Manfaat Aplikasi Online untuk Membuat Laporan Keuangan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu mengelola keuangan dengan baik, salah satunya tercermin dari rutin membuat laporan keuangan setiap bulan. Tidak hanya penting bagi perusahaan besar, laporan keuangan yang disusun dan diperbaharui secara berkala juga penting dilakukan oleh bisnis UMKM atau usaha online.

Tidak masalah jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi, Anda pun mampu membuat laporan keuangan yang lengkap dengan menggunakan aplikasi online. Berikut ini 5 manfaat dari aplikasi laporan keuangan.

Eits tunggu dulu, meski sudah ada aplikasi online, Anda perlu tahu dasar-dasar akuntansi lho! Simak di artikel ini: “Akuntansi Dasar untuk Keuangan UKM” dan “Strategi Merapikan Keuangan Usaha Bila Tidak Mengerti Akuntasi”

Mudah dan Aman Digunakan

Tidak perlu pusing membuat tabel secara manual atau mencari kalkulator untuk menghitung keuangan bisnis Anda, Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk mencatat keuangan sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan bisnis. Cukup ketik saja transaksi keuangan yang sudah dilaksanakan, biarkan sistem yang menyusunnya menjadi sebuah laporan keuangan.

Jika biasanya laporan keuangan identik dengan proses yang ribet dan dipenuhi rumus-rumus matematika, beda halnya bila Anda menggunakan aplikasi online. Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa menggunakannya. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan fitur di mana laporan keuangan bisa diakses secara offline. 

Keamanannya juga terjamin karena berbasis cloud dan dilengkapi dengan enkripsi. Karena hanya Anda yang bisa mengakses laporan keuangan tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir ketika harus mengunggah dokumen-dokumen atau bukti transaksi yang sifatnya rahasia.

Lihat juga: “5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Online”

Membuat Laporan Keuangan Jadi Lebih Rinci tanpa Error

Untuk dapat membuat laporan keuangan, dibutuhkan kemampuan berhitung dan ketelitian yang baik. Jika ada kesalahan ketika mencatat transaksi, baik kecil maupun besar, akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir laporan keuangan yang menjadi acuan bagi Anda untuk melihat perkembangan bisnis. Maka dari itu, ada baiknya untuk beralih ke aplikasi online yang memiliki algoritma yang sesuai dengan standar akuntansi terkini.

Aplikasi keuangan yang Anda gunakan akan mencatat laporan keuangan yang lebih transparan. Dari sana, Anda akan melihat berapa besar aset yang dimiliki, hutang yang harus dibayar, dan laporan laba rugi perusahaan. Aplikasi keuangan ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya, seperti sortir berdasarkan periode atau jenis transaksi. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi terkait keuangan perusahaan dalam hitungan detik.

Dapat Diakses Real Time

Dikarenakan seluruh data keuangan disimpan dalam cloud, maka Anda bisa mengaksesnya dalam perangkat apapun, mulai dari smartphone hingga tablet. Ketika Anda perlu melihat kondisi keuangan perusahaan secara mendadak, tinggal ambil smartphone Anda dan buka aplikasi online. Hal yang sama juga bisa dilakukan saat Anda berada jauh dari toko dan harus memperbaharui laporan keuangan. 

Manfaat ini akan menjadi sangat krusial bila Anda sedang bingung dalam mengambil keputusan bisnis. Terlebih lagi, laporan keuangan kini bisa diakses secara real time sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Sistem Otomatis yang Hemat Waktu

Waktu yang biasanya terbuang untuk merekap transaksi dan menyusun laporan keuangan bisa Anda alokasikan untuk mengurus operasional bisnis. Aplikasi online sudah menyediakan template dan format untuk membantu Anda. Selebihnya, laporan keuangan juga bisa Anda custom dengan logo perusahaan, kop, dan elemen lainnya.

Beberapa aplikasi pun menghadirkan fitur otomatis lainnya, seperti pengiriman invoice secara langsung ke pelanggan. Jadi, tidak ada lagi waktu lembur hanya untuk mengerjakan laporan keuangan bulanan atau tahunan, semua sudah bisa diselesaikan dengan aplikasi.

Bisa Mengetahui Kapan Butuh Pinjaman Modal Pengembangan Usaha

Tanpa menggunakan aplikasi online, akan sulit untuk bisa mengecek jumlah uang yang dimiliki perusahaan. Masalah ini cukup umum, namun seringkali diabaikan. Padahal ada kasus di mana sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat baru menyadari bahwa keuangan mereka berada di ujung tanduk setelah laporan keuangan mereka diterbitkan dan, sudah terlambat bagi mereka untuk menyelamatkan perusahaan.

Inilah salah satu manfaat utama dari menggunakan aplikasi online untuk membuat laporan keuangan. Anda akan segera diberitahu kapan Anda harus mengajukan pinjaman modal yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja untuk mengembangkan usaha.

Dengan aplikasi akuntansi online, arus kas usaha Anda akan selalu terkontrol. Ini akan mempermudah pengajuan pinjaman usaha Anda.

Aplikasi online tidak hanya digunakan untuk menyusun laporan keuangan saja, tetapi ada juga aplikasi yang digunakan untuk pengajuan pinjaman online, salah satunya adalah Modalku. Aplikasi pinjaman usaha online yang aman untuk Anda, tanpa aguna jaminan dan tanpa persyaratan yang rumit,

Bila Anda sedang membutuhkan tambahan modal usaha online, segera klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply