Seperti Apa Cara Mencari Investor Untuk Bisnis Anda?

cara mencari investor

Untuk memulai sebuah bisnis seperti UMKM, modal merupakan hal penting yang harus Anda miliki. Modal akan berfungsi untuk mendanai segala macam hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Untuk mendapatkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bisa melalui dana dari tabungan Anda, meminjam kredit kepada bank atau lembaga keuangan lainnya, atau mencari investor. Pilihan yang terakhir adalah opsi yang sangat baik jika Anda ingin mengembangkan bisnis secara lebih jauh. Untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik, Anda harus tahu bagaimana cara mencari investor yang tepat untuk bisnis yang akan dijalankan.

Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan saja. Anda harus tahu kriteria apa saja yang diperlukan untuk bisa menemukan sosok investor yang tepat untuk bisa mengembangkan bisnis Anda. Tidak perlu pusing, berikut ini akan kami sajikan cara untuk mencari investor yang dapat membantu bisnis Anda.

Cara Mencari Investor yang Tepat

Coba bayangkan, Anda sudah memiliki ide yang sangat bagus untuk sebuah bisnis, selanjutnya Anda juga sudah punya gambaran mengenai cara menjalankan bisnis tersebut. Namun, Anda tidak punya modal yang cukup untuk merealisasikannya. Lantas pilihan apa yang harus diambil? Apakah Anda harus berhenti begitu saja?

Untuk bisa merealisasikan ide tersebut, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menemukan investor yang bersedia untuk melakukan investasi terhadap ide bisnis tersebut. Namun, Anda tidak bisa memilih investor secara sembarangan. Temukan yang cocok dan bisa memahami visi dan misi Anda, sehingga proses mengemabangkan bisnis bisa berjalan dengan baik.

Lalu, seperti apakah cara memilih investor yang tepat untuk bisnis Anda? Apa saja yang harus diperhatikan? Kenyataannya, menemukan investor merupakan bagian awal dari pertempuran yang akan Anda jalani. Jika bisnis Anda tidak memiliki investasi, maka bisnis tidak akan berkembang terlalu jauh. 

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah cara terbaik untuk menemukan investor. Yuk mari kita perhatikan bersama-sama.

1. Networking

Mencari investor melalui komunitas yang ada di sekitar Anda adalah tempat yang baik untuk memulai. Peluang untuk mebangun networking juga sangat berlimpah. Mulai dari:

  • Asosiasi industri
  • Kamar Dagang
  • Pertemuan untuk area industri Anda
  • Co-working space
  • Kelompok afiliasi khusus
  • Dan lain-lain

Melalui networking, selain menemukan investor, Anda juga dapat mengembangkan hubungan dengan orang-orang yang ada dalam industri Anda.

Baca Juga: Tetap Raih CUAN Aman saat Pandemi? Kenapa Tidak! Ini dia 5 Pilihan Investasi dan Pendanaan yang Menguntungkan!

2. Inkubator Bisnis

Program inkubator bisnis diarahkan untuk bisa menyediakan alat yang dibutuhkan start up/bisnis untuk bisa sukses. Program ini bisa berasal dari organisasi nirlaba, sekolah bisnis, kelompok sipil, pemerintah, dan lainnya. Melalui inkubator ini juga para pengusaha diajarkan cara memecahkan masalah untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Anda akan mendapatkan dana untuk terus mengerjakan bisnis serta nasihat dan bimbingan bisnis. Melalui kegiatan ini, Anda juga akan bisa menemukan investor yang cocok dengan bisnis yang akan dimulai.

3. Crowdfunding

Platform crowdfunding memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dalam bentuk investasi kecil dari banyak orang. Crowdfunding akan memberi Anda akses ke modal yang Anda butuhkan. Jadi tidak hanya ada satu investor, melainkan beberapa investor yang siap membantu dalam mewujudkan ide bisnis Anda.

Cara kerja crowdfunding akan bergantung pada jenis platform yang Anda pilih. Beberapa platform, menawarkan fasilitas bersama dengan pembelian. Jika berbentuk crowdfunding ekuitas, mereka akan menawarkan sekuritas perusahaan swasta kepada sekelompok investor. Setiap metode memiliki pro dan kontra, teliti setiap platform secara menyeluruh sebelum memilih mana yang ingin Anda gunakan.

Baca Juga: Trik Membuat Proposal Usaha untuk Meyakinkan Calon Investor

4. Jangkau Pengusaha Sukses Di Daerah Anda

Pengusaha sukses tentu akan memiliki modal, mereka juga tahu bagaimana mengenali peluang bisnis yang baik, dan memahami apa yang diperlukan untuk menjalankan bisnis yang sukses. Dari sini, Anda bisa menawarkan ide bisnis Anda dan tunjukan apa yang mereka bisa dapatkan ketika berinvestasi dalam bisnis Anda. Sekaligus belajar lebih banyak hal dari mereka.

5. Venture Capital

Venture Capital (VC) adalah investor swasta yang menggunakan uang mereka sendiri dalam kegiatan pendanaan bisnis. Karena mereka adalah individu yang tidak berafiliasi dengan suatu kelompok, maka persyaratan yang diajukan bersama pendanaan tersebut bisa berbentuk apa pun. Mereka bisa meminta tempat di board of directors atau hanya tertarik untuk mengumpulkan bunga atau bentuk pembayaran lainnya.

Untuk menemukan mereka, Anda bisa mencari perusahaan venture capital atau individu yang tertarik untuk memberikan modal secara online. Beberapa situs akan membantu untuk mempresentasikan bisnis Anda di depan calon investor. Nantinya perusahaan atau investor dapat menghubungi Anda.

Baca Juga: Mari Mengenal UMKM dan Beragam Manfaat yang Dibawanya

Itulah beragam cara mencari investor yang bisa Anda coba. Jika Anda masih butuh dana untuk mengembangkan bisnis UMKM Anda, maka melakukan pinjaman untuk mendapatkan dana tersebut adalah cara yang bisa dicoba. Gunakan platform pendanaan online dari Modalku. Dapatkan tingkat bunga hingga 17%, bisa mulai dari Rp 100 ribu, dan risiko terkendali dengan proses yang mudah. Tunggu apalagi, kunjungi website kami sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan