Modal Minim? Ikuti 3 Tips dan Contoh Bisnis Franchise Ini!

Kebingungan memulai bisnis dengan modal minim, beberapa pebisnis akhirnya berkecimpung di dunia franchise. Tidak sekedar modal usaha, bisnis franchise juga menawarkan biaya operasional yang minim. Tersedianya bisnis bermodal minim ini adalah kabar baik untuk Anda yang merupakan pebisnis pemula.

Walaupun bermodal minim, Anda tetap harus mempersiapkan bisnis franchise ini dengan optimal. Hal ini tentu dilakukan agar usaha Anda berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan. Berikut tips yang sudah Modalku rangkum untuk Anda yang ingin sukses berbisnis franchise!

Gunakan merek franchise yang populer

Terdapat tiga hal yang harus Anda pastikan dalam mempersiapkan bisnis franchise. Tiga hal tersebut meliputi memilih merek franchise yang sedang populer, pemilihan jenis bisnis yang mudah diaplikasikan, serta kemudahan untuk mendapatkan bahan-bahan produksi. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui merek franchise yang populer dengan juga memperhatikan kualitas dari merek tersebut. Sesuaikan juga dengan target pasar dan lokasi bisnis Anda agar operasional bisnis lebih efektif dan hemat biaya.

Di tengah mewabahnya Covid-19, rencana mudik pun harus diurungkan. Mau dibawa ke mana dananya?

Pastikan merek dagang franchise sudah terdaftar

Calon bisnis franchise yang akan Anda pilih bisa jadi sudah populer, dan modal untuk membeli hak bisnisnya juga murah. Namun, jangan cepat tergiur. Periksa merek dagang mereka terlebih dahulu apakah sudah terdaftar di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Untuk mengecek daftar merek dagang ini, Anda dapat mengunjungi tautan ini, lalu pilih menu Merek. Hal ini penting dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap risiko penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Hindari merek franchise yang tidak jelas

Masih terkait dengan isu keamanan, jangan cepat tergoda dengan harga franchise murah. Anda tidak tahu apa akibatnya pada bisnis franchise ini di masa depan. Untuk itu, hindari merek franchise yang tidak jelas kredibilitasnya. Selain memeriksa di gudang data resmi pemerintah, pastikan juga kredibilitas merek franchise dengan memeriksa di beberapa platform media sosial. Jangan sampai niat Anda untuk memperoleh keuntungan justru mendatangkan musibah.

Selain berbisnis, investasi juga bisa dilakukan dengan modal kecil. Apa saja itu? Simak ulasannya di sini!

Dengan modal yang minim serta banyak variasi merek dagang yang terkenal, Anda bisa memiliki franchise murah dengan kualitas keamanan berdagang yang terjamin pula. Berikut adalah beberapa contoh franchise kekinian yang memiliki potensi keuntungan berlimpah!

Bubble Tea

Jika Anda penggemar minuman kekinian, franchise bubble tea bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Modifikasi menu yang hadir dengan beragam varian rasa membuat minuman ini unik dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Modal awalnya juga relatif terjangkau. Beberapa franchise mematok harga paket franchise mulai darri Rp3.500.000,-. Harga minumannya pun cenderung murah sehingga dapat menarik minat lebih para pembeli.

Kopi Kekinian

Ketika membahas franchise, rasanya belum lengkap kalau tidak membahas franchise kopi kekinian. Franchise murah dengan pilihan berbagai merek dagang yang terkenal ini bisa Anda jadikan opsi untuk memulai bisnis Anda. Terlebih lagi dengan adanya tren coffee to go yang sedang marak di kalangan anak muda. Peluangnya jadi kian besar sementara modal yang perlu Anda keluarkan cukup kecil, yakni sekitar Rp 9.500.000,- per paketnya. Anda juga dapat memilih merek franchise kopi yang punya konsep unik dan lucu agar lebih menarik minat pembeli.

Crepes

Opsi ide bisnis franchise murah berikutnya adalah crepes. Dengan cara membuat yang terbilang mudah seperti kedua ide sebelumnya, bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Modal awalnya juga kecil dan tidak begitu mahal, sekitar Rp 7.500.000,- per paketnya. Keuntungan yang didapat cepat mengembalikan modal awal karena per porsi crepes dapat dijual seharga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-. Pilih franchise Crepes yang punya variasi rasa serta topping paling beragam dan disukai untuk menarik lebih banyak pembeli.


Demikian tips serta contoh bisnis franchise dengan modal minim yang dapat Anda coba lakukan. Kini, memulai usaha dengan modal kecil bukan lagi hal yang tidak mungkin dilakukan. Menarik konsumen juga lebih mudah karena merek dagang franchise yang sudah terkenal akan membantu Anda dalam mendapat kepercayaan konsumen. Tidak heran jika banyak yang akhirnya menjadi pelanggan tetap untuk produk franchise murah yang Anda miliki sendiri.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply