4 Tujuan Pinjam Modal untuk Bisnis Jualan Online

Sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Corporate Finance di Amerika Serikat menunjukkan sebuah fakta menarik soal pinjam modal yang banyak dilakukan oleh pebisnis. Menurut penelitian tersebut, pebisnis yang meminjam modal cenderung mendapat profit tiga kali lebih besar daripada pebisnis yang tidak melakukannya. Tentu jika jualan online mengajukan pinjaman, besar kemungkinan skala bisnis juga makin meningkat.

Hasil riset ini jelas membuka pandangan yang selama ini menyatakan bahwa berhutang itu tidak baik, khususnya bagi mereka yang hendak melakukan bisnis. Dengan hutang produktif dan pengelolaan yang tepat, banyak bisnis yang berhasil profit sekaligus membayar pinjaman mereka.

Nah, sudah tahu kan kalo mengajukan utang itu tidak tabu lho!

Sama halnya dengan Anda yang hendak memulai bisnis jualan online dengan pinjam modal, hal ini tentu tidak menjadi masalah selama bukan untuk tujuan konsumtif, tetapi lebih pada tujuan produktif seperti ulasan di bawah ini.

Memulai Lebih Cepat

Tidak sedikit orang yang hendak berbisnis harus tertahan waktu cukup lama karena ingin mengumpulkan modal terlebih dulu. Bisa saja saat modal sudah terkumpul, tren atau ide bisnis jualan online yang hendak Anda lakukan sudah tidak lagi populer atau sudah terlalu banyak kompetitor. Alhasil, Anda harus mulai lagi dari nol dengan siasat bisnis jualan online yang baru.

Lihat juga: “Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”

Berasal dari pengalaman tersebut, tidak heran kalau tujuan pinjam modal saat akan melakukan bisnis jualan online adalah untuk dapat memulai bisnis online tersebut dengan lebih cepat. Memulai bisnis jualan online, terutama yang produk utamanya adalah barang yang diproduksi sendiri jelas butuh modal cukup besar.  Proses pembuatan produk yang akan dijual harus dimulai dari tahap paling awal, butuh biaya untuk pengadaan bahan material, alat produksi, serta sumber daya manusia untuk proses produksi tersebut.

Dengan pinjam modal, bisnis jualan online ini bisa dieksekusi dengan lebih cepat. Modal bisa dialokasikan untuk belanja kebutuhan produksi, melakukan pemasaran dan promosi bisnis, atau aktivitas bisnis lainnya yang nantinya bisa menghasilkan profit selama berbisnis online.

Pengadaan Perangkat Bisnis Jualan Online

Baik produk yang dikirim dari supplier atau diproduksi mandiri, keduanya tetap membutuhkan perangkat yang berbiaya cukup besar. Contoh perangkat kerja yang dibutuhkan oleh bisnis jualan online yang mengambil barang dari supplier adalah tempat penyimpanan stok barang. Apakah barang akan disimpan di dalam lemari, rak penyimpanan, atau ruangan penyimpanan khusus, Anda tetap perlu melakukan belanja. Apalagi jika Anda hendak meningkatkan jumlah stok barang karena bisnis jualan online Anda meningkat, tentu dibutuhkan ruang penyimpanan lebih luas dan lebih banyak.

Sementara saat bisnis jualan online ini melakukan produksi sendiri, Anda sudah pasti harus membeli mesin-mesin produksi sesuai produk Anda, seperti pengadaan mesin jahit untuk bisnis jualan online di bidang konveksi. Untuk tujuan pengadaan perangkat ini, wajar jika sebagai pemilik bisnis Anda meminjam modal.

Melakukan Pengembangan

Tidak hanya saat akan memulai bisnis jualan online, Anda juga membutuhkan dana pinjaman sebagai modal saat hendak melakukan pengembangan bisnis, baik pengembangan dari sisi produksi maupun sistem operasional sendiri.

Pengembangan dari sisi produksi jelas membutuhkan banyak modal tambahan. Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus menambah stok barang. Menambah stok barang berarti menambah jumlah permintaan ke supplier. Meningkatnya jumlah permintaan ke supplier berarti ada peningkatan biaya yang harus dibayar. Pengembangan dari sisi operasional juga demikian. Dengan menambah tenaga kerja, berarti bertambah biaya gaji pegawai yang harus dibayarkan.

Pinjam modal akan membantu Anda dari masalah-masalah di atas.

Lihat juga: “Kapan Saat Terbaik Daftar Pinjaman Usaha? Lihat Situasi Ini!”

Melakukan Perawatan

Tujuan lainnya sebuah bisnis jualan online mengambil modal pinjaman adalah saat hendak melakukan perawatan pada perangkat kerja, terutama bagi bisnis jualan online yang memang melakukan produksi sendiri untuk barang yang dijual ke pasar online.

Perawatan secara berkala jelas membutuhkan biaya, namun ini penting untuk dilakukan. Dengan melakukan perawatan secara berkala ini, Anda dapat menjaga usia perangkat kerja Anda untuk dapat digunakan lebih lama lagi sebelum diganti baru. Perawatan juga memungkinkan Anda mendeteksi masalah pada mesin atau perangkat lain lebih dini sehingga dapat dilakukan perbaikan sebelum masalah menjadi terlalu besar.

Untuk meminjam modal bagi kepentingan bisnis jualan online, Anda bisa mengajukan pinjaman usaha online di Modalku. Segera klik tombol di bawwah ini:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply