Lakukan 5 Strategi Marketing ini untuk Kembangkan Bisnis!

Bisnis tidak akan mampu berjalan lancar tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat. Tidak  dapat dipungkiri, marketing adalah salah satu roda utama yang berfungsi menggerakkan laju bisnis. Maka dari itu, setiap bisnis harus memiliki strategi marketing yang menarik agar tepat sasaran dalam menargetkan calon konsumen.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus tahu strategi marketing seperti apa yang cocok guna perkembangan bisnis Anda. Untuk Anda, Modalku telah merangkum 5 strategi yang bisa dicoba!

Aktifkan media sosial

Efektivitas digital marketing melalui media sosial sudah tidak perlu diragukan kelebihannya. Jutaan orang di Indonesia adalah pengguna aktif media sosial, baik untuk sumber informasi atau pun media hiburan. Tidak heran jika konten media sosial adalah teknologi penting untuk menarik calon konsumen.

Beberapa platform media sosial yang umum digunakan dalam strategi pemasaran adalah Instagram, Facebook, Twitter, hingga LinkedIn. Masing-masing dari platform media sosial ini memiliki karakteristik serta kelebihan masing-masing, sehingga Anda harus menyesuaikan konten dengan target pasar dan preferensi masing-masing pengguna platform.

Manfaatkan juga advertisement engine seperti Facebook Ads yang dapat menargetkan iklan bisnis Anda ke orang-orang yang memiliki daya beli tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menggaet para influencers untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media sosial.

Ingin simak serunya keseharian Social Media Specialist Modalku? Simak di sini!

Tulis konten blog

Strategi pemasaran di blog efektif untuk meningkatkan traffic ke website bisnis Anda. Konten blog bisa berupa press release, berita terkini, dan artikel-artikel menarik. Artikel yang dimuat juga tidak harus bersifat hard sell, gunakan topik umum yang menarik untuk dibaca dan dikaitkan dengan bisnis Anda. Belajar lebih banyak mengenai search engine optimization (SEO) untuk mengoptimalkan traffic blog Anda.

Cara terbaik untuk mengoptimalkan konten blog adalah dengan menggunakan keyword menarik. Keyword ini lah yang dapat membuat artikel Anda semakin terlihat di search engine seperti Google. Namun, perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengoptimalkan keyword. Tulislah artikel yang mudah dan enak dibaca agar pembaca tetap setia.

Buat video tutorial

Dewasa ini, semakin sedikit orang yang menonton televisi. Hal ini disebabkan karena adanya platform seperti YouTube yang aksesnya gratis dan memuat jutaan video yang menghibur. Apapun tayangan yang Anda cari, Anda bisa menemukannya di platform ini. Manfaatkanlah media ini untuk mengunggah konten-konten yang bisa menarik konsumen, seperti video tutorial.

Video tutorial yang menarik adalah video singkat dan padat informasi. Berdurasi kurang dari 5 menit saja, video ini berfungsi untuk membantu penonton dalam berbagai permasalahan sehari-hari seperti tata cara memasak hingga tutorial berdandan. Sisipkan produk atau jasa Anda ke dalam video-video tersebut sehingga penonton tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan.

Lakukan riset pasar

Setiap jenis usaha memiliki kompetitor masing-masing. Agar bisnis terus berkembang dan unggul dari para kompetitor, riset pasar harus selalu dilakukan. Riset pasar ini haruslah menganalisis tren yang sedang digandrungi banyak orang dan koneksinya terhadap bisnis yang Anda miliki. Pertanyaan utama yang harus terjawab dari riset ini adalah bagaimana kualitas bisnis bisa jadi lebih baik.

Dari riset pasar, barulah strategi marketing bisa Anda rancang dan jalankan. Selain berguna untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, riset pasar juga dapat menarik lebih banyak pelanggan baru untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Evaluasi strategi

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap setiap marketing campaign yang telah dilakukan. Tujuannya adalah untuk menemukan kekurangan, kelebihan, serta selisih keuntungan dengan jumlah biaya produksi dari setiap strategi. Evaluasi strategi juga mampu menjadi motivasi bagi sebuah bisnis untuk terus meningkatkan kinerja dan eksistensinya.

Buatlah laporan tertulis yang memuat seluk beluk strategi yang dijalankan untuk menunjang proses evaluasi yang efektif. Ingatlah bahwa sebuah bisnis tidak dapat berkembang apabila tidak dapat memperbaiki kekurangan yang ada.

Jangan pernah lupakan pentingnya offline marketing di tengah pusaran digital marketing ya! Kenapa? Cari tahu jawabannya di sini!


Setelah mengenal lebih dalam mengenai strategi marketing, kini Anda siap untuk merancang strategi Anda sendiri yang sejalan dengan jenis usaha Anda. Sudah saatnya untuk mengembangkan sayap bisnis Anda lebih lebar lagi!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply