10 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil

10 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil

Apakah Anda saat ini sedang mencari ide usaha sampingan modal kecil? Tahukah Anda bahwa ada begitu banyak sekali usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat dicoba untuk menambah penghasilan.

Kita semua tentu sudah merasakan bagaimana tingginya biaya kehidupan sehari-hari. Meskipun setiap bulannya sudah ada pendapatan tetap dari gaji, namun bila dibandingkan dengan pengeluaran bulanan, tentu saja gaji yang sudah diterima tersebut akan tersisa sedikit sekali, bahkan hingga benar-benar habis.

Di luar biaya kebutuhan, Anda sendiri pun harus memiliki tabungan dan dana darurat jika sewaktu-waktu ada hal mendesak yang membutuhkan dana lebih. Akan tetapi, dengan minimnya sisa gaji, tentu akan terasa sulit bagi Anda untuk memiliki tabungan maupun dana darurat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membuat usaha sampingan. Oleh karena itu, melalui artikel ini Modalku akan memberikan berbagai ide usaha sampingan yang dapat Anda coba.

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Berikut ini, kami sudah menyiapkan setidaknya 10 ide usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Makeup Artist

Ide usaha sampingan dengan modal kecil pertama yang dapat Anda coba adalah jasa makeup artist atau yang biasa disebut MUA. Banyak orang yang membutuhkan jasa MUA untuk berbagai macam event seperti pernikahan, lamaran, sesi pemotretan, dan banyak lagi. Jika Anda memiliki hobi di bidang ini, MUA bisa menjadi ide bisnis yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Ide Usaha Kuliner yang Laku Setiap Hari

2. Pembuat Konten

Saat ini, kita hidup di era digital di mana semua orang dapat terhubung melalui media sosial. Apabila Anda ingin menambah pundi-pundi pemasukan, media sosial bisa menjadi sarana yang tepat untuk mencari keuntungan.

Melalui media sosial, Anda dapat mencoba untuk membuat berbagai macam konten yang kreatif dan dapat menarik perhatian pengguna internet. Dari sana, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai brand untuk mempromosikan bisnis mereka atau yang dikenal dengan istilah endorse.

Selain untuk diri sendiri, Anda dapat membuka jasa pembuatan konten bagi akun media sosial orang lain. Jasa ini disebut dengan jasa digital marketing dan banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk mempromosikan akun media sosial yang mereka miliki.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

3. Toko Kue Online

Apakah Anda suka membuat berbagai macam kue seperti kue ulang tahun atau bahkan kue kering seperti nastar? Jika iya, Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan.

Meskipun proses pembuatan kue memakan waktu yang lama, Anda tetap dapat menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan dengan berbagai strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan sistem PO (Pre-Order). 

Sistem ini dapat membuat Anda tidak harus membuat kue setiap harinya. Anda dapat mengumpulkan seluruh pesanan dalam 1 periode waktu tertentu. Setelahnya, barulah Anda memproses seluruh pesanan sekaligus.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menemukan Ide Bisnis 

4. Perangkai Bunga

Banyak orang yang suka memesan rangkaian bunga pada hari-hari spesial seperti hari kasih sayang, hari ibu, hari ayah, dan banyak lagi. Anda dapat memanfaatkan eventevent penting tersebut untuk meraup keuntungan dengan menjadi perangkai bunga. Modal yang dikeluarkan untuk menjadi seorang perangkai bunga sangatlah kecil dan Anda bisa meminta DP di awal untuk membeli bunga yang dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Modal Kecil yang Kreatif

5. Pengajar Les Privat

Apabila memiliki keahlian di bidang tertentu, maka Anda dapat mencoba untuk menjadi pengajar les privat dengan membagikan ilmu dan mengajarkan keahlian yang dimiliki tersebut kepada orang lain. Pengajar les privat tidak hanya sebatas pada pengajaran kurikulum sekolah saja.

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam kursus privat yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan profesional masa kini. Sebagai contoh, Anda bisa membuka kursus privat fotografi, desainer grafis, penulis novel, dan banyak lagi.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Milenial yang Wajib Dicoba

6. Reseller

Reseller dapat menjadi ide usaha sampingan yang sangat mudah untuk dilakukan serta hanya memerlukan modal yang sangat sedikit. Anda hanya perlu mencari supplier yang dapat diajak untuk bekerja sama lalu membuka toko online di marketplace atau media sosial.

Baca Juga: Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal? Simak di Sini!

7. Dropshipper

Selain reseller, Anda juga bisa menjadi seorang dropshipper untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Apakah Anda tahu bedanya reseller dengan dropshipper?

Jika menjadi seorang reseller, Anda harus membeli barang tersebut dari supplier dan menjualnya kembali kepada pembeli. Sedangkan dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan barang yang akan dijual dan nantinya supplier yang akan mengatur semua alur pengiriman barang. 

Baca Juga: 8 Ide Usaha yang Menguntungkan Saat Tahun Baru Imlek

8. Jasa Titip

Anda tentu sering mendengar kata “jastip” atau jasa titip, bukan? Jasa titip ini merupakan jasa untuk membeli barang titipan pelanggan dari suatu toko.

Sebagai contoh, Anda sedang berjalan-jalan ke negara A dan banyak orang yang ingin menitip barang produksi negara tersebut. Inilah yang disebut dengan jasa titip dan Anda dapat menjadikannya sebagai usaha sampingan. Tentu saja, modal yang dikeluarkan untuk jasa titip ini tidaklah besar karena Anda dapat menerima DP dari pembeli terlebih dahulu sebagai modal awal.

Baca Juga: Keuntungan Ajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

9. Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, cobalah untuk memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka usaha sampingan sebagai seorang freelancer desain grafis. Anda dapat menawarkan jasa desain grafis kepada berbagai perusahaan dan modal yang dikeluarkan adalah keahlian Anda.

10. Pembuat Website

Hampir mirip dengan desain grafis, Anda juga bisa menjadi pembuat website apabila memiliki keahlian di bidang tersebut. Hanya bermodalkan laptop dan pengetahuan yang dimiliki, Anda sudah dapat membuka usaha sampingan yang menguntungkan sebagai seorang pembuat website.

Jadi, itulah kesepuluh ide usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat Anda coba. Apabila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha untuk membuat bisnis sampingan, silakan hubungi Modalku sekarang juga. Kami menyediakan pinjaman modal dengan limit yang besar dan tenor yang lama khusus bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha sampingan. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan