5 Manfaat Usaha Online dengan Sistem PO (Pre Order)

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, banyak sekali bisnis yang bermunculan di dunia maya. Beragam sekali produk yang dijual, mulai dari makanan, mainan, sampai berbagai macam pakaian. Ada banyak pilihan belanja yang dapat Anda temui online sampai terkadang pelanggan bingung memilih yang mana.  

Ingin memulai bisnis serupa namun khawatir tidak mempunyai modal yang cukup? Tidak perlu khawatir lagi karena sekarang Anda dapat menerapkan cara jualan online tanpa modal. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda bisa membuka bisnis online dengan sistem po atau pre-order. 

Kalau Anda gemar belanja online, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sistem PO  atau pre order. Sistem PO adalah sistem jualan dimana produk dibuat sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima. Dengan kata lain, barang yang dijual tidak langsung siap dibeli. Setelah pelanggan memesan produk tersebut, baru kemudian produk tersebut akan diproduksi. 

Selain menyediakan suatu cara jualan online tanpa modal, sistem PO juga memiliki beberapa keuntungan lainnya bagi yang baru memulai jualan online. Tidak hanya untuk pemilik bisnis, namun keuntungan sistem po juga dapat dinikmati oleh pelanggan. Yuk simak berbagai macam manfaatnya sistem po di bawah ini!

Lihat juga: “4 Tujuan Pinjam Modal untuk Bisnis Jualan Online”

Produk Lebih Bervariasi

Toko online yang menggunakan sistem po yang pada umumnya menawarkan berbagai macam barang, tidak hanya satu jenis, sehingga produk yang ditawarkan bervariasi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan karena dapat membeli berbagai macam produk di satu tempat, sehingga tidak perlu mengunjungi toko lain. Dalam kata lain, sistem PO dapat membuat toko online anda menjadi all-in-one shop!

Barang Pasti Laku

Sistem PO menjamin produk yang Anda jual akan habis dan tidak meninggalkan stok yang tersisa, sehingga bisnis akan minim resiko. Anda juga tidak perlu memikirkan harus stok produk lebih banyak atau lebih sedikit karena produk sudah pasti habis sesuai dengan pesanan pelanggan. 

Sistem PO yang dikombinasikan dengan sistem penjualan online akan semakin meningkatkan bisnis Anda.  Ketahui 5 peluang bisnis online lainnya di sini!

Efisiensi Biaya

Dengan membeli produk sesuai dengan pesanan yang diterima, ini akan membuat biaya produksi anda semakin efisien. Jumlah pengeluaran pun dapat diperhitungkan dan lebih terkontrol dibandingkan menjual barang dengan sistem ready stock. 

Perputaran uang melalui sistem po juga akan lebih cepat. Saat pelanggan memesan sesuatu, pelanggan akan diminta uang muka atau pembayaran secara lunas terlebih dahulu. Uang yang diterima dari pelanggan ini dapat Anda gunakan untuk biaya produksi. 

Produk Lebih Eksklusif

Dengan jualan menggunakan sistem po, Anda dapat menawarkan produk yang dirancang secara eksklusif untuk pelanggan. Ada baiknya juga Anda membatasi jumlah pesanan yang diterima agar tidak banyak produk yang tersedia. Kelebihan ini menawarkan produk unik dan eksklusif untuk pelanggan Anda. 

Dengan pembatasan jumlah pemesanan, ini akan berguna untuk quality control produk Anda dan memastikan bahwa produk dibuat sesuai dengan standar tertentu dengan kualitas baik. 

Modal Lebih Kecil

Modal yang harus dikeluarkan dalam sistem PO tentu lebih kecil dikarenakan tidak perlu menyetok barang dan hanya menerima pesanan. Namun, modal yang dikeluarkan bisa dikerahkan untuk investasi lain untuk menunjang bisnis online Anda, contohnya pemasaran melalui iklan di media sosial atau marketplace.

Walaupun untuk memulai bisnis online dengan sistem po menggunakan modal yang relatif kecil, saat bisnis online Anda berkembang dan memerlukan modal tambahan, Anda dapat mengambil pinjaman untuk pedagang online melalui Modalku. 

Lihat juga: “Siapa Bilang Bisnis Modal Kecil Sulit Berkembang?” dan “5 Hobi yang Berpotensi Menjadi Bisnis Modal Kecil”

Itulah  beberapa manfaat yang Anda dapat nikmati melalui sistem PO, suatu cara jualan online tanpa modal. Tentunya Anda harus tetap memperhatikan dan menjaga tingkat kepuasan pelanggan Anda, dikarenakan pelanggan harus memiliki rasa sabar yang lebih karena menunggu barang terkirim lebih lama. 

Terkadang, pelanggan juga harus menunggu sampai pemesanan sudah ada di angka tertentu, baru produk akan diproduksi. Pastikan produk dalam kondisi terbaik agar membuat pelanggan percaya dan memesan lagi di kali berikutnya. 

Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis online tanpa kekhawatiran untuk mengalami risiko tinggi, Anda dapat memulai dengan sistem PO dan kembangkan bisnis Anda lebih lanjut. Selamat berjualan!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply