4 Tips Melakukan Digital Marketing Kuliner yang Efektif

Satu alasan pasti mengapa Anda harus mulai menyertakan digital marketing untuk bisnis kuliner Anda adalah karena sekarang Anda sedang berbisnis di era digital. Banyak dari upaya-upaya pemasaran konvensional sudah tidak lagi efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Saatnya Anda beradaptasi secara digital untuk memberi kesempatan bisnis bertumbuh.

Digital marketing kuliner, begitu Anda bisa menyebutnya, adalah praktik pemasaran dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi teknologi digital. Berekspansi pada pasar online yang bisa memberikan keuntungan lebih pada bisnis. Berikut empat tips digital marketing kuliner yang bisa Anda coba terapkan kini.

Mengapa digital marketing begitu penting untuk bisnis Anda? Simak ulasannya di sini!

Terhubung Secara Online

Terhubung secara online dalam konteks digital marketing kuliner ini tujuannya adalah mempermudah lebih banyak orang mengetahui eksistensi bisnis Anda. Ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana seperti membuat akun Google Business, memasangkan pin lokasi kedai atau usaha Anda di Google Maps, termasuk juga membuat platform interaksi secara online seperti website atau media sosial.

Tidak hanya informasi, terhubung secara online akan menciptakan interaksi digital seperti kritik, saran, atau komentar. Jika dipelihara dengan baik, interaksi digital seperti ini akan membuat konsumen Anda menjadi loyal.

Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial adalah salah satu cara digital marketing kuliner yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Menurut data social network penetration di paruh akhir tahun 2019 yang dihimpun oleh Statista, penetrasi media sosial di Indonesia berada di atas 50%. Sementara secara lebih spesifik penetrasi di Facebook dan Instagram adalah 82% dan 79%. Maka tidak heran kalau media sosial dijadikan media untuk melakukan digital marketing kuliner.

Mengelola sosial media bisnis tentu berbeda dengan sosial media pribadi. Pelajari panduan media sosial untuk bisnis!

Media sosial yang bisa Anda pilih untuk bisnis kuliner adalah Instagram. Daya tarik Instagram adalah sajian konten visual, sehingga dianggap ideal bagi bisnis kuliner untuk mempromosikan produknya. Oleh sebab itu, Anda harus siapkan foto dan video yang aesthetic sebagai bahan promosi. Namun selain Instagram, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook mengingat Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan di Indonesia.

Jika Anda belum memiliki budget untuk menyewa fotografer produk yang profesional, Anda bisa menggunakan smartphone yang Anda miliki. Perbanyak juga referensi foto dan video menarik dengan mengikuti akun kuliner di media sosial yang sudah memiliki jumlah followers yang tinggi.

Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk menarik calon pembeli. Penasaran dengan dunia influencer? Baca artikel “Mengenal Budaya Influencer”

Tidak hanya visual yang baik, Anda juga harus menyiapkan copywriting yang mendukung unggahan foto atau video produk kuliner Anda di media sosial. Cantumkan informasi yang relevan, seperti deskripsi produk yang sedang diunggah, harga, ukuran porsi, serta cara pemesanannya.

Bekerja Sama dengan Layanan Pesan Antar Online

Di masa pandemi COVID-19 seperti hari ini, banyak orang akan memilih membeli makanan atau minuman menggunakan jasa pesan antar ketimbang datang langsung ke tempatnya. Melihat dari kebiasaan ini, maka Anda memiliki dua pilihan. Pertama, Anda bisnis kuliner Anda mengembangkan layanan pesan antar secara mandiri, atau yang kedua, Anda bisa bekerja sama dengan layanan pesan antar online yang sudah ada.

Jika ingin lebih praktis dan hemat biaya, Anda bisa memilih opsi kedua. Layanan pesan antar online yang sudah ada sudah lebih siap, dengan begitu kebutuhan calon pelanggan Anda akan terpenuhi. Selain itu, fitur layanan mereka juga menunjang upaya digital marketing kuliner yang sedang Anda lakukan, seperti menawarkan diskon produk dengan pemesanan melalui aplikasi sehingga calon pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli.

Layanan pesan antar online juga menyediakan opsi pembayaran non-tunai yang sesuai dengan kebijakan new normal di masa pandemi COVID-19 ini.

Himpun Data Pelanggan

Digital marketing kuliner tidak dibuat semata hanya untuk memperluas pasar dan meraup lebih banyak keuntungan, tetapi juga membantu Anda mengenali profil pelanggan Anda. Pengenalan mendalam akan pelanggan Anda dapat digunakan untuk mengembangkan sektor-sektor lain dalam bisnis, seperti kualitas makanan, varian menu, layanan pesan antar, dan pembayaran.

Saat Anda terhubung secara online dengan media sosial atau memiliki akun Google Business, Anda dapat terbantukan dengan mendapat informasi statistik pengunjung secara otomatis. Anda jadi tahu pelanggan dengan rentang usia berapa yang paling banyak mencari bisnis kuliner Anda secara online. Data-data ini bisa jadi tolok ukur yang disebutkan tadi.

Pada intinya, Anda membutuhkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda, apalagi di tengah situasi seperti sekarang dimana orang-orang lebih banyak berinteraksi secara online. Digital marketing akan jadi solusi relevan dan efektif.

Untuk meraih sukses di bisnis kuliner, ada rahasianya lho! Penasaran? Baca di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply