Cara Berbisnis Online dengan Bikin Konten Digital Marketing

Dengan begitu banyak bisnis online yang menjamur semenjak pandemi COVID-19, penting untuk Anda mengenali strategi utama cara berbisnis online agar dapat memasarkan produk Anda dengan baik kepada audiens yang tepat. Salah satu strategi yang Anda dapat terapkan adalah melalui konten digital marketing.

Sebelum terjun lebih dalam lagi untuk membahas cara berbisnis online, mari kita telaah terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud dengan digital marketing. Digital marketing dapat didefinisikan sebagai upaya pemasaran suatu produk atau bisnis melalui media digital, di mana Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan calon konsumen. Media digital yang dimaksud adalah media apapun yang dapat diakses melalui internet, seperti berbagai macam website dan media sosial contohnya Instagram dan Facebook.

Inilah Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda! Apa saja ya? Klik di sini!

Melalui digital marketing inilah Anda dapat menyampaikan konten yang sesuai untuk audiens yang Anda targetkan. Konten sangatlah penting sehingga kerap ada perkataan bahwa “Content is King,” tidak hanya pelanggan, namun konten jugalah raja. Digital marketing memerlukan pembuatan dan penyebaran konten yang unik, relevan, dan konsisten agar audiens tertarik untuk melihat dan pada akhirnya menjadi konsumen. Jadi, bagaimana membuat konten digital marketing yang sedemikian rupa?

Lihat juga: “Cara Manajemen Bisnis yang Baru Dirintis”

Langkah Produksi Content Marketing

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kelompok audiens dan berapa banyak target audiens yang ingin Anda capai. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan konten apa dan berapa banyak konten yang akan dibuat.

Konten dapat dibuat beragam agar menawarkan sesuatu yang relevan bagi tiap kelompok audiens yang dituju. Setelah itu, tentukan juga tujuan dari upaya digital marketing tersebut – apakah Anda ingin menciptakan brand awareness atau memperbanyak traffic ke website? Atau apakah ada tujuan lainnya? Tujuan yang diinginkan harus dicocokkan dengan strategi konten digital marketing agar meraih hasil yang maksimal.

A picture says a thousand words, maka foto produk yang ditampilkan dalam konten digital marketing Anda harus sebagus mungkin. Cara berbisnis online yang patut diingat salah satunya adalah foto produk.   Foto produk bisa diibaratkan sebagai etalase toko. Jika foto yang ditonjolkan menarik, pastinya akan mengundang calon konsumen.

Lihat juga: “4 Langkah Melakukan Digital Marketing Kuliner yang Efektif”

Bagaimana cara menghasilkan foto produk berkualitas tinggi? Ini dapat dicapai melalui perpaduan konsep yang matang, komposisi, dan lokasi pemotretan yang sesuai. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengambil foto produk antara lain adalah:

  • Pastikan Anda mengambil foto produk dari sisi yang paling menarik dari sudut pandang calon pelanggan yang menonjolkan keunikan produk yang anda tawarkan. Foto close up juga sangat diperlukan agar dapat menunjukkan detail produk.
  • Pastikan pencahayaan cukup agar produk dapat terlihat jelas sebagai objek utama

Untuk menciptakan konten yang terbaru dan relevan, Anda harus menerapkan tren digital marketing yang paling anyar dalam konten bisnis online Anda. Seperti contohnya, tahun 2020 ini terdapat riset yang membuktikan bahwa lebih dari 50% orang memutuskan membeli produk setelah melihat video pemasaran produk tersebut. Dengan tren ini, Anda dapat memproduksi suatu video yang menonjolkan produk Anda agar tetap relevan bagi calon konsumen.

Lihat juga: “5 Platform Sosmed Terbaik bagi UKM Anda”

Pentingnya Copywriting

Cara berbisnis online melalui digital marketing yang tidak kalah pentingnya adalah melalui copywriting yang menarik. Menulis headline yang memikat sangat penting untuk menarik perhatian calon konsumen Anda. Headline konten adalah hal pertama yang akan dilihat oleh mereka dan itu yang memutuskan mereka untuk membaca atau mengacuhkan konten tersebut.

Setelah Anda berhasil menggaet calon konsumen ke dalam konten Anda, konten tulisan harus mempunyai kemampuan untuk menarik percakapan dan bukan sekadar hardsell. Salah satu alasan seseorang mengunjungi konten tertentu adalah untuk mencari solusi sebuah permasalahan yang mereka hadapi, sehingga copywriting yang disuguhkan perlu menunjukkan bahwa produk Anda adalah solusi dari permasalahan mereka tersebut.

Itulah beberapa strategi digital marketing yang dapat Anda terapkan dalam cara berbisnis online Anda. Dengan strategi yang mantap, perkembangan dalam bisnis online Anda akan terukur dengan jelas. Jika tidak membuahkan hasil, ada baiknya Anda meninjau ulang kembali strategi digital marketing yang Anda gunakan.

Dalam menjalankan strategi, tentu dibutuhkan modal untuk dana operasional. Jangan khawatir! Anda dapat meminjam modal usaha jualan online di Modalku. Segera ajukan pinjaman dengan klik tombol di bawah ini!

Ayo Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply