Bagaimana Cara Agar Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online Ilegal

hindari pinjaman online ilegal

Tulisan ini merupakan artikel kerjasama antara Modalku dan BukuWarung

Ketika Anda sedang mengalami kesulitan ekonomi, sepertinya pinjaman online atau yang biasa disingkat pinjol menjadi jalan keluar yang menarik. Terlebih prosesnya yang cepat dan syarat yang mudah. Meskipun banyak diminati, Anda perlu tetap waspada ketika akan mengambilnya.

Kebutuhan yang mendesak menjadikan pinjol legal maupun ilegal tampak menggiurkan, sebab prosesnya yang cepat. Namun, jika Anda mengalami kesulitan keuangan sehingga harus menunggak membayar angsuran, maka Anda harus bersiap menghadapi debt collector.

Apabila Anda menunggak terlalu lama, debt collector tidak segan untuk menghubungi data kontak di handphone Anda. Tentu ini berbahaya dan membuat saudara atau rekan Anda menjadi tidak nyaman, karena privasinya terganggu.

Nah, bagaimana mengamankan data kontak di handphone Anda jika terjadi masalah? Lalu bagaimana cara agar kontak tidak disadap pinjaman online? Berikut cara yang dapat Anda lakukan agar data kontak di handphone Anda tidak disadap :

1.      Jangan Berikan Akses ke Aplikasi

Hal pertama yang perlu kita lakukan yaitu menghindari memberikan izin akses ke aplikasi pinjaman online yang Anda install.

Ketika Anda menginstall aplikasi pinjaman online, hindari mengklik tombol “permission” yang artinya memberikan izin akses untuk masuk ke handphone Anda. Kemudian Anda bisa langsung lanjut ke step berikutnya.

Data yang dapat di akses oleh pihak pinjol ketika kita memberikan izin akses, antara lain data kontak, email, bahkan lokasi Anda. Pastikan Anda tidak memberikan izin akses data ke handphone Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan keuangan yang mengakibatkan pembayaran angsuran menunggak, Anda perlu bersiap untuk menghadapi debt collector yang menagih. Terlebih jika tunggakan sampai berbulan-bulan, debt collector tidak segan untuk menghubungi data kontak di handphone Anda, yang datanya diambil saat Anda menginstall aplikasi dan memberikan akses izin akses.

Jika Anda terlanjur memberikan izin akses, maka Anda dapat mengatur ulang perizinan di handphone Anda. Anda dapat membuka setting pada handphone Anda, kemudian pilih aplikasi pinjaman online yang sudah terinstall. Pada opsi perizinan terdapat beberapa daftar seperti kamera, kontak, dan lokasi kemudian menonaktifkan perizinan tersebut.

Karena sebelumnya Anda sudah memberikan izin akses, data yang sudah disimpan di server pihak pinjol masih tetap ada. Pengaturan ulang di handphone Anda bertujuan agar tidak ada data  kontak baru yang disadap kembali.

2.      Pastikan Bukan Pinjol Ilegal

Kegiatan penawaran jasa saat ini bisa dilakukan secara online, salah satunya yaitu bisnis pinjaman online. Namun, perlu Anda waspadai tidak semua perusahaan pinjaman online mempunyai izin resmi. Artinya dalam prosesnya berpotensi lolos dari pengawasan OJK.

Oleh karena itu, Satgas Waspada Investasi (SWI) berpesan agar masyarakat berhati-hati dan waspada mengenai penawaran pinjaman online. Biasanya pinjol ilegal memberikan bunga yang besar dibandingkan pinjol legal atau resmi.

Kewaspadaan yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan pinjol yang akan Anda pilih tidak ilegal. Untuk memastikan pinjaman online yang Anda pilih ilegal atau tidak, Anda dapat memeriksanya di OJK. Ada 3 cara yang dapat Anda gunakan, diantaranya :

·         Website resmi OJK

Anda dapat membuka laman OJK di http://www.ojk.go.id, kemudian pilih menu IKNB dan pilih Finctech di kanan bawah.

·         WhatsApp resmi OJK

Selain website, Anda juga dapat memeriksanya melalui WhatsApp OJK dengan nomor  081-157-157-157. Anda dapat mengirim pesan dengan mengirimkan nama pinjaman online yang ingin Anda cari.

·         Telepon 157 atau e-mail

Pengecekan juga bisa dilakukan melalui surat elektronik atau (e-mail) dengan alamat email waspadainvestasi@ojk.go.id atau melalui kontak resmi OJK di nomor 157.

3.      Cermati Syarat dan Ketentuan

Sebelum Anda mengambil pinjaman online, cermati syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Anda perlu membaca dan memahami persyaratan dan ketentuan yang diajukan dengan teliti.

Anda tentu tergiur dengan persyaratan yang mudah, tetapi Anda perlu memahami ketentuan yang diajukan oleh pihak pinjaman online. Jika ada ketentuan yang tidak lumrah atau berlebihan, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk mengambil pinjaman online tersebut.

4.      Download Aplikasi Pinjol Dari Tempat Resmi

Agar data di handphone Anda tidak disadap, unduh aplikasi pinjaman online dari sumber resmi. Hindari menginstall aplikasi pinjaman online dari sumber tidak terpercaya.

Sebaiknya Anda mendownload aplikasi pinjaman online dari Play Store atau App Store yang pasti terjaga keamanannya. Anda tentu harus cermat dalam memilih pinjaman online.

Anda tidak perlu khawatir, pinjaman online “Modalku” memberikan Anda pinjaman online yang aman dan resmi. Modalku merupakan platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia. Modalku juga bermitra dengan BukuWarung untuk memberikan layanan pinjaman online kepada para pelaku UMKM di Indonesia.

5.      Bedakan Pinjol Resmi dan Tidak Resmi.

Pinjol legal atau resmi terdaftar di OJK dan dalam pengawasan lembaga OJK, sehingga perlindungan konsumen sangat diperhatikan. Mereka memberikan informasi mengenai bunga dan denda sesuai dengan ketentuan. Selain itu, pinjol legal memiliki alamat kantor yang jelas, disurvei OJK dan dapat mudah ditemukan melalui penelusuran di Google.

Berbanding terbalik pada pinjol ilegal yang tidak memiliki regulator khusus yang bertugas mengawasi. Mereka memberikan bunga yang besar serta tidak transparan. Lokasi pinjol ilegal tidak jelas dan ditutupi.

6.      Pastikan Eksistensi Fintech Tersebut

Keberlangsungan fintech juga menjadi pertimbangan Anda untuk memilih pinjol. Sebagai langkah awal jika sesuatu hal buruk terjadi seperti defisit dana atau salah kelola.

Anda harus teliti dalam memilih fintech pinjaman online. Anda dapat memperbanyak membaca review atau ulasan dari nasabah lain. Selain itu, Anda bisa menambah informasi melalui situs resmi fintech pinjaman online, biasanya mereka menjelaskan secara detail baik visi, misi, pengelolaan dan kondisi keuangan.

7.      Ganti kartu SIM

Cara ini paling cepat dan praktis. Jika handphone Anda memiliki fasilitasi dual SIM, maka Anda dapat mengganti nomor lama ke nomor baru media chatting misalnya WhatsApp. Sebab pinjol akan selalu mengawasi apakah nomor handphone  yang terdaftar masih aktif atau tidak.

Terdapat beberapa aplikasi yang memfasilitasi handphone Anda memiliki dua aplikasi WhatsApp sekaligus. Ini akan membuat pinjol tidak curiga dengan Anda karena nomor yang terdaftar masih terlihat aktif.

Anda dapat mengamankan kontak Anda ke nomor yang baru dan membersihkan nomor yang tersimpan yang telah digunakan untuk proses peminjaman online.

Selain itu yang perlu Anda perhatikan, jangan menggunakan KTP Anda untuk registrasi ke nomor yang baru. Untuk menghindari kecurigaan pinjol jika Anda memiliki 2 kartu SIM. Pinjol dapat mengetahui dari kartu KTP yang terdaftar dalam kartu SIM.

Cara agar kontak tidak disadap pinjaman online, tidak membantu Anda untuk kabur dari tanggungjawab, tentu Anda tetap bertanggung jawab karena Anda yang mengajukan pinjaman online. Tujuannya adalah meminimalisir tindakan teror yang dilakukan debt collector terlebih jika sampai menghubungi saudara atau rekan di kontak Anda. Nah, untuk agar kebutuhan Anda akan terpenuhi, pilihlah produk pendanaan yang terpercaya seperti Modalku, klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan