5 Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil

Walau sedang merintis usaha kecil, jangan anggap remeh kekuatan digital marketing. Digital marketing dapat membantu Anda di lini pemasaran produk atau jasa utama dari bisnis Anda. Apalagi, akibat digitalisasi besar-besaran, pasar tidak lagi berbentuk fisik. Calon konsumen potensial Anda kini dapat dijangkau dengan mudah memanfaatkan teknologi dan kemajuan kanal-kanal digital. Anda tinggal melakukan beberapa tips sederhana di bawah ini saja!

Riset Kompetitor

Setiap usaha akan selalu memiliki kompetitor. Walaupun ide usaha yang Anda buat terbilang baru, kebaruan tersebut tidak akan bertahan lama. Pasti akan ada pesaing-pesaing baru yang bermunculan dengan konsep serupa meski dengan kemasan yang berbeda. Maka dari itu, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang kompetitor Anda.

Riset harus Anda fokuskan pada produk dan sistem kerja pesaing yang menawarkan produk atau jasa serupa dengan bisnis Anda. Kenali juga segmentasi pasar sang kompetitor. Pertanyaan yang harus terjawab dari riset Anda adalah demografi konsumen seperti apakah yang dijadikan target dan bagaimana gaya pemasaran yang dipakai oleh kompetitor. Dalam konteks digital marketing, pastikan Anda mengecek laman media sosial kompetitor Anda juga, termasuk platform apa saja yang dipakai untuk “berjualan”.

Optimalisasi Konten Blog

Jika produk atau jasa Anda dijual secara online atau memang menyasar konsumen melalui internet, memiliki laman blog adalah strategi digital marketing yang patut dipertimbangkan. Melalui konten di blog, Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda dalam bentuk artikel-artikel menarik. Dalam mengelola blog, Anda juga tidak perlu melulu menjadikan produk Anda sebagai kebutuhan yang dicari-cari oleh konsumen. Anda juga dapat menulis konten blog yang informatif dan bermanfaat sebagai sumber bacaan yang disenangi konsumen. Inilah pentingnya digital marketing karena memungkinkan Anda memperluas jangkauan pasar produk Anda sendiri. Anda tidak akan terkurung dalam satu tempat seperti gaya pemasaran lama.

Tingkatkan Praktik SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik yang menunjukkan betapa pentingnya digital marketing. Dengan meningkatkan praktik SEO terutama untuk optimalisasi blog, produk Anda dapat menjadi yang teratas di mesin pencarian. Jika sudah menjadi yang teratas, maka tingkat visibilitas produk atau jasa Anda juga akan semakin tinggi.

Usaha kecil Anda butuh modal? Mungkin crowdfunding adalah solusinya! Ketahui lebih banyak di artikel ini!

Sajikan Konten Visual Profesional

Selain blog, Anda juga dapat mengoptimalkan media sosial untuk trategi pemasaran. Media sosial punya daya visibilitas yang sangat tinggi, artinya akan ada peluang besar produk Anda untuk dilihat oleh banyak orang. Maka dari itu, buatlah konten visual yang menarik, sehingga produk atau jasa Anda akan mendapatkan kesan yang baik di mata calon konsumen. Untuk menyajikan konten visual yang menarik dan professional, Anda perlu melakukan usaha ekstra. Anda dapat mencari inspirasi dari beberapa konten media sosial yang punya visualisasi menarik dan indah dipandang. Anda tidak perlu desain yang canggih dengan menggunakan jasa desainer grafis dengan bayaran mahal. Anda cukup memastikan foto tidak blur, rapi, dan presentable. Jika konten media sosial Anda menarik, maka bukan tidak mungkin pengikut Anda akan semakin bertambah, sehingga produk atau jasa Anda akan semakin dikenal.

Fokus pada Platform Paling Efektif

Berbicara soal media sosial dan blog, Anda harus memilih dan berfokus pada platform yang menurut Anda paling efektif dan berpengaruh pada usaha yang sedang Anda jalani. Bisa jadi, blog bukan platform yang cocok, tetapi media sosial justru lebih efektif untuk strategi pemasaran Anda atau bisa juga sebaliknya. Untuk itu, sesuaikan platform digital marketing dengan jenis pasar seperti apa yang hendak Anda jangkau.

Ingin memulai usaha tapi modal terbatas? Bisnis franchise mungkin cocok untuk Anda! Simak selengkapnya di artikel ini: “Modal Minim? Ikuti 3 Tips dan Contoh Bisnis Franchise Ini!”


Setelah Anda mengetahui platform digital yang paling efektif, maka fokuslah untuk mengolah konten produk dan usaha Anda di platform tersebut. Pelajari juga lebih jauh mengenai fitur serta fungsi optimalisasinya. Jika sudah mempraktikkannya, strategi digital marketing yang Anda lakukan akan lebih memberikan dampak baik pada usaha kecil Anda.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply