Beragam Fungsi Strategi Pemasaran yang Harus Diketahui

fungsi-strategi-pemasaran-yang-efektif-untuk-bisnis

Strategi pemasaran penting untuk dijalankan dalam setiap bisnis. Apa fungsi strategi pemasaran? Mengapa strategi pemasaran sangat penting di dalam berjalannya suatu bisnis?

Pengertian dari strategi pemasaran adalah usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pelaksanaan strategi pemasaran ditujukan untuk meningkatkan penjualan.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai fungsi strategi pemasaran yang sangat penting untuk dipahami. Informasi ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan saat ini.

Apa Fungsi Strategi Pemasaran?

Berikut ini, ada 3 fungsi strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran berfungsi untuk meningkatkan penjualan bisnis. Adanya strategi pemasaran dapat membantu meningkatkan brand awareness sehingga masyarakat luas dapat mengetahui suatu merek serta produk atau jasa apa yang ditawarkan.

Ketika suatu merek sudah dikenal oleh banyak orang, maka dapat dipastikan akan terjadi peningkatan penjualan. Oleh karenanya, strategi pemasaran penting untuk diterapkan di dalam bisnis.

2. Menciptakan Koordinasi Tim yang Efektif

Setiap perusahaan pasti memiliki berbagai tim yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan. Supaya tujuan perusahaan tersebut dapat tercapai, setiap tim dan anggotanya harus memiliki koordinasi yang baik. Di sinilah strategi pemasaran berfungsi untuk menciptakan koordinasi tim yang efektif.

Di dalam penyusunan strategi pemasaran, setiap tim dapat diajak untuk melakukan diskusi bersama-sama. Melalui diskusi ini, setiap tim dapat memahami apa tujuan yang ingin dicapai serta strategi seperti apa yang dapat dilakukan. Setiap orang yang terlibat di dalamnya dapat bekerja sama sesuai dengan strategi pemasaran yang telah disusun sehingga pelaksanaannya menjadi lebih efektif.

Baca Juga: Fungsi Kas Kecil dan Cara Mengelolanya

3. Menentukan Tujuan Bisnis Jangka Panjang

Anda perlu menentukan tujuan bisnis jangka panjang. Tanpa adanya tujuan yang ditentukan, bisnis Anda akan berjalan tanpa arah.

Strategi pemasaran dapat membantu Anda dalam menentukan tujuan bisnis tersebut.  Anda dapat lebih memahami target pelanggan yang ingin dituju dan strategi seperti apa yang tepat untuk digunakan.

Apa Saja Contoh Strategi Pemasaran?

Ada berbagai contoh strategi pemasaran yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam menjalankan bisnis, yaitu sebagai berikut:

1. Telemarketing

Anda tentu pernah mendapatkan penawaran produk atau jasa melalui sambungan telepon, bukan? Strategi pemasaran dengan cara menawarkan produk melalui telepon disebut dengan telemarketing.

Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan hasilnya terbukti sangat efektif. Anda dapat menawarkan produk atau jasa langsung kepada calon pelanggan. Tetapi, perlu diingat bahwa Anda perlu membuat janji terlebih dahulu sebelum melakukan panggilan telepon agar tidak mengganggu aktivitas mereka.

Baca Juga: Ingin Bisnis Sukses? Coba 6 Strategi Pemasaran Online Ini!

2. Social Media Marketing

Penggunaan media sosial tidak lagi hanya sekadar sebagai album foto pribadi. Kini media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Anda dapat menjalankan social media marketing sebagai strategi pemasaran yang mudah dan efektif. Anda hanya perlu membuat konten-konten informatif dan edukatif yang bersifat soft selling untuk meningkatkan brand awareness.

Perlu Anda pahami juga, setiap media sosial memiliki segmentasi pasar yang berbeda-beda. Contohnya seperti Instagram, Facebook, dan TikTok memiliki segmentasi pasar B2C (Business-to-Consumer) yang berarti Anda dapat menjalankan strategi pemasaran kepada end user.

Selain itu, ada juga LinkedIn dengan segmentasi pasar B2B (Business-to-Business). Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk memasarkan produk atau jasa ke perusahaan besar atau individu profesional lainnya.

3. Pemasangan Iklan

Strategi pemasaran tidak luput dari pemasangan iklan. Iklan dapat membantu memasarkan bisnis Anda agar dapat dikenal oleh lebih banyak orang.

Saat ini, pemasangan iklan tidak lagi hanya dapat dilakukan di media cetak atau media elektronik saja. Anda dapat memanfaatkan pemasangan iklan di dunia digital seperti penggunaan SEM (Search Engine Marketing), Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Word of Mouth, Strategi yang Efektif Dalam Bisnis

4. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang berisi konten promosi, newsletter, dan lainnya, yang dikirimkan langsung ke email pelanggan. Strategi ini sangat efektif untuk mengembangkan bisnis Anda.

Email menjadi sebuah kebutuhan dasar yang dimiliki oleh setiap orang. Hampir setiap harinya, Anda pasti membuka email untuk melihat pesan yang masuk. Oleh karena itu, email marketing dapat menjadi salah satu pilihan strategi pemasaran yang dapat diterapkan ke dalam bisnis Anda.

Jadi, itulah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai fungsi strategi pemasaran. Anda juga dapat mencoba salah satu atau beberapa strategi pemasaran di atas untuk mengembangkan bisnis yang sedang berjalan.

Di dalam menerapkan strategi pemasaran, Anda pasti akan membutuhkan tambahan modal untuk menjalankan strategi yang sudah dibuat. Untuk mendapatkan tambahan modal tersebut, Anda bisa menggunakan layanan pinjaman modal usaha dari Modalku.

Pinjaman yang kami berikan dapat Anda gunakan untuk menjalankan strategi pemasaran. Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan lain yang berhubungan dengan pengembangan bisnis. Silakan hubungi Modalku sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar pinjaman modal usaha yang kami tawarkan kepada Anda.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan