Pentingnya Mempersiapkan 4 Langkah Berikut untuk Dana Pendidikan

Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak, terutama dalam hal pendidikan. Anda mau anak-anak bisa menempuh pendidikan dengan jenjang setinggi mungkin di sekolah terbaik untuk mereka. Masalahnya, tidak dapat dipungkiri bahwa dana pendidikan tidak lah murah. Bahkan setiap tahunnya, dana pendidikan di Indonesia justru cenderung mengalami peningkatan sekitar 10%.

Itulah kenapa mempersiapkan dana pendidikan sangat penting dilakukan. Dengan adanya persiapan matang, Anda tidak akan bingung jika nantinya anak hendak masuk sekolah. Risiko berhutang hingga krisis keuangan pun dapat dihindari selama bisa mengelola keuangan dengan baik. Anak pun dapat menempuh pendidikannya dengan lancar. Namun, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan secara efektif? Berikut ulasannya.

Rancang Rencana Pendidikan

Persiapan finansial yang baik adalah yang memiliki tujuan pasti. Ya, saat ini memang tujuan Anda adalah mempersiapkan dana pendidikan anak. Namun, Anda perlu tahu jumlah dana yang harus dipersiapkan. Anda dan anak perlu bersama-sama merancang rencana pendidikan.

Diskusikan bersama, tanyakan ke sekolah dan universitas mana anak ingin melanjutkan pendidikannya. Lalu, di mana titik awal dan akhir Anda mempersiapkan dana pendidikan? Apakah Anda mempersiapkan dana untuk anak bersekolah SD hingga kuliah? Atau mungkin Anda ingin mempersiapkan dana untuk universitas nanti?

Apabila anak telah memiliki target sekolah yang ingin dimasuki, akan lebih baik karena Anda jadi punya perkiraan jumlah uang yang harus dipersiapkan. Saat merancang rencana pendidikan, pikirkan pula biaya-biaya lain terkait pilihan sekolah, mulai dari transportasi, buku pelajaran, hingga seragam.

Lihat juga: “Mengapa Asuransi Pendidikan Perlu Disiapkan Sejak Dini?”

Mulai Hitung Biayanya 

Sudah menyusun rencana pendidikan yang Anda dan anak sama-sama setujui? Saatnya membuat perhitungan agar nantinya Anda bisa mengelola keuangan secara efektif dalam mempersiapkan dana pendidikan. Dalam melakukan perhitungan, pertimbangkan juga tingkat kenaikan untuk biaya pendidikan.

Katakanlah saat ini anak Anda masih berusia tujuh tahun. Namun, Anda sudah berencana untuk mempersiapkan dana pendidikan perguruan tinggi anak sejak sekarang. Sebagai contoh, rata-rata biaya kuliah empat tahun di perguruan tinggi adalah sekitar Rp150 juta. Namun, setiap tahunnya ada inflasi biaya pendidikan sekitar 10%.

Maka, dalam sepuluh tahun mendatang, yakni ketika anak sudah berusia tujuh belas tahun dan siap kuliah, biaya yang harus Anda persiapkan untuk biaya perguruan tinggi anak selama empat tahun adalah sekitar Rp390 juta.

Gunakan Layanan Produk Pendidikan

Setelah mengetahui jumlah yang harus disiapkan untuk dana pendidikan, kini Anda perlu memilih layanan produk pendidikan yang sesuai. Saat ini, banyak bank konvensional yang menyediakan produk tabungan pendidikan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih asuransi pendidikan. Lho, memang bedanya apa?

Karena merupakan produk perbankan, tabungan pendidikan pun dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dana tabungan Anda akan tetap aman jika seandainya bank tempat Anda menabung mengalami bangkrut. Idealnya, hasil tabungan pendidikan ini dapat Anda perkirakan dan dihitung sesuai kesepakatan awal.

Untuk mengumpulkan dana pendidikan, Anda juga bisa memilih tabungan, asuransi, hingga investasi. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Sedangkan, asuransi pendidikan adalah produk perusahaan asuransi. Lebih dari sekadar menabung dana pendidikan, asuransi juga menawarkan proteksi atau jaminan perlindungan finansial pendidikan. Katakanlah ada polis dengan tanggungan Rp150 juta selama tempo sepuluh tahun. Lalu, jika misalnya dalam periode enam tahun pemegang polis meninggal dunia, ahli waris tetap akan menerima dana tanggungan sebanyak Rp150 juta plus hasil investasi dari premi yang dibayar tiap bulannya.

Mulai Investasi untuk Tambahan Biaya

Jika sudah memilih produk pendidikan yang sesuai kebutuhan, sebaiknya jangan berhenti sampai situ. Lakukan juga bentuk investasi lain untuk menambah dana pendidikan. Apabila ini adalah pertama kalinya Anda melakukan investasi, peer-to-peer (P2P) lending di Modalku layak untuk dicoba.

P2P lending adalah metode yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman dalam satu platform. Nah, Modalku hadir sebagai platform tersebut. Anda akan bertindak sebagai pemberi pinjaman kepada para pelaku bisnis lokal. Jadi, secara tidak langsung Anda bisa sekaligus mendukung bisnis UMKM di Indonesia.

Melalui P2P lending di Modalku, Anda berkesempatan mendapatkan potensi bunga menarik.. Seluruh proses dilakukan secara online, tentunya dengan risiko alternatif investasi yang terkendali. Tenang saja, dana yang Anda setorkan akan disimpan di bank kustodian. Anda pun bisa menambah biaya dana pendidikan anak dengan rasa aman dan nyaman melalui P2P lending di Modalku!

Berikan yang terbaik untuk anak dengan mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda untuk mengumpulkan dana pendidikan sesuai kebutuhan buah hati. Good luck!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply