Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjadi Pemimpin Yang Baik

Sebelum menjadi pemimpin untuk orang lain, sebenarnya tiap-tiap orang harus menjadi pemimpin terhadap diri sendiri. Jika sudah mampu memimpin diri kita sendiri dengan baik, maka tidak akan terlalu sulit untuk memimpin orang lain. Kemampuan ini pun tidak datang secara tiba-tiba. Pemimpin yang baik hadir melalui proses panjang yang mengutamakan kedisiplinan dalam melatih diri.  

Lalu, latihan apa saja yang perlu dilakukan seseorang untuk menjadikan dirinya pemimpin yang baik? Artikel ini merangkum lima yang dapat Anda lakukan untuk melatih diri, selamat membaca!

Menjaga Perilaku

Sebuah kutipan terkenal dari film The Kingsman: Secret Service, “Manner Maketh Man” atau “Perilaku membentuk seseorang”, menjadi pengingat agar kita selalu menjaga perilaku di mana pun dan di situasi apa pun.  Pemimpin yang baik juga menanamkan nilai-nilai yang positif dalam hidupnya, seperti mengutamakan kejujuran, bertanggung jawab, disiplin, dan berani.

Teguh pada Ucapan

Ciri lain dari seorang pemimpin yang baik adalah ia  mampu mempertanggung jawabkan apa yang diucapkannya. Ia konsisten dalam menjaga perkataaan dan janji-janjinya.  

Dengan menjadi teguh dan berkomitmen dengan apa yang Anda ucapkan, Anda pun menjadi contoh yang baik bagi orang-orang di sekitar Anda. Berikanlah contoh yang baik dengan mewujudkan ucapan Anda dengan tindakan nyata.

Oleh karena itu, ada pepatah lainnya yang patut Anda ingat dengan baik, yaitu “Talk is cheap, actions speak”. Semua orang bisa berkata dan menasehati orang lain tetapi apakah ia mampu menjalankannya dengan baik? Tidak semua bisa. Namun, pemimpin yang baik pasti akan berusaha untuk mewujudkannya.  

Seorang pemimpin juga harus mampu mendelegasikan tugas dengan baik. Berikut adalah cara-cara efektifnya!

Posisikan Diri Sebagai Pemimpin, Bukan Bos

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu menciptakan pemimpin lainnya. Oleh sebab itu, tanamkan pola pikir bahwa Anda adalah pemimpin sebelum Anda adalah bos. Bos hanya berfokus pada tercapainya sebuah tujuan, Ia tidak terlalu peduli dengan proses yang harus dilalui untuk mencapainya. Seorang pemimpin akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai tujuan dengan proses yang baik.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mengajarkan yang dipimpin untuk mampu mengerjakan pekerjaan mereka secara mandiri. Ia memberikan pengertian dan membantu jika rekannya mengalami kesulitan.

Lebih dari itu, pemimpin yang baik adalah mereka yang mendengarkan dengan baik. Mereka tidak mengutamakan pendapat sendiri dan tetap mau mendengarkankan opini dari orang-orang disekitarnya. Ia merasa tetap butuh masukan dan berdiskusi dengan yang lain. Tentunya, ia pun menerima kritik dan saran atas performanya demi terwujudnya kepentingan Bersama.

Karenanya, pemimpin yang baik selalu disukai oleh yang dipimpin. Ia mendapatkan rasa hormat tanpa memaksa. Mereka yang dipimpin pun akan bangga dan senang memiliki pemimpin seperti ini, sebab peran mereka diperhitungkan dan selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

Menerima dan Mengakui Kesalahan

Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti pernah melakukan kesalahan, begitu pun seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah ia yang mengakui kesalahannya dan berusaha untuk memperbaikinya. Ia tidak berusaha menutup-nutupi kesalahannya dan berusaha terlihat sempurna.

Mengakui kesalahan yang diperbuat bukanlah hal yang mudah, maka pemimpin yang menerima kenyataan bahwa Ia salah adalah pemimpin yang kuat. Di samping itu, menerima kesalahan yang Anda buat pun menjadikan Anda orang yang jujur, setidaknya terhadap diri sendiri.

Bingung kenapa bisnis Anda sulit berkembang? Mungkin Anda perlu mengevaluasi struktur usaha Anda. Ingin tahu lebih jauh? Simak ulasannya di artikel ini: “Lambungkan Bisnis dengan Struktur Manajemen Usaha yang Efektif”

Tidak Lupa Memberikan Apresiasi

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu menghargai dan mengapresiasi hasil kerja keras orang lain. Terlepas dari maksimal atau tidaknya hasil kerja seseorang, yang paling penting adalah mereka sudah melakukan tanggung jawab dengan baik dan sepenuh hati. Hal tersebut penting untuk diapresiasi. Kalau pun masih ada kekurangan, Anda bisa memberikan kritik dan saran yang membangun.  

Apresiasi hasil kerja akan mendorong mereka yang Anda pimpin untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Apresiasi yang Anda berikan pun dapat membuat seseorang bertahan di perusahaan karena tidak sedikit juga yang memilih pindah kantor karena minimnya apresiasi yang diterima.

Demikian hal-hal yang bisa Anda lakukan supaya menjadi pemimpin yang baik. Apakah ada beberapa di antaranya sudah Anda lakukan sekarang? Apakah ada yang sulit untuk Anda lakukan? Jangan menyerah, Anda pasti bisa menjadi pemimpin yang baik jika Anda terus berusaha!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply