3 Jenis Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan

Perkembangan zaman sudah memberikan banyak opsi bagi Anda yang ingin melakukan investasi dengan modal kecil. Tidak hanya bermodal kecil, jenis-jenis investasi ini juga menawarkan regulasi dan sistem kerja yang cenderung lebih mudah. Artinya, instrumen-instrumen investasi tersebut juga cocok untuk para investor pemula.

Dari reksa dana hingga emas, Modalku telah merangkum tiga jenis investasi yang pas di kantong para investor bermodal kecil. Mari simak ulasannya!

Investasi Reksa dana

Dengan hanya bermodal Rp100.000, Anda sudah bisa memulai investasi reksa dana. Bagaimana cara kerjanya? Manajer Investasi yang bertugas untuk mengatur perputaran dana investasi Anda terlebih dahulu akan menghimpun dana dari beberapa investor. Kemudian, dana yang sudah terkumpul akan diinvestasikan ke pasar uang hingga pasar saham. Karena menggunakan jasa manajer investasi, keuntungan yang Anda peroleh nantinya akan dibagi hasil sesuai dengan regulasi yang berlaku.  

Investasi reksa dana termasuk jenis investasi yang memiliki risiko kecil. Artinya, dengan menerapkan prinsip semakin tinggi pendapatan semakin tinggi risiko, keuntungan yang Akan Anda dapatkan berjumlah relatif kecil.

Bulan Ramadan telah tiba, saatnya melihat apakah kinerja pasar modal terpengaruh. Ketahui lebih lanjut di artikel ini “Menyambut Bulan Ramadan 2020, Bagaimana Kinerja Pasar Modal?”

Investasi Emas

Selain investasi reksa dana, Anda juga dapat mencoba investasi emas. Dalam berinvestasi emas, keberuntungan Anda terletak pada harga emas yang cenderung mengalami kenaikan secara konsisten setiap tahunnya. Maka, jenis investasi ini termasuk aman dan stabil, sehingga cocok untuk investor pemula.

Investasi emas tidak hanya dapat dilakukan dengan cara manual, yakni dengan membeli emas dan menyimpannya sebagai aset di bank. Anda juga dapat membeli surat emas dari lembaga yang secara resmi memperjualbelikan emas. Tidak hanya lembaga resmi, beberapa situs marketplace juga sudah mulai menjual emas di pasar online. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan penyedia jasa penjualan emas yang Anda pilih sudah terverifikasi dan terpercaya.

Investasi emas juga cocok, lho untuk Anda yang sedang menabung dana pensiun. Simak selenkapnya di “Menyiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Emas”

Investasi P2P Lending

Belum begitu dikenal secara awam, alternatif investasi P2P lending yang menggunakan teknologi digital juga cocok untuk investor yang mengantongi modal kecil. Alternatf investasi P2P lending memanfaatkan platform online yang merupakan tempat berkumpulnya para pemberi pinjaman dan para peminjam yang membutuhkan modal. Artinya, transaksi investasi dilakukan secara online dengan beberapa regulasi tambahan untuk memastikan proses investasi berlangsung dengan aman.

Tidak hanya bermodal kecil, alternatif investasi P2P lending juga memberikan return of investment (ROA) yang relatif tinggi. Nilai keuntungannya bisa mencapai 12% hingga 20% setiap tahun. Namun demikian, Anda harus ekstra hati-hati saat berinvestasi dengan platform P2P lending. Utamakan keamanan serta kredibilitas penyedia jasa P2P lending yang Anda pilih sebelum mulai berinvestasi. Pastikan perusahaan tersebut sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK.


Berinvestasilah dengan memperhitungkan berbagai risiko. Untuk melakukannya, Anda perlu pengetahuan yang cukup, maka jangan lupa untuk melakukan riset mendalam mengenai jenis investasi yang Anda inginkan. Selalu pastikan keresmian perusahaan penyedia investasi yang Anda pilih. Jangan sampai niat Anda untuk meraih keuntungan justru mendatangkan kerugian. Selamat berinvestasi!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply