Evaluasi Usaha adalah Kunci Sukses Bisnis

evaluasi usaha adalah kunci

Evaluasi usaha adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh sebagian pelaku usaha sebelum memasuki akhir tahun dan menyambut tahun baru. Tujuan dilakukannya evaluasi kegiatan usaha adalah menelaah kembali pencapaian yang sudah diraih bisnis dalam kurun waktu satu tahun penuh. 

Mendapatkan informasi tentang apa saja kemajuan yang sudah tercapai akan membantu bisnis lebih mudah dalam melakukan perencanaan strategis untuk kemajuan usaha. Mari simak pengertian, manfaat, dan tahapan evaluasi usaha secara lengkap di bawah ini!

Evaluasi usaha adalah

Evaluasi usaha adalah analisis dan tinjauan bisnis secara keseluruhan untuk menentukan keseluruhan operasi bisnis. Bisnis yang berjalan dengan baik mungkin membuat Anda cenderung go with the flow. Namun, penting untuk memikirkan rencana jangka panjang dan rencana bisnis yang lebih strategis agar bisnis Anda dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin sengit. 

Salah satu caranya adalah dengan mulai melakukan evaluasi usaha. Jika Anda mengevaluasi usaha secara teratur, maka Anda dapat mengidentifikasi kondisi pasar saat ini dan memutuskan ke mana bisnis Anda akan dibawa ke depannya.

Kenapa harus melakukan evaluasi usaha?

Alasan mengapa bisnis harus melakukan evaluasi usaha adalah untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha. Dengan membandingkan kesesuaian hasil kinerja usaha yang telah berjalan dan rencana usaha yang sudah dibuat sebelumnya, bisnis dapat mengambil langkah yang tepat agar lebih sukses. Merupakan proses yang harus dilakukan terus-menerus, evaluasi usaha bisa dimulai dengan me-monitoring setiap proses dalam usaha yang dijalankan.

Lewat hasil monitoring, Anda dapat menyusun analisis kemajuan, kemunduran, dan pencapaian apa saja dalam bisnis yang sudah terlaksana. Tidak hanya berperan mengetahui perkembangan usaha dari waktu ke waktu, evaluasi kegiatan usaha juga berguna mengetahui posisi usaha Anda saat ini. Jika posisi usaha Anda sudah cukup stabil jika dilihat dari aset perusahaan, utang, dan modal, maka Anda dapat menentukan target usaha Anda selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi usaha.

Apa saja yang harus dievaluasi?

Beberapa hal yang harus dievaluasi dalam evaluasi usaha adalah:

1. Jangkauan pasar

Mengevaluasi jangkauan pasar krusial dilakukan karena bisnis tidak akan berhasil tanpa adanya permintaan atas barang dan jasa yang ditawarkan. Evaluasi jangkauan pasar pada dasarnya bertujuan mengetahui besaran luas pasar, pertumbuhan permintaan, dan pangsa pasar dari produk atau jasa yang bersangkutan.

2. Keuangan

Kegagalan bisnis akibat manajemen keuangan yang buruk atau kurangnya perencanaan sering terjadi. Sebagai solusi, penting bagi bisnis Anda untuk mengembangkan dan menerapkan sistem keuangan dan manajemen yang baik. Langkah sederhana untuk memulainya adalah dengan memperbarui rencana bisnis Anda. Selama mengevaluasi keuangan, pertimbangkan sejumlah hal seperti modal kerja, laba rugi, arus kas, pendapatan jualan, dan sebagainya.

3. Operasional

Mengevaluasi operasional berarti mencari tahu faktor internal apa yang menghambat bisnis. Jika Anda menemukan hambatan, maka penting untuk memikirkan cara mengatasinya. Evaluasilah aspek operasional dengan mempertimbangkan berbagai aspek bisnis, salah satunya teknologi dan informasi. Misalnya mengevaluasi bagaimana sistem informasi manajemen bisnis Anda saat ini dan apakah sistem tersebut memungkinkan kinerja yang lebih fleksibel.

4. Produk yang dijual

Terakhir, Anda perlu mengevaluasi produk yang dijual. Sebab, produk atau layanan yang Anda buat adalah aktivitas inti bisnis yang menjadi titik awal untuk melakukan evaluasi usaha. Agar lebih mudah mengevaluasi produk yang dijual, coba jawab beberapa pertanyaan.

Contohnya seperti seberapa efektif produk atau layanan Anda dengan kebutuhan pelanggan, manakah produk atau layanan yang berhasil atau tidak berjalan sesuai rencana, atau masalah apa yang ada pada suatu produk yang tidak berhasil. Dengan menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan, Anda bisa mengevaluasi usaha secara lebih maksimal.

Evaluasi usaha adalah hal yang penting dan semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda lebih memahami konsepnya secara keseluruhan. Jika dalam upaya menjalankan usaha Anda butuh bantuan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Modalku. Mengajukan pinjaman di platform yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini sangat aman. Memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya, Modalku siap membantu Anda. Yuk, klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan