadi sangat praktis sekaligus kekinian.

Perubahan cara investasi ini tentu membawa manfaat bagi banyak orang. Terutama karena prosesnya yang tidak merepotkan. Namun, tidak sedikit pula orang yang masih enggan melakukan investasi online karena takut dengan risikonya. Jangan khawatir, Anda hanya perlu menemukan penyedia investasi online yang aman dan terpercaya.

Memilih Instrumen Investasi Online

Dengan dukungan teknologi saat ini, pilihan instrumen investasi online  jadi makin beragam. Berikut beberapa di antaranya:

  • Alternatif investasi online P2P lending

Peer-to-Peer (P2P) lending adalah praktik meminjam dan memberikan pinjaman secara online melalui sebuah wadah yang disebut online marketplace. P2P lending dapat menjadi pilihan alternatif investasi bagi mereka yang memberikan pinjaman, sebab mereka menerima pengembalian dalam bentuk pokok dan bunga pinjaman. Saat ini sudah banyak platform P2P lending yang terpercaya, seperti Modalku. Alternatif investasi online P2P lending juga menawarkan return yang menarik. Modalku misalnya, menawarkan tingkat pengembalian hingga 20% per tahun.

Lebih lanjut: “Panduan Kilat dan Lengkap tentang P2P Lending” dan “Penasaran dengan Dunia Crowdfunding dan P2P Lending? Inilah Berbagai Istilah yang Perlu Anda Tahu”

  • Saham

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu perusahaan yang telah go public. Instrumen investasi satu ini kini bisa Anda lakukan secara online. Keuntungan yang ditawarkan juga terbilang cukup besar.

  • Emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Logam berharga ini menarik untuk dipilih karena nilainya yang tahan terhadap inflasi. Emas pun bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang diterima di seluruh dunia. Saat ini, investasi emas online sudah banyak ditawarkan oleh berbagai platform.

  • Reksadana

Belakangan, reputasi reksadana semakin tinggi. Hadir sebagai sarana yang berfungsi mengumpulkan dana dari para investor untuk dikelola oleh manajer investasi, kini reksadana menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih. Platform reksadana online juga sudah banyak tersedia, sehingga Anda tidak perlu lagi mendatangi manajer investasi secara langsung.

Investasi Online Juga Tak Kalah Aman

Anda mungkin sempat berpendapat bahwa investasi konvensional adalah jenis investasi yang paling aman. Padahal belum tentu demikian. Ada investasi online yang sudah terpercaya dan sebaliknya, ada pula investasi konvensional yang tidak aman.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan legalitas lembaga yang memasarkan atau menjual instrumen tersebut. Sudahkah lembaga tersebut terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana testimoni orang yang menggunakannya? Semuanya harus Anda pahami dengan baik sebelum memilih instrumen investasi.

Meskipun tergolong baru, investasi online dan alternatif investasi digital pun telah meningkatkan keamanannya agar layak dipertimbangkan oleh masyarakat. Sebagai salah satu alternatif investasi online, Modalku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Keamanan platform Modalku juga tinggi, karena Modalku memiliki perjanjian kustodian dengan Bank Sinarmas. Dana Anda tidak masuk ke rekening pribadi Modalku, melainkan ada di pihak ketiga yaitu Bank Sinarmas. Hal ini dilakukan sebagai bentuk transparansi dan perlindungan konsumen, agar uang pengguna Modalku tidak disalahgunakan platform.

Lebih lanjut: “Modalku Resmi Terdaftar dan Diawasi oleh OJK” dan “Modalku dan Keamanan Data Anda”


Apabila Anda menginginkan cara investasi yang mudah dan praktis, maka Anda bisa mencoba alternatif investasi online. Selain mudah dan praktis, alternatif investasi online berpotensi menguntungkan. Selalu gunakan alternatif investasi online yang terpercaya dan aman.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply