Tips dan Trik Cara Menemukan Ide Bisnis 

Tips dan Trik Cara Menemukan Ide Bisnis

Menjadi seorang pengusaha atau pebisnis merupakan pilihan karier yang bagus. Sekadar ingin menjadi pebisnis saja tidak cukup. Anda perlu ide bisnis untuk direalisasikan. Proses satu ini akan sangat tergantung dari cara berpikir Anda dan bagaimana cara melihat sebuah peluang. Ide ini datang dari pengalaman pribadi ataupun melihat berbagai hal di sekitar Anda. Untuk mempermudah proses yang satu ini, maka berikut adalah berbagai macam tips, trik, dan juga cara menemukan ide bisnis.

Dengan memperhatikan berbagai macam informasi di bawah ini, maka Anda tidak perlu lagi mencari “ide bisnis terbaru 2022” di mesin pencarian. Temukan ide usaha menarik untuk Anda jalankan dan kembangkan.

Inilah Cara Menemukan Ide Bisnis

Proses memulai sebuah bisnis akan dimulai dengan memikirkan “Apa yang akan saya buat?”. Tahap permulaan ini membuat banyak orang takut untuk memulai bisnis. Kebanyakan orang akan berpikir jika mereka perlu menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Jika Anda mampu melakukan hal tersebut, tentu ini akan menjadi permulaan yang baik. Namun bukan berarti kita tidak bisa memulai dengan apa yang sudah ada sebelumnya.

Anda harus sadar bahwa memulai bisnis bukan berarti harus selalu menjadi seorang pionir, melainkan harus menjawab pertanyaan: “Bagaimana saya meningkatkan ide ini?” atau “Dapatkah saya melakukan ini dengan lebih baik atau berbeda dari orang lain?”. Anda juga dapat menemukan sebuah celah dalam pasar di mana ada potensi untuk memulai bisnis di sana dengan memberikan layanan dalam niche tersebut.

Dalam proses menciptakan ide, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah cara-cara tersebut.

1. Mulai dari Diri Sendiri

Apakah Anda pernah menemukan sebuah permasalahan yang sangat mengganggu namun belum ada solusinya? Jika belum ada solusi untuk hal tersebut, maka Anda dapat menciptakannya dan mengubah hal ini menjadi sebuah bisnis menguntungkan.

2. Perhatikan Sekitar Anda

Jika pengalaman pribadi belum cukup agar mampu memunculkan sebuah ide usaha, maka melihat di sekitar Anda akan sangat membantu. Apakah ada masalah yang dirasakan orang lain? Mungkin Anda dapat menciptakan sebuah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Permudah hidup mereka melalui solusi Anda. Seperti yang sudah disampaikan di atas, membuat ide bisnis bukan berarti harus menciptakan hal baru. Selalu ada cara tersendiri membuat segalanya lebih mudah bagi diri Anda atau orang lain. Jika melalui solusi milik Anda hidup mereka bisa menjadi lebih mudah, maka ini merupakan ide bisnis potensial.

Anda juga bisa masuk ke dalam berbagai macam forum dan lihat berbagai hal yang didiskusikan dan butuh sebuah solusi. Melaksanakan survei dalam skala kecil maupun menengah juga membantu dalam menemukan ide bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

3. Cek dan Analis Sebuah Tren

Media sosial merupakan tempat di mana Anda dapat memulai hal ini. Temukan apa yang sedang dibicarakan banyak orang. Ambilah peluang dari tren tersebut. Entah itu menawarkan hal baru atau menjadi seorang reseller menjual barang tersebut.

Bacalah berbagai macam hal yang berhubungan dengan suatu industri. Hal ini membuat Anda memiliki banyak pengetahuan mengenai industri tersebut dan dapat memprediksi bagaimana tren pada masa mendatang. Maksimalkan tren tersebut lebih dulu daripada orang lain.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini 7 Cara Main Saham Pemula

4. Mulai dari Hobi

Hobi dapat diubah menjadi sebuah sumber penghasilan kalau dilaksanakan dengan tepat. Ide bisnis dari hobi ini tidak terlalu sulit untuk diubah menjadi kenyataan. Tentu saja Anda akan punya pemahaman lebih terhadap hobi tersebut. Anda akan tahu bagaimana kekuatannya, peluang yang bisa diciptakan, kelemahan, dan juga tantangan ketika menjalankannya dalam bentuk bisnis.

Menemukan target konsumen juga tidak terlalu sulit. Sebuah hobi pasti memiliki komunitas. Selain sebagai calon pelanggan potensial, mereka juga dapat menjadi investor dari bisnis Anda.

Untuk memberikan perbedaaan, maka coba tawarkan sebuah keunikan. Anda bisa membuat hobi tersebut untuk dijalankan dengan lebih efisien, lebih murah, hingga lebih mudah dilakukan. Contohnya seperti ketika Anda punya hobi berolahraga. Untuk membuat orang lebih nyaman melakukan kegiatan ini, Anda bisa membuat sebuah pakaian olahraga unik dengan berbagai fitur agar membantu saat berolahraga.

5. Bisnis yang Bisa Memenuhi Emosi Dasar

Emosi dasar sering digunakan sebagai acuan ketika sedang membuat keputusan. Emosi dasar tersebut adalah:

  • Pride
  • Envy
  • Lust
  • Greed
  • Gluttony
  • Sloth
  • Anger

Sering disebut juga dengan nama “seven deadly sins,” ketujuh emosi merupakan hal dasar yang bisa Anda coba penuhi. Ada banyak bisnis menggunakan emosi dasar ini sebagai dasar dari bisnis mereka. Banyak dari bisnis tersebut diciptakan untuk menarik atau memanfaatkan emosi ini.

Salah satunya adalah perusahaan ojek online. Pasti ada saja orang yang malas menyetir kendaraan mereka, atau terlalu malas untuk mengantri naik kendaraan umum. Solusi dari perusahaan tersebut adalah ojek yang bisa dipesan dari aplikasi dengan mudah, sehingga mereka mampu bepergian tanpa perlu memikirkan banyak hal.

Lihatlah ketujuh emosi di atas, apakah Anda dapat memikirkan bagaimana produk dan layanan untuk memanfaatkannya?

Itulah beberapa tips, trik, serta cara menemukan ide bisnis. Jangan pernah menyerah jika Anda belum memiliki ide agar dapat diubah menjadi sebuah bisnis. Menggunakan cara di atas akan mampu membantu Anda sampai pada jawaban yang dibutuhkan. 

Mari kembangkan juga usaha Anda dengan layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Layanan ini dapat digunakan saat mengembangkan usaha milik Anda untuk bisa menjadi lebih besar. Hubungi Modalku sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan