7 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

7 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Penghasilan bisa didapatkan dari berbagai macam cara. Anda bisa bekerja sebagai seorang pegawai ataupun pekerja lepas untuk mendapatkan penghasilan utama. Jika hal tersebut dirasa masih belum cukup dalam memenuhi tujuan finansial Anda, maka membuka bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan bukanlah ide yang buruk. Ada banyak ide bisnis sederhana untuk menambah penghasilan. Beberapa ide ini mungkin sangat cocok dengan Anda.

Mari kita perhatikan berbagai macam ide bisnis sederhana namun menarik untuk Anda coba. Beberapa diantaranya akan bisa dijalankan dari rumah Anda, tanpa perlu membuka toko atau tempat usaha. Inilah ide-ide bisnis sederhana dalam menambah penghasilan.

Berbagai Macam Ide Bisnis Sederhana

Ide bisnis sederhana bisa berasal dari mana saja. Ada banyak peluang yang bisa Anda ubah menjadi keuntungan. Jika mencoba untuk mendefinisikan apa itu bisnis sederhana, maka kita bisa menganggapnya sebagai bisnis yang tidak memerlukan logistik dalam jumlah besar dan biaya depan yang tidak terlalu tinggi.

Anda hanya perlu fokus merealisasikan ide dan mengembangkan bisnis tersebut sehingga nantinya menghasilkan. Selain itu, memberikan upaya terbaik untuk pemasaran dan menyediakan layanan kepada pelanggan akan sangat membantu.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sederhana yang bisa Anda mulai dengan modal kecil, namun bisa membantu meningkatkan pendapatan.

1. Toko Kelontong

Tidak perlu membeli tempat usaha besar jika ingin membuka toko kelontong ini. Teras rumah ataupun garasi yang tidak digunakan bisa disulap menjadi tempat belanja keperluan sehari-hari serta jajanan-jajanan kecil. 

Toko kelontong dengan barang-barang kebutuhan berkualitas pasti akan bisa memberikan keuntungan. Tetangga dan masyarakat sekitar adalah target konsumen Anda. Pemasaran sederhana juga sangat membantu, tak perlu modal besar untuk memulai usaha ini. Meski hanya toko kelontong, peluang usaha ini bisa menjadi bisnis sampingan menjanjikan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

2. Menjalankan Bisnis Pulsa

Sama halnya dengan toko kelontong, Anda tidak perlu menyiapkan tempat usaha yang besar. bagian depan rumah sudah cukup menjadi counter kecil untuk berjualan kartu prabayar dan juga pulsa. Kuota dan juga pulsa menjadi kebutuhan harian dan pasti diminati orang-orang.

Selain menggunakan rumah Anda sendiri, membuka counter pulsa di lokasi strategis juga menjadi opsi menjanjikan. Secara perlahan, Anda akan bisa mengembangkan bisnis ini menjadi lebih besar. Tambahkan produk lainnya seperti aksesoris HP, kabel data, hingga power bank. Benda-benda ini pasti bisa laku jika dijual di sebuah counter pulsa.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Anak Muda

3. Bisnis Fotocopy dan ATK

Jika Anda tinggal di sekitar daerah perkantoran atau sekolah, maka bisnis fotocopy adalah pilihan usaha kecil yang patut dicoba. Tidak perlu juga untuk membeli mesin baru karena Anda dapat menyewa mesin bekas dengan harga terjangkau. 

Selain menyediakan jasa fotocopy, Anda juga bisa menjual alat tulis. Mulai dari pensil, pulpen, spidol, penggaris, buku tulis, buku gambar, dan berbagai macam alat tulis kantor lainnya. Hanya dengan modal yang terhitung tidak terlalu besar maka Anda bisa menambah pendapatan harian.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan Modal Kecil

4. Berjualan Bakery

Sebuah bisnis juga bisa dimulai dari hobi. Jika Anda punya kemampuan dan suka membuat roti, kue kering, dan berbagai makanan kecil maka membuka sebuah bakery kecil-kecilan adalah ide usaha yang bagus. 

Oven sederhana dan resep merupakan senjata utama Anda. Gunakan media sosial atau WhatsApp sebagai sarana pemasaran. Memanggang roti atau kue khusus untuk pesanan juga bisa Anda lakukan.

Modal kecil ini akan bisa dikembangkan menjadi sebuah usaha menguntungkan agar penghasilan Anda bertambah.

Baca Juga: Kuliah Sambil Cari Uang, Berikut 6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

5. Jasa Dropshipping

Sejalan dengan penafsiran bisnis kecil di awal, bisnis satu ini tidak akan memerlukan logistik ataupun gudang penyimpanan. Anda sudah bisa menjalankan bisnis tanpa perlu toko fisik dengan menggunakan laptop dan handphone.

Pengelolaan produk fisik bukan tugas Anda karena hal ini diatur oleh pihak ketiga. Melalui kerja sama yang dibangun dengan pemasok, kegiatan menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan menjadi tanggung jawab mereka. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat toko online menarik dan memasarkan produk dengan cara menarik untuk mendapatkan minat calon pelanggan.

Baca Juga: Konsep Dasar Manajemen Keuangan yang Patut Dipahami

6. Menjual Foto atau Jasa Fotografi

Punya hobi dan passion untuk memotret? Ada baiknya menjadikan hobi Anda ini menjadi sebuah bisnis sampingan dalam  menambah penghasilan Anda. Menjual sebuah foto di era teknologi seperti saat ini juga tidak sulit. Ada berbagai macam situs hosting foto tersedia yang bisa dicoba. Mulai dari foto alam, otomotif, model, hingga stock photo bisa dijual dengan mudah. Peminatnya sendiri juga sangat banyak. Mereka biasanya membeli untuk digunakan pada website atau materi pemasaran.

Memberikan jasa fotografi diluar jam kerja utama Anda adalah ide menarik lainnya. Tawarkan jasa Anda kepada event organizer atau perusahaan, mereka mungkin membutuhkan kemampuan Anda. Bermodalkan kamera dan peralatan lighting, maka bisnis ini bisa menambah pendapatan Anda.

Baca Juga: Apa itu Kompetitor? Seperti Apa Peran Mereka Untuk Bisnis Anda

7. Makeup Artist

Satu lagi hobi yang bisa digunakan dalam menghasilkan cuan. Jika Anda punya kemampuan untuk merias wajah, maka membuka usaha makeup artist merupakan ide bagus. Tidak perlu modal besar ataupun lokasi usaha, cukup gunakan media sosial sebagai tempat memasarkan jasa Anda. Permintaan akan jasa ini juga semakin tinggi, sehingga tidak ada salahnya menjadikan hobi ini sebagai sumber pendapatan kedua.

Itulah berbagai macam ide bisnis sederhana dengan modal kecil untuk dicoba. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menambah penghasilan Anda. Untuk mengembangkan bisnis dan usaha ini, gunakan pinjaman modal usaha dari Modalku. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan