Cara Pasang Iklan Gratis untuk Promosi Bisnis Online

Promosi intensif sangat dibutuhkan buat Anda yang baru terjun di bisnis online. Metode pasang iklan gratis di internet jadi salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk mempromosikan bisnis agar semakin dikenal luas. Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran dengan cara pasang iklan gratis ini dilakukan seluruhnya lewat daring, artinya bisa dilakukan dengan mudah, di mana saja dan kapan saja, termasuk bagi mereka yang masih pemula dan baru masuk ke bisnis online.

Strategi pemasaran online bisa dikatakan gratis karena yang dibutuhkan hanya peralatan gadget dan tentunya koneksi internet. Lalu, apa saja strategi pasang iklan gratis yang bisa Anda coba terapkan untuk mempromosikan bisnis online? Berikut beberapa cara pasang iklan gratis yang bisa dicoba.

Ingin tahu langkah pemasaran bisnis online Anda? Klik di sini!

Video Marketing

Saat ini, video marketing seringkali dipakai sebagai media promosi yang efektif. Ini karena penyampaian informasi lewat konten video bisa membuat viewers lebih mudah untuk menangkap isi konten yang disampaikan. Anda bisa membuat video menarik dan menyisipkan pesan-pesan marketing terkait produk atau jasa yang kamu jual dan mengunggahnya di berbagai kanal, sebut saja Youtube.

Pesan iklan dalam video terbilang efektif dan murah meriah. Bagi seorang pemula, pembuatan video juga semakin mudah dilakukan lewat berbagai fitur aplikasi gratis pembuatan video yang bisa diunduh di aplikasi smartphone. Sebaiknya, buat video dibuat singkat. Ini sangat membantu menarik viewers karena mereka cenderung menyukai video dengan durasi pendek kurang dari 20 detik. 

Posting di Facebook

Posting di media sosial adalah salah satu cara paling efektif dalam strategi pemasaran minim biaya. Hampir semua orang kini memiliki akun di Facebook, tak jarang mereka menghabiskan waktu berlama-lama berselancar di media sosial besutan Mark Zuckerberg ini.

Sebagai cara pasang iklan gratis, Anda bisa mengunggah berbagai konten marketing di Facebook. Jika ingin lebih efektif, buat akun media sosial khusus yang aktif mempromosikan dan update informasi terbaru terkait bisnis.

Lihat juga: “5 Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil” dan “5 Panduan Media Sosial bagi UMKM”

Buat akun Instagram

Instagram telah lama terbukti sangat ampuh sebagai sarana strategi pemasaran bisnis online. Banyak pelaku usaha yang omset penjualannya naik drastis setelah sukses memasarkannya di platform Instagram.

Media sosial yang masih di bawah naungan Facebook ini sejatinya lebih menonjolkan unggahan gambar. Sedikit berbeda dengan Facebook yang bisa dikatakan akrab dengan berbagai macam unggahan, dari teks, foto, hingga video.

Instagram mempunyai kekuatan untuk menarik lebih banyak pelanggan melalui konten visual yang Anda bagikan. Ketika membuat akun Instagram baru untuk sarana promosi bisnis online, pilih nama akun yang sesuai dengan bisnis Anda. Lalu, buat deskripsi bio yang padat dan lengkap tentang bisnis yang Anda jalankan. 

Ada baiknya, menggunakan logo bisnis atau gambar apapun yang berhubungan dengan bisnis online yang sedang Anda jalankan. Konten yang menarik adalah kunci strategi pemasaran di media sosial manapun. 

Interaksi dengan Influencer

Tak bisa dipungkiri, influencer menjadi bagian dari besarnya industri marketing di media sosial sejak beberapa tahun terakhir. Dengan jumlah followers yang besar, mereka menawarkan jasa mempromosikan produk dan jasa dengan imbalan uang. 

Tarif promosi yang ditawarkan juga tergantung dari seberapa populer mereka di media sosial. Jika Anda memilih menawarkan pasang iklan gratis pada influencer, mungkin Anda keberatan membayar mahal untuk menyewa jasa mereka. Anda bisa mengakalinya dengan memilih berinteraksi dengan influencer lewat unggahan-unggahan mereka. 

Anda bisa sering-sering mengomentari posting Instagram yang mereka unggah di media sosial sembari memasarkan produk atau jasa secara tidak langsung di kolom komentar. Cara lain, Anda bisa mengajak influencer mempromosikan bisnis online dengan imbalan produk atau jasa yang Anda jual. 

Email Marketing

Email marketing bisa disebut sebagai cara tradisional mempromosikan secara gratis lewat online. Sesuai namanya, Anda harus mengirimkan email marketing ke sejumlah alamat email yang jadi sasaran pasar yang dituju. Memang tak semua pemilik email mau membuka dan membaca surat elektronik yang Anda kirim. 

Sebaiknya, hindari promosi berlebihan yang seringkali dianggap sebagai spam oleh penerima email. Tawarkan sesuatu yang benar-benar berguna untuk mereka. Untuk memaksimalkan peningkatan omset penjualan, gunakan semua metode promosi yang dibutuhkan. Dalam dunia bisnis, apalagi saat masih bersifat rintisan, perlu modal yang tak sedikit.

Sebagai informasi, pelaku usaha bisnis online bisa mengatasi masalah keterbatasan modal dengan pinjaman online landing peer-to-peer yang ada, salah satunya Modalku yang memberikan pinjaman secara online dengan proses yang cukup mudah dan cepat. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply