3 Ide Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa

Berbisnis bisa dimulai sejak dini tanpa perlu menunggu lama, terutama bagi mahasiswa yang masih aktif berkuliah. Anda yang masih berstatus mahasiswa dapat melakukan bisnis sampingan yang dapat menjadi penghasilan tambahan. Penghasilan ini berguna untuk membantu biaya kuliah, biaya buku, atau biaya lainnya yang dibutuhkan selama Anda masih berkuliah. Tidak perlu melakukan bisnis yang terlalu rumit, ide bisnis untuk mahasiswa dapat dieksekusi praktis secara online.

Ada banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dilakukan hanya dengan bantuan koneksi internet dan aplikasi mobile di smartphone. Modalku telah mengulas ide bisnis online yang paling cocok untuk dilakukan oleh para mahasiswa. Ide-ide bisnis ini tidak akan mengganggu proses perkuliahan jika Anda mahir mengatur waktu.

Minim modal? Yuk, coba Dropshipping!

Dropshipping termasuk bisnis online yang sedang populer dilakukan karena mudah untuk dilakukan. Bahkan, ketika merintis, pekerjaan ini hampir tidak memerlukan modal. Menarik, bukan?

Sebagai dropshipper, yang perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah mencari supplier barang yang menerima jasa dropshipping untuk menjualkan produk-produknya. Anda akan mempromosikan produk yang dijual oleh supplier dalam sistem kerja yang sudah disepakati bersama. Kesepakatan ini mencakup narasi promosi, rentang harga jual yang diperbolehkan, serta sistem komunikasi. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu memasok hingga mengirim produk karena ini adalah tugas sang supplier. Anda cukup menjual, memberikan data pembeli, serta menerima pembayaran. Dengan memanfaatkan media sosial, gawai, dan paket internet, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Ingin punya sedikit tantangan? Menjadi reseller cocok untuk Anda!

Beda halnya dengan dropshipping, sebagai reseller, Anda harus membeli dari supplier dan memiliki jumlah stock produk tertentu. Kemudian, Anda akan menjual kembali produk-produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

Punya hobi produktif? Jangan ragu untuk jadikan hobi tersebut sumber pemasukan tambahan! Kunjungi artikel ini untuk ulasan menariknya!

Dari penjelasan di atas, Anda akan memerlukan modal awal sebelum menjadi reseller. Kabar baiknya, Anda dapat mengambil produk dalam jumlah kecil dengan modal yang tidak begitu tinggi untuk memulai bisnis di paruh pertama. Setelah berhasil menjual beberapa produk, barulah Anda akan mendapatkan profit. Profit ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah produk yang akan Anda pasok. Jangan lupa manfaatkan lapak-lapak online untuk menarik lebih banyak konsumen, ya!

Bisnis praktis dengan buka jasa PPOB

PPOB (Payment Point Online Bank)  sejatinya adalah layanan pembayaran secara online. Pekerjaan ini menawarkan jasa pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti listrik, telepon, air, pulsa, paket internet, bahkan zakat hingga top up dompet online. Manfaatkanlah aplikasi-aplikasi pembayaran online sebagai medium Anda dalam menjalankan bisnis PPOB. Sisihkan juga modal awal untuk melakukan pembayaran dimuka jika diperlukan. Lalu, agar semakin memudahkan calon konsumen yang akan memakai layanan pembayaran online Anda, berikan beberapa opsi pembayaran jarak jauh.

Anda mahasiswa yang sudah memiliki bisnis? Kembangkan bisnis Anda untuk raih keuntungan lebih! Klik di sini untuk cara ampuhnya!


Sebelum memulai bisnis-bisnis online yang sudah disarankan di atas, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik. Hal-hal yang harus disiapkan adalah riset sederhana mengenai prospek bisnis yang akan dirintis. Cari tahu jenis-jenis produk yang sedang banyak dibutuhkan, relevan, dan dicari konsumen. Siapkan rencana-rencana tambahan jika terdapat halangan selama menjalankan bisnis. Selamat berbisnis online!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply