10 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dicoba

peluang usaha sampingan karyawan

Apakah Anda merupakan seorang karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan? Tahukah bahwa ada berbagai macam peluang usaha sampingan karyawan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk Anda?

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan kadang kala, pendapatan utama sebagai seorang karyawan masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan mencari peluang usaha sampingan.

Melalui artikel ini, Modalku akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai berbagai macam peluang usaha sampingan untuk karyawan. Dengan informasi ini, kami harap Anda bisa mendapatkan ide peluang usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini.

Macam-macam Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Di bawah ini, kami sudah menyiapkan setidaknya 10 peluang usaha sampingan yang cocok untuk dilakukan oleh karyawan, yaitu:

1. Membuka Online Shop

Peluang usaha sampingan pertama yang sangat cocok untuk dilakukan oleh karyawan adalah membuka online shop. Dalam membuka online shop ini, ada beberapa opsi yang dapat Anda ambil yaitu mengambil barang dari distributor lalu dijual kembali, menjadi reseller, atau bisa juga menjadi dropshipper.

Anda dapat membuka online shop melalui media sosial. Selain itu, ada juga cara lainnya untuk membuka online shop yaitu dengan mendaftarkan toko Anda melalui platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi.

2. Menjual Makanan Ringan

Makanan ringan menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang tentu akan sangat menguntungkan dan tidak memerlukan proses yang ribet. Anda hanya perlu mencari produsen makanan ringan kemudian menjualnya kepada end user atau konsumen.

3. Menyediakan Jasa Digital Marketing

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini tentu menyediakan peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Anda dapat menyediakan jasa digital marketing atau kegiatan pemasaran melalui dunia digital.

Di dalam digital marketing ini, Anda bisa menjual berbagai macam jasa seperti visual desainer, video editor, penulis, dan banyak lagi. Anda dapat melakukan pekerjaan sampingan tersebut di manapun dan kapanpun.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

4. Merangkai Bunga

Bagi Anda yang memiliki hobi untuk merangkai bunga, hal ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Peluang usaha yang satu ini memiliki kelebihan dari segi fleksibilitas.

Pesanan rangkaian bunga biasanya tidak datang setiap hari. Biasanya, pesanan akan mulai meningkat ketika akan ada hari-hari penting seperti hari kasih sayang, hari ibu, hari ayah, dan lainnya. Jadi, dengan menjual rangkaian bunga, Anda dapat mengimbangkan antara waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor dan waktu untuk merangkai bunga.

5. Menyediakan Jasa Makeup Artist

Jasa MUA atau makeup artist sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk berbagai macam keperluan acara. Jasa ini dibutuhkan seperti pada acara pernikahan, rapat resmi, sesi pengambilan foto studio, dan lainnya. Maka dari itu, jika Anda memiliki hobi di bidang makeup, cobalah untuk menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha sampingan yang menjanjikan.

Baca Juga: Ragam Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

6. Menjadi Fotografer atau Videografer

Apakah Anda memiliki hobi di bidang fotografi atau videografi? Hobi tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai peluang usaha sampingan, khususnya apabila Anda saat ini bekerja sebagai seorang karyawan.

Anda dapat melakukan pekerjaan ini kapanpun dan di manapun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan klien. Mendapatkan penghasilan dari hobi yang Anda miliki tentu sangat menyenangkan, bukan?

7. Membuat Aneka Kue

Teruntuk Anda yang suka untuk membuat aneka kue, jadikan hobi ini sebagai peluang usaha sampingan. Anda dapat membuat kue sesuai dengan pesanan di malam hari setelah pulang bekerja. Mungkin untuk lebih mudahnya, Anda bisa menerapkan sistem PO (Pre Order) agar pesanan yang masuk dapat dibuat dalam 1 kali proses saja.

8. Membuat Kos-kosan

Apakah Anda memiliki banyak ruangan kosong di dalam rumah? Ruangan kosong tersebut dapat dibuat menjadi kamar kos yang tentu dapat menjadi peluang usaha sampingan yang mudah dan stabil karena setiap bulannya Anda akan menerima bayaran dari hasil sewa.

9. Menyediakan Jasa Rental

Bagi Anda yang memiliki berbagai macam perabotan atau alat elektronik yang jarang terpakai, barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tambahan pemasukan. Anda cukup membuka jasa rental agar orang dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang disepakati.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Online Buat yang Hobi Main Game

10. Menjual Barang Kerajinan

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang terakhir adalah menjual barang kerajinan. Apabila Anda memiliki sisi kreatif untuk membuat berbagai barang kerajinan seperti tas, taplak meja, topi, hingga baju, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Dari berbagai peluang usaha sampingan karyawan di atas, kita bisa melihat bahwa ada begitu banyak peluang usaha yang dapat dimulai dari hobi atau hal yang Anda sukai. Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan ide peluang usaha dari informasi yang kami berikan di atas?

Mengembangkan usaha dapat didukung dengan layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Layanan ini dapat digunakan untuk mengembangkan usaha sampingan Anda yang akan dijalankan nanti. Hubungi Modalku sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan