5 Cara Mengatur Keuangan Modal Usaha Online

Walaupun bersifat online, usaha online juga tetap membutuhkan modal. Apalagi jika Anda ingin memulai usaha online langsung dengan skala yang cukup besar dimana proses produksi dilakukan secara mandiri, seberapa besar modal usaha yang Anda butuhkan harus dihitung dengan baik.

Setelah Anda menghitung seberapa besar modal usaha online yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengatur keuangan dari modal usaha online ini. Oleh sebab itu, mulailah dengan menerapkan kelima cara yang akan diulas di bawah ini. Atur secara bertahap dengan teliti untuk dapat mengoptimalkan modal usaha online tersebut.

Pengelolaan modal usaha menjadi tangangan sendiri bagi UMKM, mengapa? Klik di sini untuk ketahui alasannya!

Pentingnya Mengatur Keuangan Modal Usaha Online

Mengetahui cara mengatur keuangan modal usaha online akan memberikan setidaknya tiga keuntungan. Pertama, operasional usaha online Anda dapat terhindarkan dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Kedua, modal usaha online Anda dapat dialokasikan pada pos dana yang paling krusial, sehingga modal usaha online yang ada dipastikan terpakai sesuai dengan kebutuhan yang paling prioritas. Ketiga, memudahkan Anda untuk memantau kemana aliran dan penggunaan modal itu sendiri.

Pisahkan Rekening Pribadi dan Usaha

Berikutnya untuk memastikan modal usaha online Anda dapat diolah dengan benar, pisahkan rekening pribadi dan rekening usaha Anda. Buatkan rekening baru khusus untuk memasukkan modal usaha online Anda. Jika usaha online Anda ini sudah menghasilkan profit bersih, buatkanlah rekening usaha yang kedua untuk menyimpan profit bersih tersebut.

Rekening usaha yang pertama yang berisi modal usaha ini isinya adalah dana operasional yang jumlahnya harus selalu tetap. Nominalnya menyesuaikan dengan anggaran belanja operasional setiap bulanya. Sementara rekening usaha yang kedua adalah rekening yang berisi profit bersih, dimana dana di rekening kedua akan digunakan untuk keperluan lain di luar operasional.

Salah satu contoh fungsi pengoptimalan dana di rekening profit adalah saat Anda hendak melakukan ekspansi usaha atau butuh dana untuk penambahan item-item produksi, Anda dapat mengambil dana dari rekening profit.

Rekam Catatan Keuangan dalam Pembukuan

Siapkan pembukuan untuk mencatat keluar-masuknya uang juga rencana anggaran operasional untuk mengelola modal usaha online Anda. Mulailah dengan mencatat rencana anggaran untuk memulai usaha online ini. Buat pos-pos alokasi dana yang disesuaikan dengan jenis usaha Anda, seperti pos alokasi dana produksi dan dana operasional.

Pos dana produksi berfokus pada pengadaan item atau bahan serta perangkat kerja, sementara dana operasional difokuskan pada pengeluaran sehari-hari dari usaha online Anda ini, termasuk dana untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi.

Tidak hanya mencantumkan anggaran, catat juga target yang hendak Anda capai dan rencana-rencana lanjutan untuk menjalankan atau mengembangkan usaha online Anda ini. Selanjutnya, saat usaha sudah berjalan, pastikan juga pembukuan ini mencatat semua transaksi yang dilakukan, baik itu transaksi bernominal besar hingga transaksi dengan nominal-nominal kecil. Pastikan tercatat dan disimpan bukti pembayarannya.

Cara mengatur keuangan ini memang melibatkan keahlian khusus di bidang akuntansi. Jika Anda tidak begitu paham, Anda bisa mempekerjakan seorang akuntan di awal untuk membantu Anda mempersiapkan usaha Anda.

Mencatat keuangan memang tidak mudah, tapi ada strateginya. Apa saja ya? Klik di sini!

Pantau dan Kontrol Cash Flow

Terdapat empat laporan dasar yang wajib dimiliki sebuah usaha, salah satunya adalah laporan cash flow atau laporan arus kas. Laporan arus kas ini adalah salah satu bagian kecil dari laporan keuangan, di mana di laporan ini akan dicantumkan penerimaan dan pengeluaran bisnis online Anda.

Pastikan laporan keuangan ini dikeluarkan secara berkala, paling tidak secara bulanan dan tahunan. Dengan begini, Anda bisa memantau perkembangan pengelolaan modal usaha online tersebut.

Adanya laporan cash flow juga membuat Anda lebih mudah untuk meninjau apakah ada pos-pos dana yang tidak maksimal penggunaannya, termasuk mendeteksi aliran dana-aliran dana yang tidak sesuai atau tidak memiliki bukti-bukti transaksi yang lengkap. Ini akan terlihat dari informasi sumber pemasukan dan untuk apa pengeluaran-pengeluaran tertentu dilakukan, terutama untuk pengeluaran di luar rencana anggaran yang sudah dibuat.

Kelancaran arus kas juga dapat mempermudah Anda dalam mengajukan kredit lho!

Fokus pada Pembiayaan Operasional

Untuk Anda yang baru memulai usaha sendiri, pengaturan keuangan modal usaha online Anda sebaiknya dititikberatkan pada pembiayaan yang vital terlebih dahulu, terutama untuk biaya operasional sendiri seperti listrik, air, dan sumber daya manusia. Biaya operasional ini akan jadi biaya aktif yang akan terus dikeluarkan secara berkala, baik dalam periode harian, bulanan, maupun tahunan. Itu sebabnya harus diutamakan. Setelah beres dengan biaya-biaya operasional, baru atur biaya-biaya lainnya seperti yang sudah di bahas di atas.

Lihat juga: “Cara Mengatur Keuangan ala Baby Boomers”

Itu dia kelima cara mengatur keuangan modal bisnis online. Bagi Anda yang belum tahu hendak mencari modal untuk usaha online Anda dimana, segera ajukan pinjaman usaha online hingga Rp 500 juta, bunga mulai 1,5% per bulan dengan syarat mudah dan tanpa jaminan. Klik tombol di bawah ini:

Modal Usaha Online


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply