Cara Menghitung Modal Usaha Untuk Pemula

Cara Menghitung Modal Usaha Untuk Pemula

Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis, maka ada baiknya jika Anda mempelajari cara menghitung modal usaha. Salah satu faktor mutlak yang harus ada ketika hendak memulai sebuah bisnis baru adalah modal. Tergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda jalani, modal yang Anda butuhkan bisa jadi besar maupun kecil.

Dalam suatu kegiatan ekonomi, termasuk menjalankan sebuah bisnis, setidaknya terdapat tiga jenis modal usaha berbeda, yaitu modal awal, modal kerja, dan modal operasional. Namun, Anda perlu mempelajari modal awal terlebih dahulu jika Anda baru akan memulai sebuah bisnis. Modal awal sendiri merupakan modal yang dibutuhkan pada awal usaha dan penggunaannya dalam jangka panjang. Secara umum, modal awal memang memiliki nilai cukup tinggi, jadi jangan kaget ketika melihat angka yang tinggi.

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda untuk mempelajari bagaimana cara menghitung modal usaha agar Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih lancar. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Menghitung Modal Usaha dengan Mudah

Ketika hendak memulai sebuah usaha baru, maka Anda harus menghitung modal awal terlebih dahulu. Modal awal adalah modal penyertaan dalam suatu usaha yang dikeluarkan pada saat dimulainya dan akan digunakan dalam waktu relatif lama dalam usaha tersebut. Modal usaha sendiri, secara keseluruhan, dapat mengalami penyusutan dari tahun ke tahun, bahkan ada yang dalam hitungan bulan saja.

Untuk membantu Anda mempelajari cara menghitung usaha dengan lebih lengkapnya, Anda dapat mempelajari caranya di bawah ini:

Rumus Menghitung Modal Awal Usaha

Untuk bisa menghitung berapa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, maka Anda harus mengetahui nilai dari ketiga aspek di bawah ini, yaitu:

1. Modal Investasi

Modal investasi adalah pengeluaran yang dibelanjakan untuk membeli keperluan barang atau alat yang digunakan sebagai penunjang kegiatan bisnis secara jangka panjang. Sebagai contoh, jika Anda membuka bisnis pangkas rambut, maka modal investasi yang harus dikeluarkan adalah untuk menyewa ruko atau tempat, gunting, trimmer, dan keperluan jangka panjang sejenis lainnya.

Baca Juga: Keuntungan Ajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

2. Modal Kerja

Modal kerja adalah pengeluaran total biaya yang diperlukan sebuah bisnis untuk memenuhi kebutuhan bahan baku serta alat-alat pengembangan usaha. Secara sederhana, Anda dapat membandingkan modal kerja dengan budget produksi sebuah film. Walaupun nilainya tidak setinggi modal investasi, tetapi tanpa adanya modal kerja ini, biasanya sebuah bisnis tidak akan dapat berjalan.

3. Modal Operasional

Modal operasional adalah pengeluaran keseluruhan biaya, digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional sehari-hari sebuah bisnis. Sebagai contoh, dalam sebuah bisnis pangkas rambut, modal operasional yang harus Anda keluarkan adalah tagihan listrik, tagihan air, dan lain sebagainya.

Nah, setelah Anda mengetahui nilai dari ketiga aspek di atas, maka angka-angka yang didapat tersebut dapat Anda masukkan ke dalam rumus menghitung modal awal usaha. Berikut ini adalah rumusnya:

Modal Awal = Modal Investasi + Modal Kerja + Modal Operasional

Jika Anda sudah menghitung modal awal usaha yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis baru, maka Anda sudah dapat mulai membuat strategi bisnis agar lebih lancar.

Baca Juga: Pahami Cara Menghitung Bunga Deposito dan Maksimalkan Keuntungan Anda

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Jika Anda masih kebingungan bagaimana cara mendapatkan modal usaha, berikut ini adalah beberapa sumber modal usaha yang bisa Anda dapatkan:

1. Investor

Sudah banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modal kepada bisnis baru. Sebagai sumber modal usaha, investor dapat memberikan suntikan modal kepada perusahaan sekali atau bahkan lebih agar usahanya mampu berkembang secara optimal.

Ada juga yang disebut sebagai angel investor. Berbentuk suatu perusahaan, atau bahkan individu. Berfokus untuk mendanai bisnis yang baru dirintis atau start up. Sumber modal usaha yang disediakan oleh angel investor biasanya akan ditukar dengan imbalan ekuitas atau kepemilikan saham dari bisnis tersebut.

2. Tabungan

Cara termudah untuk mendapatkan sumber modal usaha, baik untuk memulai bisnis atau memperluas bisnis yang sudah ada, adalah dengan menggunakan tabungan Anda sendiri. Jika Anda baru memulai bisnis, Anda bisa mulai menyisihkan sebagian dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Jika dengan cara ini modal usaha yang Anda butuhkan masih belum cukup, Anda masih bisa meminjam dari pihak lain. Meski begitu, setidaknya jumlah pinjaman yang Anda butuhkan tidak akan begitu besar karena Anda sudah memiliki beberapa sumber modal usaha sendiri dari tabungan Anda.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menemukan Ide BisnisĀ 

3. Menjual Aset

Cara mendapatkan sumber modal usaha selanjutnya adalah dengan menjual aset pribadi Anda yang berharga seperti koleksi mahal (jam tangan, action figure, dll), kendaraan pribadi, perhiasan, dan masih banyak lagi. Anda memang harus berkorban demi bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan jumlah uang dari tabungan yang Anda miliki saat ini dengan hasil penjualan aset berharga tersebut. Jika sudah digabungkan, maka sumber modal usaha yang Anda miliki akan semakin besar dan mungkin tidak memerlukan pinjaman dari pihak lain lagi.

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

4. Meminjam dari Pihak Lain

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam uang dari bank atau perusahaan leasing. Ada banyak jenis kredit yang ditawarkan oleh bank atau perusahaan leasing, baik dengan agunan maupun tanpa agunan. Namun perlu diingat, biasanya pinjaman tanpa agunan memiliki bunga yang relatif lebih besar. Agar tidak dihantui utang dalam waktu lama, sebaiknya ambil pinjaman dengan tenor singkat.

Untuk memilih kredit di bank atau perusahaan leasing, Anda harus paham betul tentang bunga dan cicilan yang akan ditanggung. Buatlah perkiraan terlebih dahulu mengenai dana yang setidaknya akan dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.

Nah, jika Anda tertarik untuk melakukan pinjaman modal usaha, Anda dapat melakukannya di Modalku. Cara mendaftarnya mudah dan pencariannya pun dapat langsung masuk ke rekening Anda, lho! Segera klik tombol di bawah untuk ajukan pinjaman!

Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan