Strategi Meningkatkan Brand Awareness dengan Platform Social Media

Brand awareness adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Dengan meningkatkan brand awareness artinya Anda meningkatkan kesadaran akan keberadaan sebuah produk. Kalau brand awareness sebuah produk sudah tinggi, Anda tinggal mengkonversikannya menjadi penjualan. 

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk Anda adalah dengan memanfaatkan social media marketing atau beriklan melalui platform media sosial. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Sesuaikan platform social media dengan target konsumen

Mari mulai langkah meningkatkan brand awareness produk Anda dengan memilih platform media sosial yang tepat. Perlu diingat, social media marketing tidak akan maksimal bila Anda menggunakan seluruh social media yang saat ini ada. Alih-alih meningkatkan awareness sebuah brand atau menjaring konsumen baru, Anda malah akan kewalahan dalam meng-handle seluruh channel social media tersebut. 

Oleh karena itu, pilih platform yang sesuai dengan target konsumen. Bila model usaha Anda adalah Business to Consumer (B2C), maka platform yang tepat untuk  menjaring konsumen adalah Instagram, YouTube, dan TikTok. Sebaliknya, bila model usahanya Business to Business (B2B) maka social media yang pas adalah Twitter dan LinkedIn. Ketahui dulu siapa target pembeli Anda dan pilih dengan bijak platform social media-nya. 

Optimalkan akun social media

Setelah memilih channel social media, langkah berikutnya adalah melakukan optimalisasi akun. Optimalisasi akun dilakukan dengan tiga cara, yaitu memasang profile picture, mengisi deskripsi singkat, serta memberikan rincian kontak. Pada bagian profile picture, Anda dapat menggunakan logo perusahaan. Lalu, di bagian deskripsi, jelaskan secara singkat produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Terakhir, masukkan kontak info di mana pelanggan bisa menghubungi Anda. 

Buat konten informatif dan menarik

Selesai dengan pengaturan akun, strategi berikutnya dalam social media marketing untuk meningkatkan brand awareness adalah membuat konten informatif nan menarik. Di tahap ini, Anda dituntut untuk menjadi kreatif agar tidak hanya membuat konten iklan atau promosi saja. 

Caranya, ketahui model konten apa yang cocok untuk tiap platform. Misalnya yang saat ini sedang viral adalah video TikTok. Platform ini mengandalkan video singkat yang berpotensi viral. Oleh karenanya, Anda bisa buat video review, unboxing, packing, atau bisa juga proses produksi. 

Pakai jasa influencer

Anda pasti sudah sering melihat akun-akun influencer atau selebgram yang mempromosikan produk dan jasa? Nah, aktivitas ini ternyata jadi salah satu strategi meningkatkan brand awareness melalui social media. Anda dapat memilih seorang influencer marketing, baik itu YouTuber, artis, maupun selebgram. 

Minta mereka untuk mempromosikan brand Anda melalui akun media sosialnya. Bisa berupa postingan di feed Instagram, review singkat di InstaStory, atau promo di video YouTube mereka. Supaya hasil promosi maksimal, sesuaikan influencer dengan produk Anda. Misalnya influencer Muslim untuk produk hijab, sementara beauty enthusiast untuk produk skincare dan makeup. 

Adakan kuis atau giveaway

Ada beragam tren strategi social media marketing yang ampuh untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu contohnya adalah model promosi pakai kuis dan giveaway. Cara ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan follower di social media, menjangkau lebih banyak target konsumen, serta menambah penjualan. 

Anda dapat membuat games sederhana yang bisa diikuti oleh semua kalangan. Minta mereka untuk tag teman di kolom komentar postingan sebagai salah satu syarat mengikuti giveaway. Bisa juga dengan cara meminta akun pengikut giveaway memposting gambar informasi giveaway di feed ataupun story Instagram. Dengan begitu, ada kemungkinan lebih besar brand Anda diketahui oleh orang lain. 

Strategi social media marketing saat ini memang benar-benar berguna untuk meningkatkan brand awareness produk bisnis online Anda. Strategi tersebut mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan brand Anda serta mampu menambah jumlah jangkauan pemasaran. 

Bila pemasaran melalui social media membantu pertumbuhan bisnis dalam hal brand awareness, maka Modalku akan mendukung bisnis Anda dalam hal pembiayaan. Jangan tunda keinginan untuk memiliki bisnis sendiri dengan alasan terhalang modal. Kembangkan usaha online Anda dengan pinjaman modal usaha hingga Rp500 juta dari Modalku. Pelajari selengkapnya di sini.  


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply