Butuh Modal Usaha? Ketahui Lebih Banyak Tentang Crowdfunding!

Semakin populer di Indonesia, crowdfunding adalah solusi baru bagi para pemilik bisnis untuk mendapatkan tambahan modal. Mulai dari bisnis kecil hingga menengah, semua dapat memanfaatkan crowdfunding. Bagi Anda pemilik bisnis UMKM yang sedang bingung mencari modal usaha, simak ulasan berikut mengenai platform alternatif investasi yang satu ini. Bisa jadi, inilah solusi yang sedang Anda tunggu-tunggu!

Apa itu crowdfunding?

Crowdfunding sebetulnya bukanlah konsep baru di dunia finansial, karena istilah ini bahkan sudah ada sejak berabad-abad lalu. Walaupun begitu, masih banyak orang dan pebisnis yang belum paham betul mengenai konsep crowdfunding.

Crowdfunding adalah sebuah metode pendanaan modal bisnis yang dilakukan oleh beberapa individu. Pendanaan modal bisnis melalui crowdfunding dinilai lebih praktis bila dibandingkan dengan bentuk pinjaman lainnya. Selain itu, jika biasanya pemilik bisnis dibuat pusing dengan bunga tinggi dari pinjaman bank, masalah ini tidak akan ditemui saat menggunakan platform crowdfunding.

Sekarang ini, sudah banyak platform online di Indonesia yang membantu para pemilik bisnis seperti UMKM dalam mengumpulkan modal usaha. Lantas, bagaimana crowdfunding bisa membantu pendanaan bisnis Anda?

Bagaimana cara kerjanya?

Langkah pertama adalah para pemilik bisnis perlu menentukan platform crowdfunding pilihan. Kunci utamanya adalah Anda harus memasarkan bisnis Anda kepada calon-calon investor. Untuk melakukannya, Anda dapat memasukkan beberapa informasi terkait bisnis dan tetapkan nominal modal yang Anda perlukan.

Dari proposal dan informasi bisnis yang tertera, saatnya bagi para investor untuk memilih. Investor yang tertarik dengan bisnis Anda berarti sudah menerima segala persyaratan yang ada dan siap untuk menanamkan modalnya. Anda hanya tinggal menunggu proses kerja sama disetujui, kemudian dana akan dicairkan.

Ingin memulai bisnis di tahun 2020? Kenali tantangannya di sini!

Dikarenakan proses crowdfunding dilakukan secara online, maka Anda perlu membuat proposal bisnis yang detail dan menarik perhatian. Cantumkan informasi seputar legalitas bisnis, operasional, jenis produk atau jasa yang dijual, dan prospek keuntungan bisnis Anda. Dengan catatan, segala informasi ini benar adanya dan tidak dilebih-lebihkan. Anda juga bisa memasukkan video, foto, dan gambar ke dalam proposal agar lebih menarik perhatian investor.

Jangan lupa untuk terus aktif mengembangkan proposal Anda dan memantau perkembangan di platform crowdfunding. Sesekali, akan ada calon investor yang menghubungi Anda untuk bertanya seputar bisnis Anda. Jawablah setiap pertanyaan dengan sopan dan jelas.

Apa kelebihan crowdfunding?

Daya tarik utama dari crowdfunding adalah cara kerjanya yang berbasis online. Selama Anda memiliki jaringan internet dan tentunya gadget, Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Artinya, Anda juga tidak perlu pergi ke beberapa lokasi untuk mengajukan dan mencairkan pinjaman. Selain hemat waktu, tentunya juga hemat energi. Beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapat dari crowdfunding adalah sebagai berikut.

1. Proses aman dan cepat

Data mengenai bisnis Anda aman terjaga, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko pembobolan data. Proses crowdfunding dan pencairan dana juga cepat. Anda tidak perlu menunggu sampai berbulan-bulan, cukup dalam hitungan hari, modal usaha pun dapat masuk ke dalam rekening Anda.

Terlebih lagi, sebagian besar platform crowdfunding sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Persyaratan dan persetujuan antara penanam modal dan pemilik bisnis juga dibuat sedemikian rupa untuk melindungi hak serta kewajiban kedua belah pihak.

2. Suku bunga stabil

Crowdfunding menetapkan suku bunga yang kompetitif, bahkan tergolong rendah bila dibandingkan dengan pinjaman bank. Suku bunga yang dikenakan per tahun juga stabil, artinya Anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan suku bunga yang tiba-tiba. Masing-masing platform crowdfunding memiliki suku bunga yang berbeda, sehingga Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu.

3. Bebas jaminan

Anda hanya memerlukan proposal dan legalitas bisnis untuk bisa menggunakan crowdfunding, sehingga Anda tidak perlu membayar uang muka ataupun jaminan. Asalkan Anda mampu membayar kembali modal yang diberikan, proses pendanaan modal bisnis pun akan tetap berjalan lancar. Maka, sesuaikanlah kemampuan bisnis Anda dengan persetujuan yang ditetapkan.

Anda baru merintis bisnis? Kenali cara manajemen bisnis yang baik agar usaha Anda sukses di sini!


Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan, berhati-hatilah dalam memilih platform crowdfunding. Pastikan platform tersebut sudah memiliki legalitas dan memiliki ketentuan yang tidak merugikan Anda sebagai pemilik bisnis. Anda bisa mempercayakan pendanaan modal bisnis kepada Modalku, platform crowdfunding yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply