5 Macam Sumber Modal Usaha yang Wajib Anda Ketahui

beragam sumber modal usaha

Jika Anda ingin memulai usaha dan tidak memiliki modal pribadi, masih ada beberapa sumber modal usaha yang dapat Anda peroleh dari pihak lain. Selama Anda mau berusaha untuk mencari sumber modal usaha, pasti Anda akan mendapatkannya.

Cara mendapatkan modal usaha sebenarnya dapat dibilang cukup mudah jika Anda sudah mempunyai rencana bisnis yang matang. Hanya saja, apabila Anda mengajukan peminjaman modal usaha dari pihak luar seperti bank, biasanya Anda harus menyiapkan agunan atau jaminan sebagai syarat peminjamannya.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa sumber modal usaha yang dapat Anda peroleh, baik itu dari diri sendiri maupun dari pihak luar. Penasaran apa saja? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Sumber Modal Usaha yang Dapat Anda Peroleh

Dalam berbisnis, uang atau modal usaha adalah salah satu faktor paling penting. Baik itu untuk memulai bisnis maupun untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalani. Banyak orang tidak bisa memulai bisnis karena tidak adanya modal usaha, padahal rencana bisnis mereka sudah matang dan didesain sedemikian rupa.

Agar Anda tidak kesulitan untuk mewujudkan rencana bisnis yang sudah dibuat, berikut ini adalah beberapa sumber modal usaha yang dapat Anda peroleh:

1. Dana Pribadi

Cara termudah untuk mendapatkan sumber modal usaha, baik untuk memulai bisnis maupun mengembangkan bisnis yang sudah dijalani, adalah dengan menggunakan tabungan Anda sendiri. Jika baru akan memulai sebuah bisnis, Anda bisa mulai menyisihkan sebagian dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Gaji yang disisihkan bisa ditabung dan kemudian bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis tanpa perlu memikirkan utang karena pinjaman dari pihak lain. Namun perlu diingat, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan sumber modal usaha awal dengan cara ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menabung dari sekarang jika ingin memulai bisnis sendiri di masa depan.

Jika dengan cara ini sumber modal usaha yang Anda butuhkan masih tidak cukup, Anda dapat meminjam dari pihak lain. Walaupun begitu, setidaknya jumlah pinjaman yang Anda butuhkan tidak akan begitu besar karena Anda sudah punya beberapa sumber modal usaha sendiri.

Baca Juga: Cara Menghitung Modal Usaha Untuk Pemula

2. Angel Investor

Secara umum, angel investor adalah individu atau perusahaan tertentu yang memang menyediakan sumber modal usaha bagi para pelaku usaha yang membutuhkannya dengan jangka waktu pengembalian sesuai dengan kesepakatan. Berbeda dengan pihak lain yang hanya meminjamkan sumber modal usaha kepada bisnis prospektif, angel investor justru berani mengambil risiko finansial dengan berinvestasi pada bisnis baru atau start up.

Angel investor ini biasanya fokus meminjamkan sumber modal usaha kepada start up dan mereka yang baru memulai bisnis dengan imbalan ekuitas atau kepemilikan saham dari bisnis tersebut. Sebagai sumber modal usaha, angel investor dapat memberikan suntikan modal kepada perusahaan secara sekali atau bahkan lebih agar bisnis tersebut mampu berkembang secara optimal.

Baca Juga: Modal Investasi: Pengertian dan Cara Kerjanya

3. Menjual Aset Berharga

Cara mendapatkan sumber modal usaha selanjutnya adalah dengan cara menjual aset pribadi Anda yang berharga seperti koleksi mahal (jam tangan, action figure, dan lain sebagainya), kendaraan pribadi, perhiasan, dan masih banyak lagi. Anda memang harus berkorban demi bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan sejumlah uang yang diperoleh dari tabungan milik Anda saat ini dengan hasil penjualan aset berharga tersebut. Jika telah digabungkan, maka sumber modal usaha yang Anda miliki pun jadi semakin besar dan mungkin tidak memerlukan pinjaman dari pihak lain lagi.

4. Menggadaikan Aset Berharga

Jika tidak ingin menjual aset berharga milik Anda, maka cara selanjutnya untuk mendapatkan sumber modal usaha adalah dengan menggadaikan aset tersebut. Biasanya dengan cara ini, aset tersebut akan ditahan sementara dan Anda bisa mendapatkan sumber modal usaha berupa uang tunai. Aset yang dapat Anda gadaikan berupa sertifikat tanah, kendaraan bermotor, emas (baik itu perhiasan maupun batangan), dan juga aset berharga lainnya yang sejenis.

Di Pegadaian, Anda bisa mendapatkan pinjaman sumber modal usaha biasa atau dengan cara syariah, mulai dari Rp1 juta hingga Rp500 juta, dengan tenor hingga 48 bulan. Dengan meminjam di Pegadaian, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1% dari pinjaman tersebut dengan durasi proses kredit kurang lebih 3 hari. Bunganya sendiri biasanya mencapai 1% – 1,15% per bulan untuk pinjaman biasa, dan untuk pinjaman syariah tidak ada bunga tetapi ada Mu’nah Maintenance Rate. Selain itu, ada juga model pembayaran lump sum, di mana Anda bisa membayar tagihan di akhir masa pinjaman.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

5. Meminjam dari Pihak Lain Seperti Bank atau Leasing

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam uang dari bank atau perusahaan leasing. Ada banyak jenis kredit yang ditawarkan oleh bank atau perusahaan leasing, baik dengan agunan maupun tanpa agunan. Namun perlu diingat, biasanya pinjaman tanpa agunan memiliki bunga relatif besar. Agar tidak dihantui utang dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda mengambil pinjaman dalam jangka waktu yang singkat.

Untuk memilih kredit di bank atau perusahaan leasing, Anda harus paham betul tentang bunga dan cicilan yang akan ditanggung. Buatlah perkiraan terlebih dahulu mengenai dana yang setidaknya akan dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.

Danai Sekarang

Nah, jika Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman online tanpa agunan tetapi tidak ingin dari pihak bank, Anda dapat melakukannya di Modalku. Selain mudah dilakukan karena online, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp2 miliar untuk bisnis Anda.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan