Ingin Bisnis Sukses? Coba 6 Strategi Pemasaran Online Ini!

sukses dengan strategi pemasaran online

Melalui pemasaran, Anda dapat terhubung dengan audiens di tempat dan waktu yang tepat. Kemunculan internet membuat proses pemasaran semakin mudah karena kini Anda dapat terhubung dengan audiens melalui pemasaran online. Dengan memiliki strategi pemasaran online yang kuat, Anda dapat membantu bisnis Anda sukses. Strategi pemasaran online apa saja yang bisa Anda coba? Berikut enam di antaranya!

1. Content marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi pemasaran online di mana bisnis menyuguhkan informasi yang berhubungan dengan bidang lingkupnya kepada audiens. Contoh, brand pakaian anak-anak dari Korea Selatan, ODG, membuat channel YouTube dengan nama yang sama sebagai content marketing mereka. Menghadirkan serial video menarik dan mengundang sejumlah selebritas terkenal Korea Selatan, ODG sukses menarik audiens dengan jumlah mencapai 3,02 juta subscribers.

Apa pun bentuk content marketing yang Anda buat (bisa berupa video atau artikel blog), pastikan saja Anda memberikan berbagai informasi menarik mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Bisa berupa sejarah bermulanya produk, bahan baku produk, fakta unik, ragam jenis, dan sebagainya. Mengemas informasi dalam bentuk artikel, gambar (infografis dan komik), serta video tutorial maupun ulasan bisa jadi pilihan.

2. Affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan sebuah istilah untuk strategi pemasaran online yang dilakukan oleh dua pihak guna memperoleh keuntungan bersama. Untuk memulai affiliate marketing, bisnis perlu mencari dan merekrut pembuat konten (afiliasi atau pemasar afiliasi) untuk menempatkan link (tautan) ke website bisnis Anda pada blog atau akun media sosial mereka.

Jika seseorang menge-klik tautan afiliasi dan membeli produk atau layanan Anda, afiliasi tersebut akan mendapatkan komisi. Jadi, afiliasi bisa mendapatkan penghasilan pasif, sementara bisnis menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan melalui rekomendasi produk afiliasi dan konten berkualitas. Salah satu contoh affiliate marketing terbesar dan paling terkenal adalah program afiliasi Amazon yang kini dikenal sebagai program Amazon Associate.

3. Social media marketing

Social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling mudah diterapkan oleh bisnis. Sebab, saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media atau aplikasi chat seperti WhatsApp, LINE, Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Agar memperoleh hasil maksimal, strategi pemasaran online harus didukung oleh content marketing yang berisi informasi tepat karena informasi yang dibutuhkan audiens akan menggaet pelanggan baru.

4. Search engine optimization (SEO)

Melalui cara memasarkan produk secara online satu ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas website bisnis Anda saat seseorang mencari produk atau layanan yang berhubungan dengan bisnis Anda mesin pencari online. Seiring meningkatnya visibilitas website Anda dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan bisnis Anda untuk menggaet perhatian calon pelanggan baru.

SEO yang sukses dapat membuat website perusahaan atau produk bisnis Anda muncul di urutan pertama pada mesin pencari. Website yang berada di urutan teratas berkemungkinan besar dikunjungi audiens yang berpotensi membeli produk. Umumnya, SEO menggunakan artikel yang mengandung kata kunci tertentu, panjang kata, meta tags, dan sebagainya untuk mempermudah mesin pencari memahami isi konten website dan menempatkan pada posisi atas saat pencarian.

5. Email dan WhatsApp marketing

Jika Anda sudah mengumpulkan database customer, maka menjalankan email marketing adalah pilihan yang ideal. Sebab, audiens dalam database Anda tentu sudah engage dengan bisnis Anda sehingga akan tertarik dengan berbagai produk atau informasi terbaru yang Anda tawarkan lewat email. Saat menjalankan email marketing, Anda bisa menggunakan fitur Email Blast untuk mengirim email sekaligus pada database customer.

Selain email marketing, Anda juga bisa coba WhatsApp marketing. Sebagai salah satu platform chat terpopuler saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai aplikasi chatting, namun juga bisnis. Banyak pebisnis menggunakan WhatsApp untuk berjualan karena jumlah penggunanya yang besar. Anda bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Blast untuk mengirim pesan massal kepada customer dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan email marketing. 

6. Search engine marketing (SEM)

SEM mengacu pada cara memasarkan produk secara online yang melibatkan mesin pencari, seperti SEO dan pay-per-click (PPC), daftar lokal di mesin pencari, dan banyak lagi. Sekilas, SEM memang mirip SEO, namun SEM menempatkan iklan website di posisi paling atas hasil mesin pencarian. Strategi pemasaran online ini pada umumnya membutuhkan biaya yang relatif lebih tinggi dibandingkan SEO.

Itu tadi enam strategi pemasaran online yang bisa Anda coba untuk membuat bisnis Anda sukses. Jika butuh bantuan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Modalku. Mengajukan pinjaman di platform yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini sangat aman. Memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya, Modalku siap membantu Anda. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan