4 Ide Bisnis Milenial yang Wajib Dicoba

4 ide bisnis milenial yang wajib dicoba

Tidak ada kata terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai sebuah bisnis. Anda dapat memulai bisnis kapan saja. Demi bisa menarik minat banyak orang terutama milenial, maka Anda harus memiliki ide segar ataupun solusi baru. Pada saat ini, kaum milenial masih memegang daya beli yang tinggi. Menjadikan mereka sebagai target utama adalah hal bagus. Itulah mengapa perlu memiliki ide bisnis milenial menjadi satu langkah pertama Anda. Namun, bukan berarti seorang milenial bukanlah calon pengusaha andal.

Menjadi seorang pengusaha bukan berarti harus mampu menciptakan sebuah hal baru. Anda hanya perlu menemukan cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan atau memenuhi kebutuhan dari orang banyak dan menghasilkan uang saat melakukannya. Berikut adalah ide-ide bisnis untuk milenial.

Berbagai Macam Ide Bisnis Milenial

Selain sebagai konsumen, kaum milenial juga sosok kreatif dengan banyak ide, sehingga membuat mereka juga cocok menjadi seorang pengusaha. Ada berbagai macam masalah untuk diatasi di luar sana melalui solusi kreatif seorang milenial. Tidak heran jika mereka akan memiliki sebuah approach yang baik, penuh semangat, dan disertai rencana matang ketika memulai bisnis.

Tetapi, salah satu masalah umum dan sering dihadapi adalah sulitnya mengetahui harus mulai dari mana. Apalagi pada tahap menciptakan sebuah ide usaha. Dalam mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa ide bisnis untuk dikembangkan hingga mampu menghasilkan dengan banyak. Sebagai seorang milenial, beberapa ide ini akan cocok dengan Anda.

1. Membuka Coffee Shop

Tidak ada yang lebih identik dengan milenial selain coffee shop. Tempat satu ini sering dijadikan sebagai tempat untuk bertemu, sebuah workspace, dan tempat saling bercengkrama.

Bisnis kopi juga semakin meningkat. Kita bisa menemukan banyak kopi nikmat di tempat seperti ini, sehingga menambah alasan bagi orang-orang agar berkunjung ke kedai kopi. Berbagai alasan inilah yang membuat kedai kopi menjadi salah satu ide bisnis paling menguntungkan serta bagus untuk dimulai oleh para milenial

Memulai ide bisnis kecil dengan potensi besar ini, hal pertama yang Anda butuhkan adalah investasi. Baik dari segi waktu dan tenaga, hingga mencari lokasi kedai kopi Anda. Hal ini berperan sangat penting karena lokasi strategis mampu mengembangkan bisnis kedai kopi Anda menjadi lebih baik.

Semakin dekat dengan tempat ramai seperti kantor, sekolah, atau pusat perbelanjaan, maka akan semakin pasti juga aliran pelanggan. Anda juga perlu memutuskan apakah hanya menjadi tempat yang menjual kopi, atau menambahkan inovasi lainnya. Bisa dengan berjualan makanan atau menambahkan konsep ke dalamnya seperti book cafe atau pet cafe.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

2. Print on Demand

Print on demand bisa menjadi salah satu ide bisnis dengan tingkat kesulitan tidak terlalu tinggi. Permintaan akan desain untuk casing telepon, mug, pin, dan kaus sangat tinggi, apalagi dari bisnis yang membutuhkan merchandise

Pada bisnis ini, Anda hanya perlu mengambil orderan dalam jumlah banyak , kemudian mencetaknya. Jika Anda tidak memiliki mesin atau tempat memadai, maka bangun kerja sama dengan tempat printing. Mereka juga akan dapat membantu kamu untuk mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan. 

Menawarkan opsi menggunakan desain sendiri juga membantu perihal kebutuhan seorang graphic designer. Peran Anda adalah membuat sebuah website dan melakukan pemasaran untuk menarik minat calon pelanggan.

3. Food Truck

Punya hobi atau kemampuan memasak? Maka menjalankan bisnis ini adalah panggilan Anda. Penggunaan truk sebagai “restoran berjalan” membuat Anda tidak terbatasi harus berjualan di satu tempat saja.

Sama dengan bisnis kuliner lainnya, lokasi memegang peran penting dalam membuat bisnis menjadi sukses. Berjualan keliling akan membuka banyak potensi untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. 

Bisnis seperti ini muncul sebagai salah satu bisnis kecil dan sukses, berkat potensinya untuk melayani ratusan orang secara teratur. Memilih menu serta lokasi dengan tepat mampu membantu dalam menghasilkan banyak. Konsep modern yang diusung oleh food truck ini sangat cocok bagi para milenial.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menemukan Ide Bisnis 

4. Jasa Desain Website

Website adalah salah satu kebutuhan sebuah bisnis agar mampu bersaing saat ini. Perubahan dan perkembangan teknologi telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, mengubah tren bisnis untuk beralih ke internet Memiliki situs web yang dirancang dengan baik tidak hanya memungkinkan bisnis memasarkan produk dan layanannya, namun juga berguna dalam membuka peluang baru.

Website resmi yang terlihat informatif, menarik dan mudah digunakan akan bisa meningkatkan tingkat kepercayaan calon pembeli. Memiliki situs web tidak hanya penting untuk berjualan saja, namun juga berguna dalam menunjukkan keberadaan dari sebuah bisnis. 

Tidak semua orang tahu cara mendesain situs web. Bisa dibilang ini merupakan proses rumit dan bisa memakan waktu. Tapi di tangan orang yang tepat dengan kemampuan mumpuni, maka membuat sebuah website kredibel tidak akan sulit. Anda bisa menawarkan jasa satu ini kepada berbagai perusahaan atau bisnis kecil.

Apalagi jika kemampuan Anda untuk mendesain website sangat bagus. Rugi sekali tidak memanfaatkannya dengan maksimal, terlebih permintaan dan pasar dari ide bisnis ini sangat tinggi dan luas.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Itulah beberapa ide bisnis milenial yang patut untuk dikembangkan menjadi lebih besar. Semoga informasi ini bisa membantu. Jika Anda sudah memulai sebuah usaha namun ingin menjadikannya lebih baik lagi, maka gunakan layanan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku. Layanan ini dapat digunakan saat mengembangkan usaha milik Anda menjadi lebih besar. Hubungi Modalku dengan klik tombol di bawah ini!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan