4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram

Saat ini, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang paling digemari dan banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini menjadikan Instagram sangat cocok sebagai tempat beriklan untuk menjualkan produk maupun jasa. Terlebih lagi, dengan biaya dan hasil yang bisa Anda rasakan secara langsung. Sama halnya dengan Facebook, jika Anda hendak beriklan di Facebook, Anda bisa menargetkan audiens dengan tepat sasaran dan sesuai dengan keinginan Anda. Intinya, iklan Instagram mempunyai prinsip yang sama dengan Facebook. 

Namun, sebelum memutuskan untuk beriklan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan iklan Instagram ini. Hal ini tentu bisa berguna bagi Anda yang baru mengenal iklan di Instagram. Modal utama dalam beriklan adalah Anda perlu pandai menulis atau membuat konten iklan agar iklan tersebut dapat menggaet orang lebih banyak. Anda dapat mempelajari lebih dalam tentang menulis dan membuat konten di kelas “Strategi Menulis Konten Untuk Pemula”.

Nah selain menulis konten, apa saja yang harus kita ketahui? Nah berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Perlu Punya Akun Instagram Untuk Beriklan

Hal ini memang cukup menarik. Mengapa? Karena Anda tidak perlu memiliki sebuah akun Instagram untuk bisa beriklan di Instagram. Namun, Anda wajib memiliki akun Facebook Page. Dari akun Facebook Page inilah Anda bisa menjalankan iklan, baik di Instagram maupun di Facebook.

Perlu diingat, meski akan kehilangan potensi untuk menambah followers di akun Instagram Anda, selama tujuan beriklan ini tercapai, tentu hal ini tidak masalah. Akan tetapi, memang lebih baik lagi jika Anda juga sudah memiliki akun Instagram khusus untuk bisnis Anda. Sehingga, calon konsumen yang mendapat iklan dan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa melihat akun bisnis dan berbagai produk lain yang Anda tawarkan lewat konten yang dibagikan di akun Instagram bisnis Anda.

Tahukah Anda? Iklan tak cuma untuk menawarkan produk saja, tetapi juga meningkatkan Brand Awareness lho!

2. Pemasangan Iklan Bisa Lewat Aplikasi Instagram atau Lewat Akun Facebook

Jika Anda akan melakukan pemasangan iklan di Instagram, bisa dilakukan dengan dua cara. Apa saja kedua cara itu? Pertama, Anda bisa melakukan pengaturan melalui aplikasi Instagram melalui smartphone. Akan tetapi, tampilannya akan lebih sederhana dan tidak bisa melakukan pengaturan lebih jauh mengenai audiens, demografi, hingga lokasi. Jadi, Anda bisa mengaturnya secara manual atau bisa juga menggunakan opsi otomatis yang disediakan. Walau demikian, pengaturan Instagram ini memang tidak sedetail jika Anda menggunakan akun Facebook.

Seringkali banyak fitur yang dilewatkan oleh para pengguna Instagram, apa saja ya? Lihat juga 5 Fitur Instagram yang Sering Dilewatkan!

Yang kedua, jika Anda lebih memilih menggunakan akun Facebook untuk memasang iklan Instagram, pengaturannya bisa lebih detail lagi. Mulai dari tujuan iklan, audiens yang dipecah lebih mendetail lagi seperti gender, umur, bahasa, lokasi, demografi, hingga pengaturan apakah iklan instagram hanya akan di pasang di instagram sebagai feed, story, atau juga ingin dipasang di platform Facebook juga.

Selain beriklan, Anda juga dapat mengembangkan bisnis meski modal tipis. Penasaran? Ini Caranya!

3. Iklan Bisa Dijalankan Mulai 10.000 Rupiah Per Hari

Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki budget yang terbatas, karena Anda bisa memasang iklan Instagram mulai dari Rp10.000 saja. Namun, yang perlu menjadi catatan, jika Anda memasang iklan dengan biaya rendah, maka tingkat penyebaran iklannya pun akan rendah pula. Sederhananya, jika Anda memasang iklan dengan biaya Rp10.000 per hari, potensi orang yang melihat iklan Anda akan terbatas. Oleh sebab itu, semakin besar biaya yang Anda keluarkan, maka semakin banyak juga jumlah orang yang bisa Anda jangkau dengan iklanmu.

Apakah strategi beriklan Anda sudah jadi bagian dari Business Model Canvas yang sudah disusun di awal? Simak penjelasan Business Model Canvas di sini!

4. Pengaturan Iklan Instagram dan Facebook Sama Saja

Karena sejak 2012, Facebook sudah mengakuisisi Instagram, maka pengaturan iklan Instagram dan Facebook sebenarnya sama saja. Jika dilihat lagi, akuisisi Instagram oleh Facebook ini juga dilakukan agar para pengguna Facebook tidak meninggalkan Facebook begitu saja. Maka, salah satu langkah yang dibuat Facebook adalah dengan mewajibkan setiap pengiklan Instagram maupun Facebook untuk memiliki Facebook Page.

Jika Anda sudah pernah mencoba untuk beriklan di Facebook, di pilihan terakhir biasanya ada opsi untuk menampilkan iklan hanya di Instagram atau hanya di Facebook saja. Jika Anda hanya ingin memposting di Instagram, maka Anda cukup mencentang Instagram baik di feed dan story, atau salah satunya saja. Selebihnya, semua pengaturannya sama saja. Hal yang cukup mencolok hanya pada ukuran gambarnya yang perlu Anda sesuaikan. Apakah iklan yang Anda jalankan akan dipasang di Instagram atau dipasang Facebook, Anda harus menyesuaikan ukuran dan rasio fotonya, karena bentuk template konten antara Instagram dan Facebook ini tentu akan berbeda.

Jadi kapan Anda akan mulai beriklan di Instagram? Beriklan ini tentunya akan semakin mengembangkan bisnis Anda bukan?

Jika bingung ingin mulai belajar dari mana, Anda juga dapat mengikuti kelas “Mahir Berbisnis Online dengan Instagram Marketing” yang disediakan oleh Luarsekolah! Modalku dan Luarsekolah berkolaborasi menciptakan kemudahan untuk Anda dalam belajar memulai beriklan di Instagram. 

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan di Luarsekolah?

Luarsekolah merupakan wadah untuk para generasi milenial Indonesia yang ingin belajar dan menguasai keterampilan untuk mendukung pengembangan industri 4.0. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui Instagram, Anda dapat mengikuti kelas Mahir Berbisnis Online dengan Instagram Marketing yang diselenggarakan Luarsekolah.

Luarsekolah telah dipercaya oleh lebih dari 380 ribu penggunanya untuk membeli kelas pelatihan online. Luarsekolah menyediakan berbagai kelas bagi seseorang yang ingin belajar soft skills maupun hard skills dengan harga terjangkau. Mulai dari kategori kelas seperti bisnis, pengembangan diri, pemasaran, teknologi dan software, hingga kelas fotografi. 

Materi yang disajikan mudah dipahami karena menggunakan sistem micro-learning, serta bahan pembelajaran yang terdiri dari video, PDF, sampai podcast. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat lebih fokus dan tidak merasa bosan. Semua mentor dan pemateri di Luarsekolah merupakan instruktur terbaik yang telah memiliki pengalaman menahun di bidangnya.

Tunggu apa lagi? Yuk cek kelas Luarsekolah sekarang juga di www.luarsekolah.com. Dapat ilmunya & dapat juga hadiahnya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply